Cara Beli Tiket Kereta Tanpa KTP? Apa Bisa? Bisa Kok

Apakah boleh beli tiket kereta api tanpa KTP? Boleh kok. Maka dari itu, kali ini kita akan bahas secara lengkap tentang tata cara beli tiket kereta tanpa KTP, karena KTP hilang maupun tidak terbawa saat membeli tiket dan KTP tertinggal di rumah.
Sebenarnya suka sebel dan bingung plus panik ya. Kalau mau pergi, dan yang akan digunakan adalah pesawat dan kereta api, sementara KTP lupa di bawa atau bahkan hilang di jalan saat akan mengunjungi stasiun, bandara ataupun tempat tempat yang membutuhkan KTP sebagai bukti identitas. Apalagi momentya saat ingin pergi piknik atau liburan. Wah nggak asik banget momentnya.
cara beli tiket kereta tanpa ktp
Beli tiket kereta tanpa KTP (www.menulisindonesia.com
Namun jangan khawatir. Sebenarnya cara naik tidaklah terlalu sulit. Dan persyaratannya pun tidak terlalu ribet. Bahkan, ketentuan umum yang digunakan PT. KAI untuk para penumpang bisa menggunakan jasa transportasi masal kereta api sangatlah sederhanan dan tidak ada masalah bagi kita para penumpang.
Bahkan, tak ada spesifikasi khusus, dan tata cara naik kereta yang istimewa, baik cara naik kereta api eksekutif, cara naik kereta api kelas ekonomi, cara naik kereta api jabodetabek, cara naik kereta api di pasar senen, kereta api jarak dekat, sendirian, ke bandung, maupun ke daerah-daerah lainnya.
Tata cara yang membedekan adalah tempat dan wilayah serta jadwal keberangkatannya saja. Namun memang yang kerap menjadi pertanyaan adalah, apakah bisa tanpa KTP asli naik kereta api?
Saya pernah mengalaminya sekali, naik kereta tanpa KTP Asli, dan saya ganti dengan kartu identitas lainnya. Namun memang sebelumnya saya sudah terlebih dulu, cek kode booking kereta api. Selengkapnya baca pada artikel : Cara Cek Kode Booking Tiket Kereta Api.
Dan saat itu, saya juga memang bingung, bisa atau tidak, alhamdulillah dikasih petunjuk untuk menggunakan kartu identitas lainnya, dan saat itu saya pakai SIM (Surat Izin Mengemudi).
Asalkan intinya adalah, saat membeli tiket, pastikan penulisan nama dan nomor identitas sesuai dengan yang tertera pada bukti identitas yang dimiliki (KTP, SIM, Passport, Kartu Tanda Prajurit TNI, Kartu Tanda Anggota POLRI, Kartu Siswa TNI/POLRI, Kartu Pelajar dan bukti identitas lainnya yang dilengkapi dengan foto).
Jadi jelas ya, nama dan nomor identitas. Bahkan saat boarding pass kereta yang diminta adalah bukti identitas yang bisa digunakan, jadi kalau tidak ada KTP, bisa serahkan SIM, atau passport bagi warga negara asing.
Atau jika anda adalah seorang abdi negara bisa tunjukan Kartu Tanda Prajurit TNI, Kartu Tanda Anggota POLRI, Kartu Siswa TNI/POLRI, bahkan Kartu Pelajar atau kartu mahasiswa pun bisa digunakan. Selain itu, bisa juga gunakan bukti identitas lainnya yang dilengkapi dengan foto.

Nah, itulah sebenarnya sudah sangat memudahkan kita, semoga perjalanan lancar sampai tujuan, dan ikuti terus tips trik dan informasi penting di www.menulisindonesia.com.