6 Tempat Liburan Lebaran Hemat dan Anti Mainstream


Menulis Indonesia – Apakah Anda sudah me-list jadwal tempat yang akan dikunjungi saat libur lebaran. Nih Menulis Indonesia punya daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di hari libur lebaran bersama keluarga. Tentunya tempat libur lebaran hemat dan anti mainstream.
Karena tak ada salahnya, saat berencana ingin mudik mengunjungi kampung halaman, tetapi juga membuat jadwal pergi berlibur bersama keluarga besar. Dan liburan sekaligus bersilaturahmi itu menjadi menyenangkan. Nah, berikut ini saya akan list beberapa tempat liburan lebaran yang hemat dan anti mainstream yang bisa Anda beserta keluarga kunjungi.
10 Tempat Liburan Lebaran Hemat dan Anti Mainstream
1.    DKI Jakarta (Monas dan Kota Tua)
Nampaknya tak ada salahnya ketika sedang berlebaran di Jakarta, dan ada hari-hari libur yang bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi Monas atau Munomen Nasional dan Kota Tua. Bukankah ini sudah biasa? Ya tentu biasa. Namun, hadir bersama keluarga yang datang dari berbagai daerah itu menjadi menyenangkan, sehingga bisa mengenalkan Monumen Nasional yang merupakan monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda tersebut.
Di Kota Tua juga masih asik. Menikmati kelana malam di pusat Kota Jakarta.
2.    Leuwi Lieuk, Bogor
Nih, ada tempat wisata yang pastiya bakal buat kangen. Di sebuah tempat yang disebut sebagai surga tersembunyi yang wajib dikunjungi saat berada di sekitar Bogor. Namanya Curug Leuwi Lieuk. Tempat wisata yang satu ini telah menjadi primadona dan belum terlalu populer di berbagai kalangan wisatawan. Untuk mencapainya  perlu mendaki bukit karena letaknya berada di dalam hutan pegunungan Sentul Selatan. Di sana, ada lanskap yang indah, di antara perpaduan air jernih yang memantulkan warna langit biru dan diapit tebing bebatuan, dan pohon hijau di sekitarnya. Tiket masuk ke lokasi ini Rp10.000 per orang. Untuk biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Destinasi ini bisa menjadi destinasi pilihan hemat ketika liburan lebaran.

Baca Juga : 4 Tempat Wisata Pantai di Bekasi, Jawa Barat

3.    Taman Hutan Raya Wan Abdurahman Lampung
Nah, kalau ke Lampung jangan lupa main ke tempat yang satu ini. Ada dua tempat pilihan berbeda. Mau ke Air Terjun atau melihat taman rusa dan taman kupu-kupu. Kalau Taman rusa dan taman kupu-kupu berada di wilayah Kota Bandar Lampung, kalau mau ke air terjun dan ada pasar tradional rakyatnya ada di Pesawaran. Atau kunjungi keduanya, karena memang keduanya layak untuk dikunjungi. Biaya masuknya pun murah. Pasti libur lebarannya menyenangkan.

Baca Juga : Tempat-Tempat Wisata di Lampung Ini Bisa Membuatmu Gagal Move On

4.    Stonehenge Merapi, Yogyakarta
Nih ada tempat liburan yang tak kalah bagusnya dari tempat wisata yang ada di Inggris. Kalau hanya ingin foto dengan latar belakang Stonehenge mah nggak perlu ke Inggris kan. Datang aja ke lereng Merapi, di Dusun Petung, Kepuharjo, Kabupaten Sleman. Di sana ada replika Stonehenge yang tak kalah seru untuk mengambil foto. Kita cukup bayar Rp5.000 per orang untuk bisa menikmati suasana tersebut. Oh iya, datangnya kalau nggak pagi ya sore hari. Ya, setidaknya bisa dapat sunrise dan sunset.
5.    Alun-Alun Bandung
Ini asli murah meriah uy. Alun-alun Bandung bisa menjadi salah satu tempat wisata saat liburan lebaran. Tempat wisata yang tentunya sangat murah meriah yang ada di Kota Bandung. Tempat ini juga ramai loh. Di sini Anda dan keluarga juga bisa memuaskan hasrat berbelanja dan kulineran.
6.    Namu-Namu (Banaran, Sapuran, Wonosobo – Jawa Tengah)
Di Jawa Tengah ada tempat sederhana namun adem (menenangkan). Tempatnya dingin. Air yang mengalir tidak terlalu deras, namun jernih. Ya, ini katanya di Bukit Namu-Namu, ada aliran air yang kerap dijadikan bumi perkemahan. Masuknya gratis. Lokasinya ada di Banaran, Sapuran, Wonosobo – Jawa Tengah. Kalau ke sana, jangan lupa beli nasi megono dan tempe kemul ya.
Nah guys, itu tadi tempat libur lebaran hemat yang bisa kamu pilih. Coba deh sekarang rencanakan liburan hemat menurut kamu yang ada di kota kamu mudik. Liburan hemat juga menyenangkan kok. Asal ada kamu yang ikut aku liburan. Eih.

Baca : Cara Pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran 2018 via Online