Tips Mudik Lebaran Dengan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Tips Mudik Lebaran
Tips Mudik Lebaran
Menulisindonesia.com – Mudik? Pertama kali yang saya pikrikan adalah tips mudik lebaran agar tetap aman dan nyaman, sekalipun itu harus menggunakan mobil pribadi ataupun mobil angkutan umum (bus) ataupun kereta.
Karena berbicara mudik tentunya ada beberapa persiapan yang harus benar-benar disiapkan. Jika tidak akan menjadi masalah bahkan menjadi penghambat perjalanan.
Untuk itu, Menulis Indonesia tertarik untuk menuliskan tips mudik lebaran dalam hal ini yang akan dijelaskan admin adalah tentang bagaimana cara mudik lebaran dengan menggunakan mobil agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan.
Kalau berbicara mudik dengan mobl angkutan umum (bus) tentu yang harus dipersiapkan adalah harga tiket. Jangan sampai dapat harga tiket melambung karena memesan tiketnya dadakan.
Karena yang dadakan cukup tahu bulat, jangan niat mudik dan membeli tiket ya.
Nah, lalu bagimana tips mudik lebaran dengan mobil probadi. Berikut tips mudik yang sederhana agar perjalanan anda dan keluarga bertemu yang terkasih di kampung halaman lancar, aman dan nyaman.

Tips Mudik Lebaran Dengan Mobil


Tips Mudik Lebaran Dengan Mobil

1. Cek performa dan kesehatan kendaraan sebelum berangkat
Tips mudik lebaran yang satu ini dinilai penting. Mau naik motor ataupun mobil, tentunya harus memperhatikan performa kendaraan sebelum berangkat.
Tentunya dalam melakukan pengecekan, kontrol atau memastikan performa kendaraan sehat atau tidaknya harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan mudik.
Terlebih bagi anda dan keluarga yang akan melakukan perjalanan jauh. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.
2. KTP, SIM, STNK & Perlengkapan Otomotif Lainnya
Sudah barang tentu, tanpa harus ditulis menjadi sebuah tips mudik lebaran, ketentuan di nomor dua ini harus disiapkan dan dibawa saat mudik.
Ini sekedar mengingatkan. Karena banyak dari kita juga yang sering mengalami kelupaan akan sesuatu barang. Tentunya kita tidak ingin akan terjadi kendala, tanpa ada hal-hal ini kita menjadi terhambat.
Selain KTP, SIM, dan STNK yang akan dijadikan surat keabsahan identitas diri dan mobil, Anda juga harus persiapkan ban serep mobil, segela bentuk obeng kendaraan, segala kunci kendaraan dan berbagai perlengkapan otomotif lainnya.
Hal ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi masalah di jalan yang justru membuat perjalanan anda dan keluarga selama mudik ke kampung halaman menjadi membingungkan.
Karena pemudik tidak bisa menerka situasi jalanan dan yang akan dihadapi selama perjalanan. Tips mudik lebaran ini dinilai penting untuk tetap memasikan kondisi mobil tetap prima untuk perjalanan jauh.
3. Petakan Jalan Yang Akan Dilalui
Biasanya untuk menghadapi jalur mudik pemerintah daerah, pemerintah pusat, kepolisian, bahkan para media baik mainstream maupun antimainstream seperti admin telah membuat daftar list wilayah mana saja yang rawan.
Daerah rawan di sini yang dimaksud adalah, rawan kemacetan, rawan bencana alam seperti longsor, banjir, dan lain hal. Terlebih rawan tindak kejahatan. Misal ada daerah rawan begal atau lainnya.
Nah, tentunya ketika sudah bisa memetakan jalan yang akan dilalui, anda bisa memilih lewat jalur tersebut di saat waktu apa, dan memulai perjalanan dari rumah pada pukul berapa.
Atau setidaknya bisa menghindari titik-titik kemacetan, sehingga perjalanan tetap lancar. Ataupun lewat jalur tol setidaknya anda sudah mengisi e-tol.
