Tempat Wisata Lampung Utara – Bendungan Way Rarem Eksotis Danau Buatan

Menulisindonesia.com – Bendungan Way Rarem kini menjadi salah satu tempat wisata di Lampung Utara. Bendungan Way Rarem terletak di Kotabumi Lampung Utara, alamat lengkapnya di Desa Pekurun, Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara.
Kira-kira, kalau perjalanan dari pusat Kotabumi ke desa tersebut, jaraknya sekitar 20 km atau 30 menit waktu tempuh untuk mencapai ke lokasi dengan kondisi perjalanan yang normal tanpa kendala.
Tapi kalau perjalanan ditempuh dari pusat ibu kota Provinsi Lampung, yakni Bandar Lampung jarak tempu Bandar Lampung – Kotabumi sekitar 102 km atau  waktu tempuh perjalanan normal sekitar 2 jam 30 menit. Jika perjalanan di Bandar Jaya, Lampung Tengah sedang padat, bisa jadi mencapai 3 jam perjalanan.
Apakah ada transportasi ke Bendungan Way Rarem dari Bandarlampung? Ada! Tapi hanya dari Bandarlampung ke Kotabumi, jika anda menggunakan bus ataupun Kereta Api, tujuan Tanjungkarang – Kotabumi. Mungkin kalau menggunakan travel anda bisa langsung ke lokasi tempat wisata di Lampung Utara tersebut. Atau lebih mudah menggunakan transportasi pribadi, motor ataupun mobil.
Tarif tiket kereta api dari Stasiun Tanjungkarang, Bandar Lampung ke Stasiun Labuhan Ratu, Kotabumi, Lampung Utara. Jika anda ingin menggunakan kereta api, berangkatlah sebelum pukul 07.00. Sebab pada pukul 07.00 kereta akan berangkat ke Kotabumi.
Tarif Tiket Kereta Api ke Kotabumi masih sangat terjangkau, Rp10.000. Jika dibandingkan dengan menggunakan bus tentunya berbeda. Bus tujuan Kotabumi bisa kita temui di Terminal Rajabasa, atau bisa tunggu di Hajimena, Natar. Tarif bus dari Bandar Lampung ke Kotabumi adalah Rp30.000, entah harga ini sudah berubah atau belum, saya sempat bertanya-tanya belum berubah. Jikapun ada perubahan akan naik Rp5.000, sehingga tarif bus bisa Rp35.000.
Nah jika anda memang benar-benar melakukan perjalanan dengan transportasi umum, bus dan kereta ini artinya anda harus melanjutkan perjalanan dengan ojek untuk bisa sampai ke bendungan Way Rarem.
Atau dengan pilihan lain, yakni, naik travel. Tarif menggunakan travel dari Bandar Lampung ke Kotabumi sekitar Rp60.000.

Fasilitas Wisata di Bendungan Way Rarem

Bendungan Way Rarem
Salah Satu Fasilitas Wisata Bendungan Way Rarem (Foto:www.nusaibanovi.com)
Apa fasilitas yang bisa anda nikmati ketika datang di Bendungan Way Rarem. Di sana ada taman-taman yang asri. Taman dihadapan bendungan yang besar. Hamparan air yang luas, serta ada juga keramba-keramba nelayan air tawar.
Tak sampai disitu, pemandangannya pun tak kalah indah dengan tempat wisata laut, seperti Pulau Pahawang. Serupa dengan danau toba, ada perbukitan dan gunung yang akan menjadi latar danau pada bendungan. Tapi Bendungan Way Rarem ini memang sengaja dibuat untuk menjadi sumber air pertanian di Kotabumi Lampung Utara.
Selain itu, ada beberapa wahana permaianan yang ditawarkan. Apalagi datang ketika libur (weekend) yang notabenenya tempat ini akan ramai dikunjungi wisatawan lokal. Ya, anda bisa menikmati wahana permainan bebek air. Bebek-bebekan ini bisa anda sewa untuk bermain di skeitar danau. Selain itu juga ada sepeda air yang telah disediakan pengelola wisata Bendungan Way Rarem.
Tak sampai disitu. Anda masih bisa menikmati luasnya areal bendungan dengan menyewa perahu milik masyarakat setempat. Cobalah sewa, dan berkeliling keramba ikan. Sensasi berlipat akan dirasakan oleh diri anda, berkeliling bendungan sembari menikmati pemandangan dari atas perahu.
Saya tak mengetahui secara pasti, berapa jumlah kerambah apung sebagai tempat budidaya ikan air tawar tersebut di sana. Tapi jumlahnya sangat banyak. Keramba ini jugalah yang menjadi daya tarik Bendungan Way Rarem.
Kalau sudah kesini, dan sudah berputar-putar, sudah bermain beberapa wahana, jangan lupa untuk foto. Ada spot yang menarik untuk foto di Bendungan Way Rarem. Tempat yang sangat fotogenik. Spot fotonya berada di dekat saluran keluar air bendungan. Anda bisa berfoto seolah anda sedang berada di aliran air yang deras dan indah.
Maka tak heran, salah satu tempat wisata di Lampung ini menjadi area tempat wisata pilihan di Lampung Utara. Karena tempatnya memang sangat tepat untuk mengisi waktu libur bersama keluarga di akhir pekan.
Tempat Wisata Lampung Utara
Wisata Bendungan Way Rarem Kotabumi Lampung Utara (Foto: www.nusaibanovi.com)
Terlebih ada beberapa tempat untuk bersandar di bawah pepohonan yang cukup besar. Anda bisa menggunakan spot ini untuk pikni dan bersantai bersama keluarga anda.
Saat ini pun saya sedang mencari informasi lainnya tentang Bendungan Way Rarem, dari Asal Ususl Way Rarem hingga ke sejarah Bendungan Way Rarem Lampung Utara tersebut.
Namun, pada intinya, Bendungan Way Rarem terletak diantara dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Abung Tengah dan Kecamatan Abung Pekurun. Total luas bendungan ini sebesar 49, 2 ha.

Nah itulah informasi tentang tempat wisata di Lampung Utara, salah satunya Tempat Wisata Bendungan Way Rarem Kotabumi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tempat nongkrong di Kotabumi Lampung Utara.