Ampuh! Ini Cara Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran

Cara Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran
Cara Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran
Menulisindonesia.com – Cara mencegah berat badan naik setelah lebaran, apakah benar hal ini yang sedang anda cari? Jika iya selamat, anda memasuki areal artikel yang tepat.
Cara mencegah berat badan naik setelah lebaran ini adalah hal yang harus dipikirkan setelah menyambut hari raya Idul Fitri atau lebaran dan anda memakan semua menu makanan tanpa memikirkan berat badan.
Kalau sudah naik jangan kaget. Lakukan saja langkah berikut ini, semoga saja tepat untuk anda terapkan.
Baca Juga Artikel Lainnya:
1. 5 Hal Ini Yang Harus Disiapkan Sebagai Persiapan Lebaran 2018
2. Jangan Salah Pilih! Ini Tips Memilih Baju Lebaran Anak
1.   Puasa Syawal
Puasa Syawal selain memang dianjurkan untuk dilakukan setelah menyambut hari raya lebaran, puasa syawal juga dianggap bisa membantu anda dalam mengendalikan diri setelah anda makan berlebih selama lebaran.
Jadi, puasa syawal, dan bila perlu jika masih kuat lanjutkan puasa Senin Kamis, maka anda tengah berusaha berat badan naik.
Cara mencegah berat badan naik setelah lebaran dengan puasa Syawal adalah cara yang baik untuk anda lakukan.
2.   Banyak Minum Air Putih
Di saat lebaran, aneka minuman pasti banyak tersaji, dair bersoda, berasa, hingga yang biasa saja, dalam artian air mineral atau air putih.
Nah, jika ada beberapa pilihan, coba tinggalkan kebiasaan buruk. Dan beralihlah pada minuman biasa. Air putih, meski itu dalam kemasan.
Memilih air putih, meski air kemasan masih lebih baik dari pada minuman manis lainnya, ataupun minuman bersoda.
Kenapa harus air putih? Alasan meminum air putih ataupun alasan memperbanyak minum air putih saat lebaran akan membantu anda dalam memperlancar pencernaan serta menahan keinginan untuk makan.
Sebelum makan atau ngemil, sebaiknya didahului dengan minum air putih. Cara ini dinilai sebagai hal yang mudah dalam tata cara mencegah berat badan naik setelah lebaran.
3.   Kurangi Minuman Manis
Menyambung penjelasan nomor dua di atas. Hal ini sudah menegaskan, kalau bisa ubah kebiasaan dan hindari sirup, teh manis, atau minuman bersoda yang sering disajikan ketika lebaran.
Karena dengan tergoda dan tidak ubah kebiasaan dan justru hampir setiap hari di setiap tempat yang dikunjungi meminum sirup, teh manis, ataupun minuman bersoda justru akan membaut anda menimbun kalori.
Minuman yang manis juga akan membuat anda merasa cepat lapar dan ingin lebih banyak lagi menkonsumsi yang manis-manis. Kalau mau manis cukup lihat admin saja.
4.   Standarkan Porsi Makan
menu makanan saat lebaran
Porsi Makan Saat Lebaran
Nah cara mencegah berat badan naik saat lebaran yang satu ini juga perlu anda ingat. Standarkan porsi makan. Jangan berlebih dan seperti orang yang tak pernah makan.
Karena dengan banyaknya lauk pauk dan hidangan lezat selama lebaran, berat badan juga akan beriring naik. Apalagi menu lebaran kan banyak berlemak dan berkolesterol.
Segera hentikan dan tetaplah pada porsi lama anda saat makan, jadi standar saja, “makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang”.
5.   Banyak-Banyak Makan Buah dan Sayur
Lain dari dua hal di atas, no 3 dan 4, bagi buah dan sayur justru hanya diperbanyak. Karena hampir semua hidangan lebaran dapat memicu badan yang gemuk, maka  mulailah stock buah dan sayuran sebelum lebaran.
Jadi jika ingin ngemil. Cemilan yang menggemukan bisa diganti dengan buah ataupun sayuran. Buah selain kaya serat juga akan menahan rasa kenyang lebih lama.
6.   Pilih Camilan Berprotein Tinggi
Jika seandainya pola ngemil tidak bisa dikontrol. Maka anda harus menggantuk hidangan cemilan.
Misal, dari cemilan biasa yang memicu kegemukan, diganti dengan cemilan yang mengandung tinggi protein.
Contohnya, kacang-kacangan atau biji-bijian. Makanan berprotein tinggi juga sangat bagus untuk menahan rasa lapar.
7.   Puasa Dijadikan Untuk Berhenti Merokok
Bagi perokok berat, aktif dan dikit-dikit merokok, coba deh puasa dijadikan ajang melatih diri dan membiasakan diri untuk tidak merokok. Jadi intinya berhenti merokok.
Dengan pola ini sebenarnya bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk kesehatan bukan hanya untuk menahan kegemukan.
8.   Kerjakan Pekerjaan Rumah Sendiri
Bagi yang kerap mengandalkan pembantu, inilah saatnya libur lebaran bisa mengerjakan semua pekerjaan rumah secara mandiri sendiri.
Jadi tidak bergantungan pada orang lain. tugas-tugas rumah tangga anda, mulai dari bersih-bersih, mencuci, menyetrika, memasak, dan lain sebagainya.
Kerjaan rumah beres, lemak-lemak tubuh pun ikut rontok. Nah cara yang sederhanakan dalam mencegah berat badan naik setelah lebaran.
9.   Aktif dan Rajin Berolahraga
Meski libur lebaran itu terasa panjang, bukan berarti olahraga juga libur. Olahraga harus tetap aktif dan rajin. Hal ini agar membakar kalori.
Sehingga berolahraga juga berperan penting dalam menjaga stamina agar tetap fit. Sehingga pas memasuki aktif kerja di kantor lagi, kondisi tubuh tetap aman terjaga.
Baca Juga Artikel Lainnya:

Itu sih cara mencegah berat badan naik setelah lebaran yang bisa admin bagikan kepada anda. Semoga saja bermanfaat. Mampir ketulisan lainnya, dan ikuti terus Menulis Indonesia.