Our social:

Latest Post

Thursday, 21 September 2017

Cara Menulis Cerita Pendek (Cerpen) Bagi Pemula

Cara Menulis Cerita Pendek
Cara Menulis Cerita Pendek - Cerita pendek atau biasa disebut cerpen merupakan sebuah cerita rekaan yang tertulis, yang mengandung alur/plot, dan pesan tertentu. Adapun jumlah karakternya tidak terlalu panjang. Saya mencoba menyimpulkan/menyunting dari beberapa bahan bacaan yang telah saya baca tentang menulis cerpen agar dapat memudahkan bagi anda/pemula tang ingin bisa menulis cerpen. 

Hasil suntingan saya ini tentunya masih bersifat garis besarnya saja, dalam artian masih dapat dikembangkan dan dikreasikan sendiri. Karena menulis yang berkembang dilakukan sesuai dengan keinginan sendiri. Dan kemauan untuk menulis itu juga yang paling mudah dilakukan adalah berdasarkan keinginan sendiri.

Berikut ini, cara menulis cerita pendek atau cerpen bagi pemula :

1.             Menangkap ide
Setiap menulis, kita harus memastikan sudah memiliki ide cerita yang akan ditulis. Ide cerita tak melulu harus berpikir hal-hal yang rumit. Ide cerita bisa kita dapatkan dari kejadian sehari-hari, baik yang dilihat, dialami, ataupun yang didengar. Bahkan, ide ini bisa juga kita jadikan sebagai judul cerita.
Misal; saat melihat seorang pria sedang menghapalkan AL-Qur’an. Itu bisa dijadikan judu: “Pria Penghapal AL-Qur’an”. Nah itu adalah gambaran sekilas tentang ide cerita dan pengkaitan dengan judul. Jikalau judul masih kurang tepat, kita sebagai penulis masih bisa menggantinya dengan judul yang lain, dan dipastikan judul kita tidak jauh dari apa yang sudah kita tulis dalam bentuk cerita pendek tersebut.

2.             Menulis dengan gaya bahasa sendiri
Jangan pesimis untuk memulai. Terlebih dalam urusan menulis. Karena pesimis itu penyakit pemula, sehingga enggan memulai tulisannya. Rasa pesimis kerap menghantui, takut sekali bahwa karya tulis kita itu tidak sebaik dari karya tulis orang lain. Pesimis menjadi hantu, padahal kita belum pernah mencobanya.
Ketakutan pemula sehingga menjadi sifat pesimis dalam hal menulis ini biasanya terbentur karena bingung bagaimana memulai tulisan. Yakinlah, jika kita sudah biasa membaca, pastikan kita juga sudah bisa menulis.
Maka dari itu, menulislah dengan gaya bahasa sendiri. Dalam artian sederhana, kita menulis sebisa yang kita bisa tulis. Jangan dipaksakan. Biarkan hasil tulisan kita tersebut mengalir. Jadi jangan kita paksakan tulisan kita harus lebih bagus dari tulisan Kang Pidi Baiq, atau Tere Liye, atau selucu Raditya Dika, atau bahkan berusaha memaksakan agar gaya bahasa yang ditulis bisa mendayu-dayu ala Kahlil Gibran.
Maka, memulailah menulis dengan gaya bahasa sendiri. Kalau bisanya  hanya 2.000 karakter, sudah biarkan, itu sudah bagus dan baik. Tinggal kita menata kembali ribuan karakter lainnya. Karena itu sudah menuju ke cerpen yang sepanjang 7.000 karakter atau lebih.

3.             Membuat paragraf pembuka
Apa yang harus dilakukan pertama kali dalam menitihkan tulisan. Tidak ada kata lain, selain paragraf pembuka. Nah, membuat paragraf pembuka ini pun kita tidak usah terlalu berpikir rumit-rumit. Namun, kita harus menggarisbawahi bahwasannya paragraf pembuka adalah bagian yang penting, sebagaimana kita telah menentukan judul cerpen.
Karena itu, paragraf pembuka ini harus dibuat menarik, seperti judul. Karena, ada tidaknya seseorang akan membaca dan begitu tertarik membaca apa yang telah kita tulis itu pertama kali dimulai di paragraf pembuka. Buat pembaca terus terpancing dengan tulisan kita.

4.             Merangkai alur dan plot
Ketika semua bagian di atas sudah dipastikan keamanan dan kenyamanannya, mari kita lanjutkan paragraf yang telah ditulis. Kita juga harus memastikan telah merangkai kejadian demi kejadian. Dialog demi dialog. Narasi demi narasi. Dengan demikian, alur dan plot akan terbentuk dengan sendirinya.
Jadi cara yang paling mudah adalah, tuliskan apa saja yang ada di isi kepala dengan cara yang mudah dilakukan, tanpa takut salah. Misal, saya menuliskan apa yang di isi kepala saya di sebuah catatan handphone, yang nantinya akan saya jadikan satu dalam lembar kerja saya untuk menulis cerita. Dengan cara demikian diharapkan kita bisa lancar dalam menulis.

5.             Membuat konflik dan penyelesaiannya.
Sama halnya pada penjelasan nomor 4 di atas. Kita juga harus memastikan dalam cerita yang kita tulis ada konflik dan penyelesaian konfliknya. Jangan biarkan cerita yang ditulis monoton. Buat semenarik mungkin.

6.             Membuat paragraf penutup
Penutup cerita juga sangat penting. Kenapa? Karena sebuah cerita menjadi lengkap jika pada paragraf penutup mampu mempengaruhi pikiran pembaca. Jika bagian ending-nya bagus, maka cerpen pun bisa terdongkrak menjadi cerpen yang bagus. Bisa saja kita menjadikan ending pada cerpen yang ditulis dengan ending tertutup, ending terbuka, maupun ending yang mengejutkan.

7.             Mengendapkan tulisan dan mengedit tulisan
Cerpen sudah ditulis, lalu apa yang harus dilakukan? Nah, tidak ada kata lain selain melihat lagi cerpen yang sudah ditulis, dan dibaca kembali. Nah, pada fase ini juga dilakukan masa pengendapan. Kok pengendapan? Ya, pengendapan yang dimaksud adalah pemberian jeda sebelum di edit. Karena pada fase jeda ini kita akan lebih teliti dalam melakukan editing. Jadi tidak terkesan terburu-buru yang menyatakan cerpen kita sudah baik, ternyata masih ada tulisan yang salah. Sehingga, pada fase jeda ini juga kita dituntut untuk kembali membaca berulang-ulang.
Setelah fase pengendapan, yang bisa saja lama dan bisa saja singkat tersebut, kita penulis harus mengedit tulisan. Baca lagi, dan tandai dan ubah baik kesalahan tanda baca, ketepatan penggunaan EYD, masuk akal atau tidak cerita yang ditulis, dan hal-hal yang diperlukan untuk di edit. Editlah secukupnya dan sebaik-baiknya.

8.             Teruslah menulis
Selesai menulis cerpen, tulislah cerpen lainnya. Jangan cepat puas. Terlebih ada yang bilang cerpen kita bagus. Begitu juga ketika cerpen sudah berhasil masuk media masa, dan mendapatkan royalti dari penerbitan, jangan juga cepat puas. Tulis lagi, belajar lagi, tulis lagi, demikian seterusnya sampai mahir.

Selamat menulis.....


