Cara Ikut Mudik Gratis Lebaran 2019 Naik Bus

cara daftar mudik gratis lebaran 2019 naik bus
Cara Ikut Mudik Gratis Lebaran 2019

Menulisindonesia.com – Mudik gratis Lebaran 2019. Nggak kerasa sudah mau lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah? Sudah tahu info mudik gratis lebaran kali ini?
Nah kalau belum pas banget nih, saya dan Menulis Indonesia mau bagi bagi informasi tentang cara ikut mudik gratis 2019 pada lebaran tahun ini.
Jadi kita nggak perlu khawatir. Karena setiap tahunnya kan pemerinta menyediakan jasa mudik gratis bagi masyarakatnya. Belum lagi dari sektor swasta.
Diketahui, pemerintah sudah menyiapkan sebanyak 1.200 bus untuk mudik gratis 2019. Tak hyanya bus, kereta api dan kapal laut juga disiapkan.
Apalagi sejak 20 Maret 2019 lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah membuka pendaftaran untuk kita bisa daftar mudik gratis lebaran 2019 secara online.
Selain daftar mudik gratis lewat online, kita juga bisa secara langsung di beberapa titik lokasi yang telah ditentukan Kemenhub.
Hanya saja, diperkirakan daftar mudik gratis lebaran 2019 secara manual atau langsung diperkirakan baru dibuka pada April 2019.

Cara Daftar Mudik Gratis 2019 Naik Bus

Cara mendaftar mudik gratis sangatlah mudah. Tak perlu repot dan bingung dalam antrian. Cuma butuh segera dafttar agar tak kehabisan.
Karena mudik gratis ini kuotanya akan ditutup jika sudah full. Artinya siapa cepat dia dapat.
Nah untuk informasi dan caranya pertama tama kita login ke mudikgratis.dephub.go.id.
Di atas itu adalah website pendaftaran mudik gratis yang dibuka oleh pemerintah baik naik bus maupun naik kereta. Namun ada juga informasi tentang mudik naik kapal laut.
Nantinya kita diminta untuk mengisi beberapa data yang dibutuhkan. Misalnya saja mengisi beberapa informasi di bawah ini terkait data diri yang menjadi syarat pendaftaran.
Syaratnya juga tak ribet kok. Tak rumit. Cuma butuh salah satu di antaranya, tapi saran bawa semua. Syarat pendaftaran : Kartu Keluarga, KTP dan STNK.
STNK itu yang bagi membawa kendaraan bermotornya ke kampung halaman. Jadi ada penyedia jasa angkutan kendaraan juga. Canggih.
Untuk mudik gratis di  Jakarta informasinya ada 5 titik wilayah di Jakarta Bogor Depok Tanggerang dan Bekasi atau wilayah Jabodetabek.
Di Jakarta ada di Monas, dekat Stasiun atau Pool Damri Gambir.  Titik keberangkatan di Bogor ada di Stadion Pakansari.
Lalu di Tanggerang titik keberangkatannya ada di Kantor Pemda Kabupaten Tanggerang, dan Bekasi di Lapangan Summarecon Bekasi.
Keberangkatan mudik gratis ini H-6 lebaran. Yakni, pada tanggal 30, 31 Mei dan 1 April 2019.
Untuk arus balik akan dijadwalkan jatuh apda tanggal 7 dan 8 Juni 2019. Dengan lima titik yang sama.
Dan arus balik gratis 2019 ini akan dilakukan di Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Solo, dan Terminal Giri Adipura Wonogiri.

Tujuan Perjalanan Mudik Gratis Lebaran 2019

Selain informasi di atas, berikut ini tujuan perjalanan mudik gratis lebaran 2019 lainnya. Tenang ada banyak kok tujuannya. Seperti:
  1. Arus Mudik Gratis rute tujuannya adalah Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Kebumen, Purwokerto
  2. Arus Balik Lebaran Gratis rute tujuannya adalah Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Purwokerto
  3. Arus Mudik Gratis di Jawa Barat : Cirebon, Banjarpatoman (via Tasikmalaya dan ciamis), Kuningan
  4. Arus Mudik Gratis di Jawa Tengah dan Yogyakarta : Slawi Via Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Sragen, Yogyakarta, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap
  5. Arus Mudik Gratis di Jawa Timur : Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan
  6. Arus Mudik Gratis di Sumatera : Lampung, Palembang, Padang.
  7. Arus Balik Lebaran gratis tanpa motor rutenya ke Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Purwokerto.

Baca Juga: Tiket Damri Online? Seperti Ini Cara Pesannya

Selain beberapa cara di atas, sebagai informasi tambahan jika ingin mudik naik bus damri, agar tak dalam antrian bisa coba gunakan cara di atas.
Cara cara di atas adalah untuk melakukan pemesanan tiket damri secara online. Jadi tak perlu dalam antrian yang panjang. Nah untuk informasi harga tiketnya sebagai berikut:
Baca : Harga Tiket Bus Damri, Online, Agen dan Jadwal Lengkap
Itulah informasi yang bisa kita pelajari. Caranya sederhana. Silakan dicoba. Selamat mudik gratis, sampai bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Salam. Sampai jumpa mampir di lain artikel.

Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca