Contoh Cerita Pendek 500 Kata

cerita pendek 500 kata
Contoh Cerita Pendek 500 Kata
Menulisindonesia.com – Cerita Pendek 500 Kata. Ini adalah contoh cerpen atau cerita pendek yang bisa kita lakukan dalam menulis cerita pendek.
Khususnya cara menulis cerpen untuk pemula. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Namanya cerita pendek. Ceritnya ya harus pendek. Tak perlu panjang panjang.
Dan salah satu contoh cerpen kali ini menuliskan sebuah cerita pendek 500 kata. Jadi, ini sudah tergolong cerita pendek. Asalkan memang alur cerita dan konfliknya bisa dinikmati.
Berikut cerita pendek 500 kata yang ditulis oleh Dinda Naila Nur Afifa- Siswa SD Muhammadiyah Metro Pusat, Kelas: V (lima), berjudul Berandal Kampung.

Cerita Pendek 500 Kata -  Berandal Kampung

Rizki, itulah namaku. Anak dari keluarga yang dikenal miskin. Ayahku meninggal dunia beberapa tahun lalu. Kini keseharianku bersama tiga sahabatku, Rahel, Hafis, dan Gita. Dan rencanaya pagi ini kami akan bermain di tempat biasa kami bermain. Julukan kami di kampung cukup seram. Kami di juluki dengan “Berandal Kampung”. Kami memiliki musuh bebuyutan bernama Adam. Dia adalah seorang anak yang terlahir dari keluarga yang kaya raya.
Cukup kesal ketika Adam mengacak-acak markas kami. Saat itu aku sangat marah pada Adam. Aku langsung berlari ke markas Adam untuk memberinya hukuman yang harus dia tanggung. Ternyata dia tak ada di markas, kata tetangganya, dia berada di pasar malam yang cukup jauh dari tempatnya yang kutemui saat ini.
Tanpa berpikir panjang. Aku bergegas ke pasar malam. Aku marah, marah sekali, ketika melihat dia sedang senang-senang bersama teman-temannya di sana. Aku berlari sekencang mungkin menuju tempat berdirinya Adam. Aku melawan Adam dan menendangnya hingga terjatuh. Di keramaian umum itu aku bertengkar dengannya.
Akupun pulang dengan lebam di muka usai berantem. Tapi sewaktu perjalanan pulang, masih dalam komplek pasar malam, aku melihat tulisan “Festival Rakit Ciliwung” sebagai peringatan ulang tahun desa kami, dan ada petugas membagikan brosur.
“Wah,, brosur apa ini om?”
“Brosur semarak gemilang Ciliwung merayakan ulang tahun desa.”
“Boleh diikuti oleh berapa orang dalam satu kelompok?”
“4 sampai 6 orang dek, dan ada yang boleh sendiri tidak berkelompok, tapi rakitnya harus menepati ukuran, yaitu 50 cm pada setiap sisi.”
“Kalau berkelompok ada batasan gak?”
“Ada, semua itu agar tidak memakan banyak waktu, jika sangat besar berjalannya cukup lama, jadi yang berkelompok ukuran rakitnya 100cm.”
Aku berfikir bagaimana jika Berandal Kampung mengikuti festival tersebut. Tapi hari ini adalah hari terakhir mendaftar, untung saja aku masih mendapatkan nomor, yaitu nomor urut 10, ya, itu nomor terakhir tapi tak apa-apa. Ternyata Adam juga ikut lomba rakit ini. Aku tak mau bersaing dengan anak sombong itu. Tapi aku yakin kami akan menang.

Baca Juga: Cerpen Singkat Tentang Persahabatan Sejati

***
Rakit tengah kami buat. Rakit ini harus dapat mengalahkan Adam dan gengnya. Sampai akhirnya persiapan yang dimaksud tiba, dan kami pun hadir di festival rakit Ciliwung. Satu per satu peserta mulai bergiliran dengan tema-temanya masing-masing.
Sampai akhirnya, giliran tim kami dengan tema Perbedaan Budaya Indonesia. Sampai akhirnya, kita pun disebut sebagai salah satu pemenangnya. Namun ternyata tidak hanya kami saja. Kami hanya pemenang tim beregu. Untuk individu dimenangkan Adam.
Panitia festival, dan juga tokoh masyarakat setempat, memanggil aku dan sahabat-sahabatku, juga memanggil Adam. Ada banyak yang ingin ia sampaikan juga. Ia termasuk juri pada festival kali ini.
“Kalian Berandal Kampung itu ya?” kata seorang tokoh masyarakat tersebut.
“Iya, kami,” jawab kami kompak dan singkat.
“Ah tak cocok kalian menyandang nama itu,” ujarnya.
“Bagaimana kalian menjadi Pasukan Ciliwung saja,” idenya kepada kami.
 “Menjadi Pasukan Ciliwung?” Kami masih terkejut terheran-heran.
“Boleeehh,” jawab kami lagi serempak.
Sementara Adam sedari awal mengangguk-angguk saja. Sampai akhirnya, mulai detik itu panggilan kami tidak menyeramkan lagi melainkan lebih baik dari sebelumnya. Dan permusuhan dengan Adam berakhir. Adam menjadi bagian kami, menjadi bagian Pasukan Ciliwung yang ditugaskan untuk menjaga kelestarian sungai dan alam sekitar Ciliwung.

Baca Juga: Cerpen Pendek Sekali, Tema Tentang Perkemahan

Itulah tentang cerita pendek 500 kata, nampaknya menjadi sebuah cerpen tersingkat juga yang bisa anda buat dengan sajian yang lebih menarik.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Sekian, terimakasih. Salam.

Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca