Mudik Gratis 2019 Kereta Api? Ini Info dan Cara Daftarnya


Mudik Gratis 2019 Kereta Api
Mudik Gratis 2019 Kereta Api
Menulisindonesia.comMudik Gratis 2019 Kereta Api, mau? Nggak akan nolak dong? Nah sudah tahu belum informasinya seperti apa?
Jangan sampai ketinggalan loh. Karena kuotanya akan ditutup jika sudah penuh. Nah, siapa sih yang nggak mau ikut program mudik gratis.
Apalagi untuk bertemu keluarga besar dan bersilaturahmi di Lebaran 2019 kali ini. Pengalaman pengalaman sebelumnya kuota mudik gratis selalu penuh dan cepat habis kuotanya dalam waktu sekejap, nah loh.
Jadi bagaimana nih cara daftarnya? Baiklah akan saya jelaskan seperti apa info mudik gratis 2019 dengan menggunakan kereta api pada mudik lebaran kali ini.
Dan tentunya juga tentang cara daftarnya. Kalau sebelumnya saya juga sudah sempat menuliskan tentang tata cara mudik gratis lebaran 2019 dengan bus loh. Simak berikut ulasannya untuk mudik naik bus.
Baca : Cara Ikut Mudik Gratis Lebaran 2019 Naik Bus

Informasi Mudik Gratis 2019 Kereta Api Jasa Raharja

Jadi pada tanggal 9 – 25 April 2019 nanti akan dibuka pendaftaran mudik gratis jasa raharja untuk Mudik Lebaran 2019.
Judulnya mudik gratis bareng BUMN 2019 nyaman, aman dan hemat. Nah, ada beberapa angkutan yang sudah disiapkan, di antaranya bus, kereta dan kapal laut, termasuk oleh kementerian perhubungan.
Kalau mudik gratis bersama BUMN ini ada 40 tujuan rute kota yang akan dituju, di antarnaya adalah
Bandar Lampung, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Cilacap, Kebumen,  Yogyakarta, Wonosari, Pacitan, Ponorogo, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Solo, Klaten, Wonogiri, Sragen, Ngawi, Madiun, Pasuruan, Blitar, Malang, Jepara, Tuban, Surabaya, Pati, Blora, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Purwokerto, Wonosobo, Magelang.
Eits, untuk moda kereta api daftarnya pada 19 – 23 Maret 2019. Pendaftaran mudik gratsi lebaran 2019 naik kereta ini harus online di mudik.jasaraharja.co.id.

Syarat Mudik Gratis Naik Kereta 2019

  1. Pendaftar mempunyai Sepeda Motor dan SIM C
  2. Pendaftar untuk setiap satu orangnya maksimal mendaftarkan hanya 4 orang Dewasa yang umurnya di atas empat tahun dan 2 Bayi Infant yang umurnya masih di bawah 4 tahun yang harus dipangku, tidak duduk terpisah.
  3. Pendaftar dan calon peserta juga harus memiliki hubungan keluarga, untuk itu, pendaftaran disertakan dengan dibuktikan Kartu Keluarga/KK atau Surat Nikah atau Akta Lahir.
  4. Pendaftaran mudik gratsi ini tidak dapat dan tidak boleh diwakilkan.
  5. Satu orang pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar sebanyak satu kali.
  6. Apabila Saat verifikasi dokumen dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka pendaftaran digugurkan dan diisi slot oleh pendaftar lain yang memenuhi syarat.

Cara Daftar Mudik Gratis 2019 Naik Kereta Dari Kementrian Perhubungan

Nah kalau sudah tak dapat kesempatan di atas, coba buruan ikut yang satu ini yang disediakan kementerian perhubungan (Kemenhub) RI.
Sebab, pendaftaran juyga sudah dibuka sejak 20 Maret 2019. Jadi yang ingin mudik gratis dengan program mudik motor gratis naik kereta api bisa nih.
Silakan mengajukan ke situs mudik yang telah disiapkan oleh Dinas Perhubungan di beberapa daerah masing-masing wilayah.
Atau bisa langsung daftar online di aplikasi website yang telah disiapkan oleh Kemenhub di mudikgratis.dephub.go.id, nah kita bisa isi secara online.
Caranya cukup mudah kok. Oh iya, tapi meski mudah, harus memperhatikan beberapa syarat daftar mudik sepeda motor gratis naik kereta api 2019 ya, seperti ini syaratnya:
Untuk satu orang pendaftar harus memiliki SIM C dan mendaftarkan hanya satu unit sepeda motor, dan dapat difasilitasi dengan pembelian tiket KA selama alokasi tempat masih tersedia untuk 3 orang dewasa.
Baca Juga: Tips Liburan Setelah Lebaran Yang Nggak Asal Piknik
Semua Peserta Mudik Motor Gratis 2019 dengan menggunakan Kereta  Api, untuk terlebih dahulu mendaftarkan diri via online lewat web mudikgratis.dephub.go.id. milik Kemenhub. Pendaftaranonline bisa dilakukan di Rumah ataupun di Stasiun yang ditunjuk;
Peserta yang telah daftar online, jika selama 3 x 24 jam setelah menerima bukti pendaftaran tidak melakukan registrasi ulang di lokasi yang telah ditunjuk, data yang telah didaftarkan terhapus secara otomatis oleh sistem dan kode booking tiket mudik motor gratis tidak dapat digunakan kembali;
Pemberangkatan sepeda motor yang ikut program mudik graris 2019 ini, 1 hari lebih awal dari tanggal keberangkatan Peserta Motor Mudik Gratis 2019 yang terdapat di tiket yang dimiliki atau yang telah dibeli oleh Peserta Mudik Motor Gratis 2019.
Sementara, untuk kendaraan bemotor yang transit, akan diberangkatkan 2 hari lebih awal dari tanggal yang sudah terdapftar di tiket yang dimiliki atau telah dibeli peserta mudik motor gratis.
Tiket yang dimiliki Peserta Motor Mudik Gratis ini dapat berupa tiket KA, tiket Bus, ataupun tiket Travel;
Untuk daftar Mudik Motor Gratis, peserta harus bisa menunjukkan tiket Kereta Api / Bus / Travel atas nama Peserta Mudik Motor Gratis 2019.
Sebab, jika tidak menujukan tiket tersebut, maka peserta tidak bisa mendaftarkan mudik motor gratisnya.

Baca Juga: Tercatat 10 Jalan Ini Daerah Rawan Macet di Jawa Saat Mudik Lebaran

Oh iya, ada beberapa catatan di antaranya, teruntuk peserta mudik motor gratis yang telah daftarkan diri lebih awal maka akan dibantu panitia untuk membeli tiket kereta api kelas ekonomi.
Namun dengan catatan persediaan tiket kereta api yang dialokasikan PT KAI Persero masih tersedia.
Dan yang harus dipastikan adalah jika diterima ikut mudik motor gratis ini, sepeda motornya diserahkan H-1 sebelum keberangkatan penumpang.
Dan untuk yang transit diserahkan H-2 jadi dua hari sebelum tanggal keberangkatan penumpang.
Untuk jam penyerahan motornya ke stasiun saat jam kerja, yakni jam 08.00 sampai 17.00 WIB.
Saat pendaftaran yang harus disiapkan adalah menyerahkan motor dengan menunjukan
  1. KTP asli pendaftar,
  2. Kartu Keluarga Asli,
  3. STNK Asli (Nama di STNK boleh berbeda dengan nama di KTP) dan menandatangani bukti pengiriman.
  4. Tangki BBM dikosongkan, Spion dilepas dan di bawa sendiri Peserta;
  5. Helm dibawa oleh masing-masing peserta, dan tidak dapat dikirimkan bersama motor;
  6. Pengambilan sepeda motor di Stasiun tujuan akan dikenakan biaya parkir oleh PT Reska.
  7. Apabila terjadi kehilangan yang disebabkan oleh keterlambatan pengambilan sepeda motor, maka hal tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing peserta;
  8. Bagi peserta yang tidak menyerahkan motor, bukti pendaftaran dianggap hangus dan tidak berlaku serta bukti pembelian tiket penumpang tidak dapat diuangkan ataupun diubah menjadi nama lain;
  9. Para Peserta wajib tunduk pada peraturan yang berlaku.

Baca : Tips Mudik Lebaran Dengan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Nah itu sih beberapa informasi tentang mudik gratis 2019 kereta api. Dan dari Kementerian mudik motor gratis lebaran 2019.
Atau jika ingin beli tiket kereta api dan ada kendala, berikut ada beberapa informasi yang bisa dipelajari:
Baca :1. Cara Beli Tiket Kereta Tanpa KTP? Apa Bisa? Bisa Kok2. Cara Pesan Tiket Kereta Api di Indomaret3. Ternyata Mudah Cek Kode Booking Tiket Kereta Api
Itulah yang bisa kita pelajari. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Sampai bertemu di lain artikel. Salam.

Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca