Buku Tabungan Hilang BCA? Ini Syarat, Biaya, dan Cara Mengurusnya

Buku Tabungan Hilang BCA
Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang BCA
Buku Tabungan Hilang BCA – Ini adalah cerita pengalaman saya dalam mengurus buku tabungan yang hilang?
Awalnya entah bagaimana ceritanya buku rekening BCA hilang? Wah, padahal saat itu sedang butuh sekali.
Saya coba cari, dibantu keluarga saya, bapak, ibu dan adik saya. Tapi buku tabungan BCA saya tetap tidak ketemu?
Wah resah dong, khawatir, bahaya buku tabungan hilang semakin memperkeruh keadaan. Apalagi uang di tabungan tersebut sangat dibutuhkan segera.
Alhasil karena memang uang harus diambil segera di atas nominal 10 juta, jadi tidak bisa gunakan ATM, jadi saya harus urus.
Pikir saya akan rumit cara mengurus buku tabungan yang hilang? Ternyata tidak. Sangat mudah dan gampang, apalagi Buku Tabungan BCA.
Namun saya tidak tahu, apakah pengalaman saya mengurus buku tabungan hilang BCA ini sama dengan cara mengurus buku tabungan BNI hilang, BRI, atau bank lainnya.

Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang BCA

Nah saya coba mencari tahu nih, bagaimana caranya mengatasi, mengurus, dan bahkan cara mengganti buku tabungan hilang BCA yang saya punya.
Pertama, karena kebetulan kantor polisi tidak jauh dari rumah, saya mencoba mengurus surah kehilangan buku tabungan di Polsek.
Saya nggak perlu buat sendiri dan memberikan contoh surat kehilangan buku tabungan, sebab, kepolisian sudah punya form surat kehilangan tersendiri.
Intinya saya mencoba melengkapi yang saya bisa lengkapi. Karena kata teman-teman saya digrup cara mengurus buku tabungan hilang BCA adalah surat kehilangan dari kepolisian, foto kopi KTP, dan foto kopi KK.
Dan tidak sampai 15 menit saya mendapatkan surat kehilangan buku tabungan, saya bawa contoh surat kehilangan buku tabungan BCA saya ke Bank BCA terdekat.
Selain contoh surat kehilangan buku tabungan ini saya juga membawa foto kopi KTP dan KK. Khawatir diminat. Soalnya saya pernah mencoba urus di Bank BRI, foto kopi dan KK ternyata diminta, kalau tak salah, seingat saya.
Kembali ke BCA. Saat saya sampai di Bank BCA, ada satpam bertanya keperluan saya, dan saya diberikan nomor antrian, dan saya mengantri menunggu giliran.
Tak berselang lama, saya dihadapkan customer service cantik bernama Jaya. Dia membantu saya. Dan dia menjelaskan syarat, cara, dan biaya mengurus buku tabungan BCA hilang.
Berikut informasi yang saya peroleh dari Jaya, pegawai Bank BCA di Metro Lampung:

Syarat Mengurus Buku Tabungan BCA yang Hilang

Pertama saya serahkan beberapa berkas, saya diminat KTP asli. Dan ditanyakannya, apakah saat saya membuat buku bank BCA diminta foto.
Saya saat itu lupa. Karena menurutnya, kalau sudah foto tak perlu yang namanya surat kehilangan dari kepolisian.
Wah, jadi ternyata mudah ya, mengurus dan mengganti buku tabungan BCA karena hilang tak perlu contoh surat kehilangan buku tabungan dari kepolisian.
Jadi, saya cukup serahkan syarat untuk membuat buku tabungan hilang BCA ini dengan memperlihatkan KTP asli, dan tanda tangan dibuku tabungan yang baru, serta mensingkronkan dengan kartu ATM saya.
Hal pertama sudah selesai. Cara dan syarat terpenuhi. Selanjutnya saya mengurus beberapa cara dan syarat mengurus buku tabungan BCA yang hilang

Biaya Mengganti Buku Tabungan BCA Karena Hilang

Nah, ini, pikir saya akan kena biaya mengganti buku tabungan BCA mahal. Ternyata tidak.
Saya cukup bayar Rp5 ribu untuk biaya mengganti buku tabungan BCA saya tersebut. Jadi tidak terlalu mahal. Pembayarannya ada di teller bank.
Jadi biaya mengganti buku tabungan BCA yang hilang adalah Rp5 ribu. Saran, tanyakan ke beberapa bank lainnya di daerah, siapa tahu harga dan ketentuan berbeda.

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA yang Hilang

Nah itulah kesimpulan dar cara mengurus buku tabungan hilang BCA, dari syarat yang dibutuhkan untuk mengurus buku tabungan BCA yang hilang, sampai biaya mengganti buku tabungan BCA yang hilang.
Jadi kesimpulannya yang dibutuhkan dalam mengurus buku tabungan BCA hilang adalah:
-      KTP Asli.
-      Bawa ATM yang sama dengan buku tabungan hilang BCA tersebut.
-      Biaya ganti buku tabungan Rp5 ribu.
Selanjutnya, jika ini tidak diperbolehkan karena belum foto saat pembuatan buku BCA, maka yang diperlukan data tambahan adalah:
-      Surat kehilangan buku tabungan dari kepolisian.
-      Foto Kopi Kartu Keluarga (*Dipersiapkan saja, meski tidak diminta).

Baca Juga: Cara Beli Tiket Bus Damri di Indomaret

Nah itulah pengalaman yang saya telah lakukan dalam mengurus, syarat, biaya, dan cara buku tabungan hilang BCA. Semoga bermanfaat. Salam.

Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca