5 Hal Ini Yang Harus Disiapkan Sebagai Persiapan Lebaran 2018

Menulisindonesia.com – Inilah 5 hal yang harus dipersiapkan sebagai persiapan lebaran 2018 kali ini. Agar saat menjalankan hari raya Idul Fitri 2018 tetap tenang karena segala prioritas telah dipersiapkan.
Nah, berikut ini tentunya 5 hal yang harus kita siapkan ketika akan menjalankan hari raya Idul Fitri, mudik, dan bersilaturahmi ke kerabat, tetangga, sanak famili, dan masyarakat lainnya.
Terlebih tentang pengeluaran. Banyak yang suka tidak kontrol dalam mengelola keunganan saat lebaran tiba. Namun setelah lebaran selesai, sangking tidak kontrolnya, jadi babak belur.
Jadi harus benar-benar tepat dalam pengelolaanya. Untuk itu, kali ini, Menulis Indonesia akan membahas tentang apa saja sih, hal-hal yang harus dipersiapkan sebagai persiapan lebaran 2018.
Baca Juga Nih Artikel:

Jangan Salah Pilih! Ini Tips Memilih Baju Lebaran Anak

Yuk baca artikel ini sampai habis.
persiapan lebaran 2018
Pertama, yang harus dilakukan adalah bayar Zakat (Amal)
Kita sudah pahami bersama, bahwa, zakat merupakan kewajiban bagi seorang muslim untuk dibayarkan. Nah, ada beberapa hal yang harus diubah kebiasaanya sebagai persiapan lebaran 2018 kali ini, yakni:
1.    Pos zakat baik pribadi maupun keluarga sudah disiapkan sebelum lebaran tiba.
2.   Alokasikan hitungan pos dana untuk zakat amal, zakat profesi dan tentu saja zakat fitrah yang merupakan kewajiban.
3.  Lakukan hitungan setidaknya seminggu sebelum lebaran tiba, hitungan berapa persen dari keuangan Anda yang mau dialokasikan untuk zakat.
4. Usahakan mencatatkan pengeluaran Anda sebaik mungkin agar hal ini tidak terlupa.
Kedua, Persiapan Mudik dan Arus Balik Lebaran
Inilah yang paling banyak ditunggu dan dinanti, jika berada jauh dari keluarga. Suasana mudik. Mudik seperti budaya yang khas di Indonesia saat lebaran telah tiba.
Namun, mudik tidak sembarang mudik loh? Ada finansial yang harus dipertimbangkan. Apa saja yang harus diperhatikan saat mudik?
1.    Biaya transportasi
2.    Biaya makan perjalanan
3.    Oleh-oleh
Nah, tiga hal di atas akan menjadi sebuah fakta bahwa saat mudik tidak mengeluarkan biaya yang sedikit. Saat mudik justru pengeluaran meningkat tajam apalagi harga transportasi mudik yang naik.
Jadi harus benar-benar dihitung? Ini pertimbangannya sebagai tips mudik lebaran hemat:
A. Setidaknya akan menjadi pertimbangan, berapa besaran biaya yang akan dikeluarkan jika naik mobil pribadi, angkutan umu, bus, kereta, sampai pada pesawat.
B.    Kalau bisa sudah merencanakan mudik sejak jauh-jauh hari, sehingga:
a.    Ikut program mudik gratis dair swasta maupun pemerintah.
b.    Dapat promo tiket sejah jauh hari, jadi tiket murah.
Catatan: Begitupun sebaliknya pada arus balik. Jadi harus dipersiapkan secara matang.
Ketiga, kebutuhan akan Pakaian Baru
Faktanya, saat lebaran, kebiasaan membeli pakaian baru tak bisa dihilangkan. Ini adalah budaya di Indonesia yang teramat menguntungkan pedagang.
Maka tak heran. Pedagang dari yang kecil hingga ketingkat besar yakni Mall, berlomba-lomba menggaet konsumen yang konsumtif akan baju baru.
Bahkan, promo diskon menjadi perang yang teramat jelas, dari diskon 10 persen sampai diskon besar dan promo mulai dari baju, celana, sepatu, dan juga aksesoris pun bertaburan.
Melihat aneka diskon besar-besaran membuat godaan berat menjelang lebaran. Sehingga berlomba-lomba dan merasa mendapatkan pakaian yang murah.
Tapi ingat, harus kontrol pengeluaran. Jangan melihat diskon teramat miring, lalu dompet dikuras habis.
Karena tahukah anda? Strategi pasar itu bagaimana? Maka, tak heran ada banyak yang menyarankan kalau mau beli baju untuk lebaran lebih baik belanja saat jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba.
Jadi tidak hanya sekedar tergoda promo saat itu juga. Dan belilah yang diperlukan dan yang akan digunakan, jangan gelap mata semuanya ingin dibeli tapi ternyata tak berguna.
Keempat, Biaya Makanan Lebaran
Budaya saling menghargai tamu dan hidangan keluarga memang tak pernah hilang selama lebaran dari tahun ke tahun. Di Lebaran 2018 pun begitu. Polanya masih sama.
Maka dari itu, kita harus mempersiapkan biaya yang tidak sedikit dalam menjamu hari raya tiba. Kue lebaran harus disiapkan, makanan dan minuman pun begitu.
Maka untuk menyiasatinya, tentukan bujet untuk hidangan lebaran yang diperlukan, buatlah daftar belanjaan. Lalu, jangan lupa manfaatkan diskon atau promo.
Kelima, Biaya Pengganti Pembantu Rumah Tangga
Ini bagi yang menggunakan jasa PRT. Jadi sejak jauh-jauh hari biasanya sudah harus dicari, tidak dadakan. Karena ketika lebaran tiba, hampir semua PRT akan pulang kampung.
Maka dana tambahan untuk sewa PRT selamat lebaran menjadi hal yang harus dipersiapkan di Lebaran 2018 ini. Tapi ingat, saran, jangan salah pilih PRT.
Itulah 5 hal yang harus dipersiapkan sebagai persiapan lebaran 2018 ini. Namun, masih ada satu hal yang harus dipersiapkan oleh kita saat lebaran tiba, yakni penggunaan dana darurat.
Sebab, kita tidak pernah tahu akan kegunaan dana-dana yang sudah kita siapkan. Untuk itu, kasih space untuk penggunaan dana darurat agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Oke sekian semoga bermanfaat. Baca artikel lainnya ya, dan jejakan komentar setelah membacanya.

Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca