Makanan Khas Lebaran Yang Paling Populer Dihidangkan, Kamu Yang Mana?

Menulisindonesia.com – Sudah siapkan menu makanan lebaran khas daerah manakah anda? Seperti ktia ketahui, Indonesia beragam budaya, adat istiadat, dan suku daerah, sehingga di Indonesia ada banyak makanan khas daerah yang kerap dijadikan menu andalan sebagai makanan hidangan waktu lebaran.
Lalu, apa saja menu makanan khas lebaran yang kersp disajikan dan menjadi menu makanan populer di masyarakat saat lebaran. Berikut hasil rangkuman Menulis Indonesia:
1. Opor Ayam Masih Jadi Andalah Sebagai Menu Khas Lebaran
makanan khas lebaran
Opor Ayam, Disajikan Menjadi Makanan Khas Lebaran | Resepjuna.blogspot.com
Siapa yang tak kenal menu makanan yang satu ini. Opor ayam, gurihnya tak bisa tergantikan saat lebaran. Ada saja yang selalu menyajikan opor ayam sebagai menu lebaran.
Ini menandakan kelezatan opor ayam sudah menjadi idola bagi masyarakat pada umumnya saat lebaran, sehingga opor ayam selalu banyak dihidangkan sebagai menu makanan khas lebaran.
Opor ayam memang identik dengan lebaran. Opor ayam merupakan makanan lebaran khas jawa, khususnya menu lebaran khas Jawa Tengah.
Bahkan, di luar Jawa saja, banyak yang mempelajari resep masakan lebaran idul fitri yang satu ini, karena sebagai macam hidangan lebaran, menu lebaran yang satu ini dinilai praktis dan disukai.
2. Ketupat Tetap Melekat Sebagai Identitas Makanan Khas Lebaran
Yak. Ketupat. Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini. Hampir saentaro negeri ini mengenal ketupat. Makanan khas lebaran yang selalu disajikan di manapun.
Selama ini, admin tak pernah namanya tak mendengar tak ada ketupat di sebuah rumah saat lebaran. Apalagi lebaran pertama.
Karena ketupat teman paling lezat dari opor ayam. Ketupat dan opor ayam selalu menjadi penghias saat lebaran. Rasanya kurang kalau makan opor ayam tanpa ketupat, betul?
3. Makanan Khas Lebaran Serundeng Daging
menu lebaran
Menu Khas Lebaran Serundeng Daging | Cookpad.com
Aneka macam makanan khas lebaran yang juga takkalah populer adalah serundeng daging. Kalau di padang bahasanya Rendang. Daging yang dipadupadankan kelapa, maknyos gigitanya.
Makanan ini pun cocok dicampur dengan hidangan berkuah. Sangat lezat. Pakai ketupat juga nggak kalah nikmat. Nggak percaya? Cobain aja.
4. Sambal Goreng Kentang Aneka Menu Lebaran yang Tak Ketinggalan
Aneka menu lebaran yang satu ini juga tak kalah jos margondos. Maknyus dilidah. Sambal goreng kentang bisa menjadi santapan teman menu makanan lebaran apa saja.
Karena memang tidaklah lengkap, lebaran tanpa ada sambal goreng kentang yang dimasak dengan ati ampela.
Kenikmatan yang selalu dirindukan saat lebaran selain juga ada di tempat kondangan. Rasanya sungguh nikmat! Selain ati ampela, sambal goreng kentang juga bisa dikolaborasikan dengan udang, cumi, ataupun daging lainnya.
5. Semur Daging Sapi, Aneka Makanan Lebaran Sebagai Obat Kelaparan
Opor ayam, ketupat, serundeng daging, sambal kentang, sudah disebut. Nah, tak lengkap nampaknya lebaran tanpa semur daging sapi.
Sesuai dengan namanya, semur daging sapi yang terbuat dari daging sapi, rasanya manis dan gurih. Lidah terus-terusan diajak bergoyang, sangking lezatnya.
Semur daging sapi menjadi pilihan sebagai makanan khas lebaran karena memang sangat cocok dihidangkan untuk lebaran dan dinikmati bersama keluarga besar.
6. Rendang, Makanan Khas Lebaran Orang Padang Yang Melegenda
menu lebaran yang praktis
Rendang, Menu Lebaran Yang Praktis
Rendang sebagai menu masakan lebaran merupakan kerap menjadi makanan khas lebaran di Sumatera bagian barat.
Tak berbeda dengan serundeng daging. Hanya saja rendang lebih kental dengan bumbu gurihnya yang maknyos.
Eh berbicara rendang, tak hanya tentang Padang loh. Makanan ini sudah melegenda dan sudah dikenal di seluruh Indonesia. Bahkan Rendang menjadi andalan di berbagai daerah sebagai menu masakan yang disajikan saat lebaran.
7. Soto dan Bakso, Menu Makanan Lebaran yang Disajikan Panas-Panas
Soto dan Bakso, Barack Obama mantan Presiden Amerika Serikat saja mengaguminya. Masa kita enggak. Nah tahu nggak, di wilayah Jawa, makanan soto sudah tak asing dihidangkan saat lebaran.
Kehasan aroma dan kelezatan serta kesegaran kuahnya, menjadi pilihan sebagai menu makanan lebaran yang khas dihidangkan.
Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di Banjar. Wah soto Banjar merupakan menu yang wajar untuk dihidangkan saat lebaran. Rasanya sangat menggugah selera.
Berbicara bakso, bakso juga kini menjadi primadona yang dihidangkan saat lebaran. Mengantisipasi kebosanan akan rendang, opor, aneka masakan daging dan ketupat, bakso biasanya dihidangkan di lebaran kedua ataupun ketiga.
Baca Juga:

Nah itu pendapat saya tentang makanan khas lebaran yang kerap disajikan. Kalau makanan khas lebaran kamu dan keluarga yang mana? Atau ada menu makanan lain yang belum sempat admin sebutkan. Yuk tulis di kolom komentar.