40 Daftar Penerbit Buku di Lampung

Daftar Penerbit Buku di Lampung – Buku telah menjadi bagian terpenting. Di Provinsi Lampung ternyata sudah ada pendataan tentang banyaknya usaha penerbitan. Baik secara lokal maupun nasional. Penerbitan sekala kecil/rumahan maupun partai besar.
Penerbit-penerbit buku di Lampung ini juga telah melahirkan banyak buku, baik dari penulis lokal maupun luar Lampung. Baik secara self publhising maupun mayor label. Tentunya dengan semakin banyaknya usaha penerbitan buku di Lampung akan membuat kamu para penulis lebih mudah untuk memilih. Kira-kira penerbit mana yang akan dijalin kerjasama dalam menelurkan sebuah karya.
Nah, berikut ini saya akan lampirkan 40 daftar penerbit buku yang ada di Provinsi Lampung.
1. Anahata, Bandar Lampung 
2. Anugrah Hikmah, Bandar Lampung 
4. BE Press, Jatiagung, Lamsel 
5. Bumilada, Natar, Lamsel
6. Dewan Kesenian Lampung, Bandar Lampung
7. Dewan Kesenian Lampung Timur
8. DJ (Darmajaya Press) Press Bandar Lampung
9. Fakta Press, IAIN Radin Intan Lampung
10. Gunung Pesagi, Bandar Lampung
11. Harakindo, Bandar Lampung 
12. Ilagaligo Publisher, Bandar Lampung 
13. Indepth Publishing, Bandar Lampung
14. Jung Foundation, Bandar Lampung
15. Justice Publisher, Bandar Lampung
16. Kesaint Krakatau Indah, Bandar Lampung
17. Lamban Sastra, Karanganyar, Lamsel
18. Lampung Literatur, Bandarlampung
19. Lampung Media Center (LMC), Bandar Lampung 
20. Lampung Post, Bandar Lampung 
21. Landung Alifatama, Bandar Lampung 
22. Laras Bahasa, Bandar Lampung 
23. Mata Kata, Bandar Lampung 
24. MIA UBL Press, Bandar Lampung
25. Pena Nusa Publishing, Bandar Lampung
26. Pijar Media, Bandar Lampung
27. PKKP-HAM Unila 
28. Pusaka Media, Bandar Lampung
29. Pustaka Ali Imron, Bandar Lampung
30. Pustaka LaBRAK, Bandar Lampung 
31. Pustaka Melayu, Bandar Lampung
32. Ragsa (Ragem Sai) Publisher, Tulangbawang
33. Rosyaf Liwa Mandiri, Lampung Barat
34. Rumah Aspirasi, Bandar Lampung   
35. Sai Wawai Publishing, Metro 
36. Sekelik Institute Publishing, Bandar Lampung
37. Siger Publisher, Bandar Lampung
38. Sijado, Bandar Lampung 
39. Teknokra Unila, Bandar Lampung 
40. Universitas Lampung Press, Bandar Lampung 

6 Contoh Foto Prewedding Hijab Outdoor

Contoh Foto Prewedding Hijab Outdoor - Foto sebelum menikah sepertinya semakin trend di era saat ini. Hampir semua kebutuhan akan foto pre wedding dilakukan. Bahkan banyak jasa fotografi juga memanfaatkan foto prewedding sebagai peningkatan penghasilan.

Ada beberapa metode dalam foto prewedding. Ada yang menawarkan konsep foto prewedding indoor dan ada juga yang menawarkan konsep foto prewedding di outdoor. (Baca selengkapnya, foto prewedding indoor dan outdor).

Lalu, bagaimana dengan yang hijab? Pastinya banyak sekali pertanyaan, seperti apa sih contoh foto prewedding hijab. Apalagi di outdoor. Mau tau dong? Nah sebenarnya tidak terlalu sulit mengkonsep bagaimana foto prewedding bagi yang mengenakan hijab di outdoor.

Misalkan, kita bisa melakukannya gaya seperti yang telah dilakukan usaha fotografi teman saya, yakni, firs wedding dibawah naungan HMG Studio yang selalu ready menerima jasa pemotretan untuk prewedding maupun wedding, foto prewedding indoor dan outdor.

Nah, di antaranya adalah foto prewedding hijab tanpa bersentuhan. Meski tidak bersentuhan, foto tetap melukiskan keromantisan, dan memiliki cerita. Seperti apa sih foto prewedding hijab tanpa bersentuhan, nampaknya memang sangat menarik untuk kita bicarakan:

1. Foto Prewedding dengan properti sapi
1. Foto prewedding outdoor dengan properti yang unik.
Bisa jadi, foto prewedding kamu adalah foto yang mengisahkan bagaimana pertama kali kalian bertemu sebelum akhirnya memutuskan pernikahan. Misalkan gambar di atas menggunakan properti sapi. Tanpa harus bersentuhan keduanya membuat kesan foto yang etnik dan romantis itu punya banyak cara mengekspresikannya. Latar ini juga bisa bercerita tentang, mahasiswa-mahasiswi peternakan yang pada akhirnya menikah.

2. Foto Prewedding bom asap
 2. Bom Asap
Bom asap kerap digunakan dalam fotografi, apalagi fotografi pada prewedding. Mudah didapat dan murah adalah salah satu alasan. Selain itu juga bisa memunculkan banyak warna. Nah, konsep ini bisa kalian gunakan juga. Semua bercerita tentang keceriaan.

3. Foto Prewedding dengan mobil antik
3. Kamu punya barang antik, bisa tuh dijadikan properti foto preweddingnya.
Nah, kalau ini mobil jip yang dijadikan properti prewedding hijab di outdoor. Tanpa bersentuhan keduanya tampak casual dan terlihat menarik. Gambar juga hidup dengan suasana hari bahagia. Terpancar dari suasana yang cerah dan wajah-wajah yang merona.

4. Foto Prewedding berlatar gedung mewah
4. Foto prewedding latar gedung mewah.
Agar pernikahan  terkesan mewah. Seperti gambar di atas, latar gedung dengan tampilan yang wah, tapi tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya mahal. Foto prewedding di outdoor berikut ini menjadi salah satu foto yang bisa digunakan agar terkesan keromantisan pada tahap level menengah ke atas. Tak bersentuhan, karena dipadukan warna yang mencolok dari pakaian dan gedung sudah kelihatan apik dari pada melihat foto bersentuhan.

5. Ilustrasi foto prewedding di outdoor dengan latar rerumputan
5. Jika dilihat biasa saja gambar satu ini. Ini memang ilustrasi, dari sebuah novel berjudul begal cinta. Nah, dilihat-lihat konsep foto ini juga bisa dijadikan konsep foto prewedding outdoor yang sederhana, dan murah meriah. Tanpa bersentuhan tapi sudah mengisyaratkan.

6.. Ilustrasi Foto Prawedding latar senja
6. Latar senja atau matahari terbenam.
Tanpa bergandengan atau berpegangan pun bisa dijadikan opsi agar gambar lebih hidup. Ini cuma ilustrasi ya. Senja memang selalu menjadi daya tarik untuk fotografi, begitu juga untuk latar foto hijab Prewedding di outdoor.

Nah, sudah ada bayangan belum, kamu mau foto prewedding seperti apa? Bisa menghubungi aku kalau mau difoto seperti itu. He.. he..

Monday, 18 September 2017

Penerbit Buku di Lampung Aura Publishing Terima Naskah Mayor

Aura Publishing, Penerbitan Buku di Lampung Menerima Naskah Mayor
Penerbitan Buku di Lampung – Penerbitan buku kini tak hanya berpusat di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Tetapi juga di Lampung. Bahkan, penerbit Lampung kini tak hanya menerima naskah indi atau self publishing. Tetapi juga menerima jasa penerbitan mayor, yakni semua diatur oleh pihak penerbitan, penulis hanya mengirimkan naskahnya saja.
Berbicara penerbitan di Lampung, tentu semua sepakat, Aura Publishing sebagai salah satu penerbitan terbesar di Lampung ini yang siap menerima naskah secara mayor maupun self publishing yang menjadikan bukumu berkualitas sangat baik ketika dijual di pasaran. Aura Publishing merupakan dibawah naungan CV Anugrah Utama Raharja (AURA). CV tersebut adalah badan usaha yang bergerak dibidang usaha penerbitan dan percerakan.
Perusahaan penerbitan di Lampung ini secara legal telah berdiri sejak tanggal 28 Desember 2012. Pada awalnya, Aura bergerak dibidang Digital Copyer Buku, Modul, dan lain-lain. Namun, perkembangannya, Aura berkembang memiliki banyak perluasan bidang layangan. Di antaranya, membuka penerbitan buku dan jasa percetakan buku sebagai unit bisnis yang dikelola secara profesional.
Aura Publishing dalam menerbitkan buku tak hanya menjadikan kualitas terbaik di Provinsi Lampung, tetapi juga bisa bersaing ditingkat nasional. Aura Publishing juga memiliki beberapa editor untuk kepenulisan, baik kepenulisan fiksi, non fiksi, edukasi, dan buku-buku lainnya.
Alamat Kantor Aura Publishing sendiri berada di Komplek Ruko Unila, Kedaton, Bandar Lampung. Dekat dengan Bank BNI dan Mie Ayam Bakso Mas Yon. Jadi sangat strategis. Pengiriman naskah bisa lewat email ataupun datang secara langsung.
Tak hanya itu, aura Publishing juga siap menerima naska kreatif terbaik dari penulis pemula maupun senir. Aura Publishing telah bekerjasama dengan salah satu distributor terbesar untuk emncari naskah-naskah fiksi dan non fiksi yang berkualitas dan memenuhi selera pasar untuk diterbitkan dan didistribusikan secara nasional.
Bagaimana Cara Mengirim Naskah Terbit Mayor di Aura Publishing..
1.    Bagaimana cara mengirimkan naskah ke AURA PUBLISHING?
·         Kirimkan naskah dalam bentuk softcopy melalui e-mail, dikirim ke aura.terbitmayor@gmail.com. Naskah masuk akan dijawab email konfirmasi bahwa naskah kalian sudah diterima dengan baik.
2.    Apa kriteria naskah yang diterima AURA PUBLISHING?
·      Fiksi/nonfiksi untuk kelompok pembaca dewasa, remaja, dan anak-anak. Based on true story lebih disukai.
·      Karya asli, bukan jiplakan. Bila berbentuk saduran atau terjemahan, cantumkan sumber aslinya dalam naskah.
·      Tidak sedang atau belum pernah diterbitkan oleh penerbit lain. Bila sudah pernah terbit, sertakan bukti kontrak yang menunjukkan bahwa perjanjian penerbitan sudah selesai/kadaluwarsa.
·      Tema menarik, up to date, unik, & dibutuhkan pembaca masa kini.
·      Tidak mengandung unsur pornografi.
·      Tidak berpotensi menimbulkan/memicu konflik SARA.
3.    Bagaimana format pengiriman naskah ke AURA PUBLISHING?
·         Naskah diketik dalam format ukuran kertas A4 dengan spasi 2
·         Margin Top 3, Left 3, Right 3, Bottom 3 (dalam cm).
·         Jenis font Times New Roman, ukuran font 12pt.
·         Panjang naskah maksimal 200 halaman untuk fiksi/nonfiksi pembaca dewasa; minimal 100 dan maksimal 225 halaman untuk fiksi/nonfiksi remaja; 60 halaman untuk naskah buku anak-anak.
·         Tuliskan di judul email Kirim Naskah, diikuti dengan jenis naskah, kategori pembaca atau lini. Misal: KIRIM NASKAH_KATEGORI_NAMA
·         Naskah dikirim melalui e-mail dalam bentuk lampiran (attachment), bukan dimasukkan ke dalam badan (box) e-mail. Bentuk data yang dilampirkan bisa berupa file MS Word atau Pdf.
·         Lampiran e-mail terdiri dari (1) sinopsis & keunggulan naskah. Bila ada buku yang menjadi referensi sejenis, sebutkan judulnya. Tuliskan sinopsis & keunggulan maksimal dalam 300 kata. (2) biodata penulis yang berisi nama, alamat domisili, alamat e-mail, nomor telepon rumah dan/atau ponsel. (3) naskah buku. Naskah yg dilengkapi dengan ilustrasi/foto, harap dimasukkan ke dalam teks. Kami akan meminta file foto/ilustrasi terpisah bila naskah sudah dikonfirmasi terbit. Naskah yang berbentuk komik/cergam dikirim dalam format pdf.
4.    Berapa lama konfirmasi terbit naskah?
·         Konfirmasi terbit naskah akan dilakukan dalam 2 bulan sejak naskah di terima.
·         Konfirmasi naskah akan dilakukan melalui email.
·         Redaksi tidak akan memberikan review khusus/personal untuk pengembalian naskah.
5.    Naskah Anda belum dikonfirmasi?
·         Bila lebih dari 2 bulan pihak Aura belum memberi konfirmasi, kalian bisa menghubungi pihak AURA PUBLISHING melalui email dengan menyebutkan judul naskah dan kapan naskah dikirim.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi, Cp.0812 8143 0268.


Saturday, 16 September 2017

Tempat Paling Hits Hunting Foto di Jogja

Tempat Hunting Foto di Joga – Berbicara Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Akan selalu ada saja pembicaraan di kota teristimewa yang satu ini. Bukan hanya perkara keramah tamahan masyarakatnya, bukan juga berbicara ramainya marioboro. Bukan juga tentang makanan khasnya yakni gudeg Jogja yang super enak. Tapi berbicara tempat hunting foto di Jogja yang buat kamu baper abis kalau datang sendirian atau datang ramaian tapi tidak dengan sang kekasih.

Tempat Hunting Foto di Jogja
Jogja, selain kota teristimewa juga kota kenangan yang bisa membuat kita gagal move on. Banyak tempat dijadikan latar fotografi yang cantik. Bisa jadi, sebagai arena foto prawedding juga nih. Wah, Jogjga memang juaranya untuk tempat-tempat seperti ini.
Tempat hunting foto di Jogja tentu banyak sekali ya guys, ada yang dari bangunan tua di Jogja, tempat wisata yang belum terkenal sekalipun bisa menjadi tempat foto yang instgramable jogja banget loh. Karena, di Jogja memang cakep banget untuk dijadikan arena hunting fotografi.
Beberapa di antaranya nih, tempat foto hits di Jogja yang harus kalian ketahui :
1.    Latar Candi-Candi
Sudah tahukan, kalau di Jogja banyak candi. Nah, salah satu foto etnik terbaik dari setiap tahun. Lokasi yang kerap dikunjungi. Fotografi di tempat seperti ini bisa menjadi nilai sejarah sendiri pada fotomu. Nah, soal candi, coba geh ke Jogja, dan kunjungi semua candi yang ada.
Tempat Hunting Foto di Jogja

2.   
Latar dari kejauhan gunung merapi yang menjulang tinggi
Ganasnya gunung merapi, bisa jadi buat kalian lupa, kalau sudah foto dengan latar gunung yang satu ini. Apalagi foto di tengah malam. Latar perkotaan, lampu-lampu yang berkilau, tingginya gunung yang bersileut hitam, lalu ditambah suasana terang dari langit dengan bintang dan bulannya. Wah tentu saja dong, moment seperti ini akan buat kita baper habis dan harus berfoto.
3.    Karangwaru.
Lokasi yang terbilang baru ini sudah hits beredar di mana-mana informasinya. Berada di pusat kota Yogya. Tentu sangat mudah di jumpai. Tepatnya berada di Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo. Namanya, Karangwaru Riverside. Sebuah lokasi dengan penataan sungai Buntung yang awalnya dikenal kumuh, sekarang sudah menjadi asri loh guys. Di tempat ini selain berfoto dengan latar alam yang indah, kita bisa jogging atau sekedar jalan pagi. Pastikan suasana cerah ya. karena di tempat ini kita juga bisa berfoto dengan latar gunung merapi. Baper lagi kan.
4.    Mari bergeser ke arah barat Yogya, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo.
Yup, Pantai Pasir Kadilangu. Tak hanya berbicara pantai. Di tempat ini banyak instalasi dari bambu yang cantik untuk difoto. Nah, gimana nih, mau kan ajak pasanganmu foto di tempat ini. Hanya foto saja dilatar bambu? Oh ya tidak dong, kita juga bisa lihat bagaimana terampil dan kreatif banget di pantai ini, karena kita bisa lihat miniatur atau replika menara eiffel di atas air daerah mangrovenya.
5.    Masih di Kulon Progo. Ternyata di tempat ini adaspot yang antimainstream lainnya loh, namanya Pantai MJAA atau yang dikenal Mangrove Jembatan Api Api. Bangunan-bangunan unik kita akan jumpai di tempat ini. Foto yang dihasilkan pasti cocok memberi warna pada akun media sosial kamu yang selalu eksis dengan berbagai latar yang bagus. Misalnya, kalian bisa foto di jembatan bambu yang menyerupai ujung depan kapal dan spot tol gerbang mandakini.
6.    Tetap di Kulon Progo ya guys. Ternyata memang banyak banget di sini. Setelah berjalan seharian ke beberapa tempat wisata dengan latar yang indah, kalian juga harus coba ke lokasi yang satu ini, sekedar bersantai melepas kepenatan hidup. nah, lokasinya ada di Waduk Sermo, Kulon Progo. Lokasinya dekat dengan wisata Kalibiru. Jadi kalian bisa terlebih dahulu mampir tuh ke Kalibiru. Di tempat ini berbentuk waduk. Tapi, spot cantik terletak di tengah danau, menyerupai bulan sabit yang bisa dinaiki satu orang untuk berfoto. Jadi kekasihmu jadikan tukang foto ya, he.
7.    Kawasan Kecamatan Dlingo tak mau kalah. Mereka juga punya wilayah dengan lanskap perbukitan. Ada yang baru informasinya nih. Namanya Tebing Watu Mabur, itu bahasa jawa, kalau di Indonesiakan bisa disebut tebing batu terbang tuh. Nah, terletak di kawasan Desa Mangunan, kalian bisa lihat tuh pemandangan dari ketinggian plus udara yang segar. Foto dengan hati-hati ya guys. Sekalian jaga hatinya biar gak kelain hati.



