Ternyata Mudah Cek Kode Booking Tiket Kereta Api

cek kode booking kereta
Cek Kode Booking Tiket Kereta Api
Cek Kode Booking Tiket Kereta Api – Sedang dalam perjalanan, dan sudah membeli tiket kereta api, atau baru memesan, baik beli tiket kereta api di Traveloka maupun beli tiket kereta api di Indomaret atau bahkan beli tiket kereta api via online langsung di website PT. KAI.
Namun ada hal yang harus dipertahikan oleh anda, khususnya dalam hal memesan tiket kereta api.
Yang harus kita perhatikan saat memebli tiket kereta api adalah: nomor kode booking tiket, tujuan keberangkatan dan jadwal keberangkatan.
Terlebih bagi kita yang suka memesan tiket kereta api di pihak ketiga, baik minimarket, indomaret, alfamart, maupun online ke beberapa situs penyedia jasa tiket kereta. Cek selengkapnya di bawah ini:

Cara Beli Tiket Kereta Api di Alfamart dan Indomaret

Berikut ini bukan hanya cara melakukan cek kode booking tiket kereta api saja, tetapi juga tentang cara melakukan pemesanan tiket kereta api.
Langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam membeli tiket kereta dan cek kode booking kereta via online maupun offline:
Jadi seperti ini, cara mudah melakukan pemesanan tiket kereta api, jika kita masih belum sempat ke stasiun maupun beli tiket secara online.
Kalian bisa datang ke Alfamart ataupun Indomaret untuk membeli tiket kereta api. Selain itu, apa yang harus kalian ketahui. Nah, sebagai penunjang kita harus tahu tentang Info Tarif Kereta Api.
Nah kalau sudah paham bagaimana cara beli tiket dan memesan tiketnya, saat ini silakan untuk mengetahui bagaimana cara cek kode booking tiket kereta api. Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online, Memesan Tiket Kereta Api Tanpa Antri

Cek Kode Booking Tiket Kereta Api Via Online


Silakan masuk ke tautan di PT KAI, web site resminya, dan di sana ada petunjuk pesan tiket atau cek kode booking. Nah, langkah itu sudah paling mudah dilakukan. Seperti gambar di bawah ini : 
kode booking kereta
Perhatikan gambar lingkaran kuning tersebut yang menjelaskan tentang cara cek kode booking tiket kereta
Nah, itu dia, cara yang bisa kita lakukan adalah masuk ke web resmi milik PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Nanti akan ada petunjuk tentang bagaimana cara melakukan cek kode booking tiket kereta api.
Cara tersebut juga berlaku untuk melakukan pemesanan tiket ya. Jadi, aktifitas kita tidak terganggu, kita bisa kerjakan semuanya melalui smartphone ataupun laptop dalam kondisi bekerja.

Cara Cetak Tiket Kereta Api Yang Hilang

Atau jika anda mengalami hal seperti ini misalnya, kode booking tiket kereta hilang, atau struk tiket kereta yang baru dipesan hilang. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk bisa kembali cetak tiket kereta api yang hilang.
Pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan Telepon Customer Service : 121 atau 021-121; ikuti petunjuk CSnya, atau e-mail ke cs@kai.id.
Jika sudah terhubung atau akan berencana mengirim pesan ke informasi di atas pastikan anda ceritakan atau jelaskan permasalahan yang tengah dihadapi, dan jangan lupa jika ada respon positif jangan lupa untuk meminta kode booking.
Dan dalam meninggalkan pesan meminta kode booking tiket kereta api tersebut, anda juga harus mengisi atau menulis nomor identitas yang digunakan dalam membeli tiket kereta sebelumnya.
Yakni, anda bisa gunakan nomor identitas seperti KTP/SIM yang digunakan untuk melakukan transaksi sebelumnya. Lalu, pastikan nama yang ditulis juga nama lengkap sesuai dengan KTP atau SIM.
Tujuan keberangkatan juga harus dicantumkan, karena setiap tiket yang dipesan pastinya memiliki tujuan keberangkatan, selain itu ada juga jadwal keberangkatan, dan scan KTP (buat validasi data).
Jika hal tersebut sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah sabar dan tunggulah pesan balasan. Dalam tempo waktu secepatnya customer service akan membalas surat elektronik mail yang dikirim oleh anda.
Kurang lebihnya 10 menit waktu yang dibutuhkan untuk menunggu. Jika dalam waktu 20 menitan tidak ada respon cek email, pastikan email sudah terkirim. Jika sudah tapi tidak direspon langsung telpon nomor di atas. Sekedar memastikan anda sudah kirim permohonan bantuan.
Jika Lupa Kode Booking Tiket Kereta Api Yang Telah Dipesan:
-      Telepon CS di 121 atau 021-121, jangan lupa siapkan KTP… ATAU,
-      e-mail  cs@kai.id dengan menyertakan data diri:
o   Nomor Identitas (KTP/SIM sesuai yang dipakai waktu transaksi),
o   Nama lengkap sesuai KTP,
o   Tujuan Keberangkatan (Lampung-Kertapati, misalnya),
o   Jadwal Keberangkatan (Pukul 12.40, misalnya),
o   Tipe Kereta (Eksekutif, Bisnis, etc.),
o   Scan KTP kalau ada.
o   Setelah mendapatkan kode booking dari CS, verifikasi booking dengan mengunjungi TAUTAN INI dan klik tombol “Cek Kode Booking”.
o   Masukkan kode booking Anda di form, klik submit dan cek apakah detil yang ditampilkan benar.

Gimana? Mudahkan? Selamat mencobanya. Ikuti artikel lainnya di Menulisindonesia.com.