Karena sekarang lewat tol harus dibayar dengan elektroik dengan kartu yang sudah dimiliki para pengendara.
4. Tidur sebelum berangkat
Tips mudik lebaran dengan menggunakan mobil ini juga menjadi hal yang harus dipahami oleh anda dan keluarga. Tentu kita yang akan mudik harus menabung istirahat.
Kenapa? Alasannya sederhana, karena selama perjalanan mudik, baik naik pesawat, kereta, bus, maupun mobil pribadi, kita tidak akan mendapatkan tidur yang berkualitas.
Maka, dengan menabung tidur sebelum berangkat adalah cara tepat untuk mengatasi kelelahan fisik selama perjalanan.
Apalagi sopi dan navigator, jangan sampai terkantuk-kantuk di jalan. Kalaupun ngantuk mampirlah ke rest area yang telah disediakan.
5. Menggunakan baju yang nyaman
Kenapa menggunakan baju yang nyaman menjadi salah satu tips mudik lebaran dengan mobil. Hal ini sekedar untuk memastikan tubuh tetap nyaman selama perjalanan.
Jadi jangan terlalu ribet pakai baju saat dalam perjalanan mudik. Apalagi dalam perjalanan yang panjang dan lama, kemacetan yang terjadi akan membuat gerah dan tidak nyaman.
Untuk itu, banyak yang telah menyarankan dalam berpergian jauh saat mudik lebaran ini gunakanlah baju yang nyaman, seperti celana katun, kaos dan juga jaket. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat yang bisa membuat nggak nyaman bergerak.
6. Bawa bekal makanan yang bisa tahan lama untuk di jalan
Kok bawa bekal atau bawa makanan dalam mudik perjalanan menjadi tips lebaran menggunakan mobil sih min? Oh kalau admin sudah tentu, hal ini harus disiapkan.
Tahu alasannya? Hal ini karena admin khawatir akan sulit mencari makanan selama bulan puasa, kalau seandainya dalam perjalanan yang jauh, memutuskan untuk tidak puasa terlebih dahulu. Ataupun antisipasi ketika di malam harinya.
Kalau mudik menggunakan pesawat dan kereta tentu tidak akan resah dan khawatir. Sebab, pihak pesawat dan kereta biasanya sudah menyiapkan.
Tetapi, kalau kamu mudik naik bis umum atau bahkan mobil pribadi, makanan yang tahan lama yang ingin dibawa pasti sangat penting. Apalagi mengantisipasi kemacetan. Masa iya, lagi posisi macet mau mampir ke warung makan. Apalagi di tol, kan susah.
7. Pastikan Tidak Merokok di Dalam Mobil
Setiap admin pergi sama teman-teman, mau lebaran dan tidak, mau mudik dan tidak, admin selalu mewanti-wanti, selalu mengingatkan untuk tidak merokok di dalam mobil.
Kenapa? Meskipun itu menggunakan kendaraan pribadi, merokok akan membuat ruang mobil dan penumpang lain tidak nyaman akibat asap yang ditimbulkan.
Lagipula, aroma asap rokok pasti akan susah hilang dan bisa bikin sesak nafas juga. Kan niatnya mau senang-senang silaturahmi ke keluarga, makannya mudik. Apakah kita mudik harus membawa penyakit akibat asap rokok selama perjalanan. Coba dipikirkan.
8. Hindari Waktu Mudik Serentak dan Mepet Waktu Lebaran
Tips mudik lebaran dengan mobil yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara mengurangi kebiasaan mudik di pas ramai-ramai pemudik. Apalagi waktu sabtu dan minggu.
Karena dihari-hari Sabtu dan Minggu yang sudah mendekati hari lebaran akan membuat jalanan semakin macet. Tak hanya itu, jangan juga datang ketika waktu lebaran sudah sangat mepet.
Misal H-2 sebelum lebaran. Wah pasti jalanan akan padat sekali membludak. Biasanya jalan sudah dipadati pemudik sejak H-3 sebelum lebaran.
