Aneka Makanan Berbahan Dasar Singkong yang Bisa Disajikan Saat Lebaran


Lebaran selalu identik dengan hidangan, baik sebagai cemilan, kue lebaran, hingga ke makanan berat yang dihidangkan di meja makan. Berbicara untuk makanan yang bisa dijadikan sebagai kue lebaran, selama ini kebanyakan orang bosen dengan kue yang itu-itu saja. Bahkan cenderung sama antara satu rumah dengan rumah yang lain.
Nah ini dia, menu lebaran yang bisa dijadikan sajian dan menjadi pilihan pengganti kue lebaran yang sudah umum dipasaran, yakni aneka makanan berbahan dasar singkong. Dalam hal ini adalah bakpao singkong. 
Bakpao Singkong
Bahan :
- 200 gram singkong, kukus lalu haluskan
- 300 gram tepung terigu protein tinggi
- 50 gram mentega tawar/mentega putih
- 125 gram gula halus
- 5 gram ragi instan khusus bakpao
- 250 ml air es

Isi :
-          250 gram kacang hijau kupas (bisa disesuaikan)
-          100 gram gula pasir
-          1 sdm margarin
-          100 ml air

Cara membuat :
-          Isi : kukus kacang hijau kupas sampai empuk. Campurkan kacang hijau kukus, gula, dan air, lalu jerang di atas api. Biarkan air mengering lalu tambahkan margarin dan aduk rata.
-          Kulit : ayak tepung terigu lalu masukkan singkong halus. Tambahkan ragi instan dan gula halus. Masukkan mentega putih dan air es sedikit demi sedikit sambil dimixer spiral sampai kalis. Jika sudah kalis, air es tak perlu dihabiskan.
-          Buat bulatan besar lalu biarkan adonan mengembang sekitar 20 menit.
-          Buat bulatan kecil-kecil, pipihkan lalu isi dengan kacang hijau dan bulatkan kembali.
-          Buat keratan di atas bulatan, lalu kukus bakpao sekitar 15 menut sampai matang.

Nah, bakpao singkong yang dibuat ini bisa dihidangkan sebanyak 40 bakpao. Sudah cukup kan untuk keluarga di rumah saat lebaran.