Sunday, 10 September 2017

Papatoms Cafe, Terima Pesanan Nasi Tumpeng di Bandar Lampung

Papatoms Cafe. Tempat nongkrong, tempat makan yang berada di Bandar Lampung ini serba ada dalam urusan memanjakan penikmat kuliner di Provinsi Lampung. Aneka menu makanan tersedia. Tak hanya itu, pihak cafe pun menerima orderan untuk pesanan di luar cafenya. Wah seperti apa ya, simak selengkapnya.

Papatoms Cafe bisa menjadi pilihan kita untuk nongkrong bersama keluarga, kekasih, maupun seorang diri. Tenang, untuk kamu yang jomblo. Ada sudut jomblo di tempat ini.

Papatoms cafe menawarkan konsep cafe rumahan dengan menu makanan tradisional. Suasana rumah hadir di tempat ini. Dari beraneka ragam mainan Action Figure hingga perpustakaan yang berisi buku-buku kolekasi dengan beraneka ragam judul disediakan. Ada tempat foto juga loh, bagi yang jomblo. Hem....

Papatoms cafe menyediakan menu makanan berkelompok alias tema bacakan. Wah bacakan itu seru loh. Makan di atas daun pisang yang disantap beramai-ramai. Alamat papatoms cafe pun tak jauh, ada di sekitaran pusat kota, yakni di Jl. Ki Maja No 11, Perumnas Way Halim, Kota Bandar Lampung. 

Menunya Apa Aja Kak? Ada banyak.

Udah keliatan belum ada menu apa saja di Papatoms Cafe. Sengaja saya fotokan untuk kalian bisa melihat menu dan harganya.
Nih dia menu bancakan di Papatoms itu ada bancakan liwetan. Apa itu bancakan liwetan, lihat gambar di bawah ini ya?

Mimin ngiler deh? Berapa duit sih?

Nih, yang mimin tahu ya? untuk bancakan liwet standar harganya Rp25 ribu. Kalau yang komplit Rp38 ribu. Nah untuk pemesanannya minimal 5 porsi untuk makan di tempat (Papatoms) kalau mau pesan makan di luar juga boleh, tapi minimal pemesanan 10 porsi ya.
"Yang mimin makan ini porsi komplit" ada ayam bakar, telur balado, ikan krisi goreng, cumi sambal ijo, sambal pete teri, teri goreng, peyek udang, peyek ikan asin, kerupuk, sambal tumis kentang, lalapan, aneka sambal, urab-an atau keluban, ah masih banyak lainnya. Mimin hampir lupa. karena mimin langsung santap aja. Bisa juga kok kalau mau ganti ayam bakarnya dengan ayam kalasan, ayam kremes, bistik mentega, ataupun semur. Tergantung yang disukai apa. Tinggal bilang ke pihak Papatoms. *harga bisa berubah ya.