Pergi mudik di hari yang santai. Jadi tidak terlalu lama dalam kemacetan. Karena duduk berjam-jam akibat macet bisa menimbulkan sakit pada badang seperti pegal dan menimbulkan resiko pencernaan.
Selain itu, meminimalisir membawa kendaraan dengan ngebut agar cepat sampai di kampung halaman. Tentunya ini tidak baik. Setidaknya anda telah berupaya meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan saat mudik lebaran.
9. Berhenti Ketika Sudah Merasa Lelah, Letih, Lesu, dan Mengantuk
Nih, ingat tips mudik lebaran dengan mobil yang satu ini. Berhentilah ketika sudah merasa lelah. Jangan sampai lelah dulu baru berhenti. Siapkan tenaga sebentar untuk melanjutkan perjalanan.
Jangan karena ingin cepat tujuan, badan sudah tidak stabil ditrabas saja. Ini tentunya tidak baik dan bisa mengganggu keamanan diri anda dan keluarga yang ikut mudik dalam satu mobil.
Jadi lelah letih lesu dan mengantuk harus disiagakan dengan istirahat. 15 sampai 30 menit saja. Setidaknya stamina kembali pulih seperti semula.
Selain itu berhenti tidak asal berhenti. Berhentilah di rest area resmi dan terpercaya untuk meningkatkan keamanan kendaraan dan diri anda dari tindak kejahatan yang tidak diduga.
10. Pelajari Medan Jalan Yang Akan Dilalui
Menyambung tips mudik lebaran nomor 3 di atas, hal ini tentunya bagi yang akan mudik lebaran menggunakan mobil harus mempelajari medan jalan yang akan dilalui.
Karena masing-masing daerah memiliki struktur dan kondisi jalan yang berbeda, misal dari jalanan rusak, jalanan berkelok, jalanan susah signal, minim lampu penerangan dan bahkan daerah yang sering dilalui oleh binatang hutan.
Nah, karakteristik daerah ini tentunya harus dipahami. Jadi tidak panik saat mudik.
11. Perbanyak Kuota, Jangan Lupa Bawa Peta, Dan Jangan Malu Bertanya
Kalau dulu cukup andallkan peta dalam perjalanan mudik ke daerah yang jauh. Misal dari Sumatera ke Jawa, atau sebaliknya Jawa ke Sumatera. Hal ini untuk penuntun informasi selama di jalan.
Kalau sekarang sebenarnya bisa dengan kuota. Cukup kuota terisi dan punya HP pintar Smatrphone atau android jenis lainnya kita bisa minta petunjuk jalan dari google map.
Nah, tapi, kalau seadainya di daerah yang sedang dilintasi tidak ada sinyal? Maka akan kesulitan. Salah satu caranya adalah dengan membawa peta sebagai cadangan kalau sinyal hilang.
Selain itu, tips mudik lebaran dengan mobil juga yang harus diketahui dalam hal ini adalah jangan malu bertanya. Bertanyalah jika sudah tidak yakin dengan peta di GPS maupun peta sebenarnya yang dibawa.
12. Berdoa Sebelum Berangkat
Ketika anda dan keluarga sudah memastikan dari nomor 1 sampai 11 disiapkan, dipelajari, dipahami, dan mencoba dimengerti, jangan tinggalkan yang satu ini, berdoa sebelum berangkat.
Tentunya admin berharap berdoa bisa menjadi tips mudik lebaran yang ampuh melindungi diri kita dan keluarga saat dijalan dan bisa bertemu keluarga di kampung halaman dengan sehat wal afiat.
Untuk itu doa dipanjatkan ke Yang Maha Esa. Semoga Allah memberkahi perjalanan mudik kita.
Oke sampai di sini, terimakasih, semoga saran admin tentang tips mudik lebaran dengan mobil agar perjalanan mudiknya aman dan nyaman. Salam untuk keluarga di kampung halaman. Terus ikuti blog informasi di Menuisindonesia.com. Sallam.