Tercatat 10 Jalan Ini Daerah Rawan Macet di Jawa Saat Mudik Lebaran

Menulisindonesia.com - Mudik Lebaran 2018 yang jatuh pada bulan Juni ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membuat list daerah rawan macet di Jawa saat mudik lebaran berlangsung.
Sebab, kita akui, saat memasuki lebaran tiba, pada musim mudik lebaran, baik sebelum maupun sesudah lebaran (arus balik), jalan-jalan akan ramai pengendara. Baik roda dua, maupun roda empat. Dan bahkan angkutan umum. Hal ini karena budaya lebaran di Indonesia yang membuat masyarakat lebih senang pulang kampung dan menjalankan lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman.
Nah, tapi apakah anda yang berniat mudik lebaran di Pulau Jawa sudah tahu? Daerah rawan macet di Jawa saat mudik lebaran di daerah mana saja. Berikut data dari Kementrian PUPR tentang rute atau ruas Trans Jawa yang sering mengalami kemacetan.
Mudik Lebaran
Berdasarkan data Kementerian PUPR, kesepuluh titik tersebut berada di ruas tol Trans Jawa, yakni:
1. Tol Serang Timur - Merak untuk arah Barat dari Jakarta,
2. Simpang Susun Cikunir,
3. sekitar pekerjaan Tol Jakarta - Cikampek Elevated,
4. Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama,
5. Gerbang Tol Palimanan,
6. Gerbang Tol Ciawi,
7. Tol Pemalang - Batang menuju jalur fungsional,
8. Jalan tol fungsional Batang - Semarang menuju Tol Semarang ABC,
9. Simpang Susun Tol Bawen - Salatiga, serta akses masuk tempat istirahat hingga area parkir (rest area),
10. Akses masuk Tempat Istirahat (TI), Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), dan rest area.

Aneka Makanan Berbahan Dasar Singkong yang Bisa Disajikan Saat Lebaran

Daerah Rawan Macet di Jawa Saat Mudik Lebaran
Daerah Rawan Macet di Jawa Saat Mudik Lebaran
Nah, 10 jalan tersebutlah yang kerap mengalami kemacetan saat musim mudik lebaran. Bahkan, pada arus mudik dan arus balik lebaran 2018 ini, diprediksi akan ada kenaikan volumen kendaraan sebesar 73% untuk arus mudik lebaran 2018 dan 80% untuk arus balik lebaran 2018.
Selain itu, beberapa informasi lalu lintas padat juga akan terjadi pada gerbang tol Palimanan, yakni mencapai 478% untuk arus mudik dan 471% untuk arus balik.

Data ini masih untuk jalur tol, artinya masih ada potensi jalan-jalan di luar tol yang juga rawan mengalami kemacetan pada arus mudik dan arus balik lebaran 2018 ini. Pesan admin, tetap hati-hati di jalan saat mudik lebaran. Salam untuk keluarga. Jangan lupa siapkan THR terbaik untuk mereka. (*)