Nah kalau yang ini menu lainnya yang bisa kita coba juga: 

Rekomendasi menu lainnya di Papatoms ;

1. Nasi ayam bakar mbah

2. Nasi bakar ayam pedas

3. Nasi goreng kambing

4. Nasi tongseng ayam

5. Kwetiau granat

6. RiceBowl cumi sambal matah

7. Indomie Oseng Mercon 

Tak hanya itu saja, Papatoms Cafe juga menyediakan nasi tumpeng, bagi pemesanan bisa langsung order menghubungi Papatoms Cafe. Nasi tumpengnya enak, menu pendampingnya banyak, asli nggak rugi, dihiasnya juga menarik. Wilayah Bandar Lampung bisa langsung serbu. 

HomeTown Dairy, Distributor Susu Sapi Murni di Lampung

Hometown Dairy – Susu sapi segar dan murni saat ini menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Apalagi di Provinsi Lampung. Susu segar yang 100 persen beradal dari sapi murni sedang banyak diminati. Pasalnya, susu sapi murni nan segar adalah susu terbaik untuk dikonsumsi. Susu yang tidak bisa disimpan terlalu lama. Susu yang cepat basi, tapi kaya gizi. Maka dari itu kita patut mengetahui kapan susu kadaluarsa dengan membaca Rekomendasi Penyimpanan Susu Pasturisasi Hometwon Dairy.

Bagi penikmat susu, pasti akan lebih memilih susu bertipe seperti ini, sehingga, beli langsung untuk dikonsumsi. Tidak seperti susu UHT, maupun susu buku dan susu kental manis pada umumnya. Yup, apalagi kalau bukan susu pasturisasi. Dan Susu Segar HomeTown Dairy, Rumah Susu di Lampung sudah bisa kita temui di mana saja.

Di Lampung Hometwon dairy bisa kita pesan langsung di distributornya, atau langsung ke perusahaan. Bahkan, kita juga bisa menjadi reseller untuk kembali menjual susu segar yang berasal dari sapi pilihan, yakni, dari Neterlland dan Newzeland yang diproduksi perusahaan peternakan di Lampung yakni GGLC (Great Giant Livestock).

Jadi kita tidak sulit lagi Cari Susu Murni di Lampung. Bahkan, kita bisa membuka unit usaha dengan mengajak kerjasama GGLC untuk ikut menjual produk susunya yakni, Hometwon dairy.

Bagaimana cara menjadi reseller Hometwon dairy. Caranya, bisa langsung komunikasi dengan pihak perusahaan di Terbanggi Besar KM. 77, Lampung Tengah, kode pos GGLC 34165 atau bisa dilakukan di Perumahan Vila Citra I Blog G, No. 12a, Bandar Lampung, 35132. Telp. 0721 5600 497/498.

Nah untuk informasi lebih lengkapnya, kalian semua bisa langsung tanya jawab sama pengelolanya di instagramnya @hometwondairy.id atau bisa whatsapp dan telepon di 0821 7741 7271 dan 0821 7741 7320.
Kalau mau kerjasama, pesan dan kirim ke lokasi pemesanan juga bisa. Syaratnya, baru untuk wilayah Kota Bandar Lampung, dan minimal pemesanan 3 liter. Nah, kalau mau beli langsung bisa, pesan lewat nomor telepon di atas, atau cari susu segar hometwon dairy di Gelael dan Chandra Superstore. Insha allah, informasinya sudah tersedia di dua tempat tersebut.
Untuk harga tentu beda. Harga di Gelael dan Chandra per litter di antara 30-35 ribu rupiah. Untuk pemesanan langsung bisa 25-30 ribu rupiah.
Untuk rincian harga susu sapi murni Hometwon dairy sebagai berikut:
-      220 ml plastik Rp5.000
-      500 ml plastik Rp10.000
-      1L plastik Rp20.000
-      1L botol Rp25.000
-      2L botol Rp45 ribu
Nah itu harga beli langsung di Hometwon dairy Lampung.

Gimana kalian mau coba sekedar minum susu, atau mau jadi distributor susu di Lampung untuk produk Hometwon dairy. Sudah ready ya. bisa komunikasi. Bahkan, susu Hometwon Dairy bisa juga didapatkan di Lampung dan Bandung. 

iklan