Pengalaman, Cara Belanja di Tokopedia, Online Lewat HP

Cara belanja di tokopedia ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, cara ini sangat sederhana, dan memudahkan kita dalam belanja online lewat HP. Untuk itu, cara belanja online di Tokpedia lewat HP ini menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan konsumen di Indonesia.
Lalu bagaimana cara belanja di tokopedia, coba lakukan beberapa cara belanja online lewat HP berikut ini, semoga memudahkan kamu dalam belanja online.

3 Cara Belanja di Tokopedia

cara belanja di tokopedia
Cara Belanja di Tokopedia
Pertama, untuk mendapakan produk yang dicari, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni dengan cara, “ketik nama produk di kolom pencarian atau klik kategori-kategori yang ada di halaman Tokopedia.”
Namun jika masih ingin melihat-lihat dan belum ada ide akan membeli produk apa? Mungkin salah satu cara yang bisa saya bagikan berbekal pengalaman adalah dengan melihat produk-produk terpopuler di tokopedia, biasanya konsumen memberikan testimoninya atas barang yang telah dibeli.
Dan produk tersebut nantinya akan menjadi produk yang direkomendasi karena menjadi produk populer yang berasal dari online shop yang telah terdaftar pada Hot List.
Lalu, apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan produk yang diinginkan, tentunya dengan klik gambar produk untuk dapat melihat informasi lengkap produk dan detil toko yang akan dipilih.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memilih produk, beberapa catatan ini saya tuliskan semoga bisa membantu :
1.    Infomasi Produk. Perhatikan informasi produk sebelum membelinya, dalam informasi produk ini akan berisi semua informasi penting tentang produk yang sedang Anda lihat.
2.    Ulasan. Jangan lupa, hal ini juga penting, lihatlah pada bagian ulasan. Karena di ulasan ini Anda bisa memastikan apakah barang yang akan dibeli benar-benar baik dan apakah sudah ada yang pernah membeli dan memberikan testimoninya.
3.    Diskusi Produk. Setelah informasi publik, ulasan kita juga perhatikan beberapa chat yang masuk dalam kolom komentar. Ini adalah diskusi produk. Ini juga sebagai tempat bertanya ke penjual tentang produk yang akan anda pilih. Misal, bertanya tentang ketersediaan stok produk.
4.    Informasi Penjual. Tentunya anda harus tahu dong, informasi lengkap tentang penjual.
5.    Keterangan harga pas dan harga grosir (jika ada). Yak pastikan harga sesuai dan barang tersedia.
Nah, jika memang sudah bisa menerapkan 5 hal di atas, dan jika anda sudah yakin dengan produk yang akan dibeli, maka silakan langsung klik "Beli".
Tahapan selanjutnya, setelah klik tombol "Beli", Anda harus isi formulir pemesanan dengan benar dan lengkap, seperti:
- Jumlah Barang
- Alamat tujuan pengiriman
- Agen Logistik
- Asuransi (optional)
- Catatan untuk penjual (optional)
Selanjutnya, klik "Beli Produk Ini".
Catatan : Pilihan agen logistik antara satu toko dengan toko lain di Tokopedia bisa berbeda.
Nah, jika memang sudahmemilih produk yang anda inginkan, dan sudah mengisi data-data pemesanan barang dengan benar? Jangan lupa dibayar. Kalau nggak dibayar ya nggak akan dikirim itu barang. Jadi bayar dulu ya...
Nah, cara pembayaran yang bisa anda lakukan pun sangat mudah, yakni dengan klik ikon "Keranjang Belanja" Tombol Shopping Cart di header menu, lalu klik produk yang sudah anda pilih sebelumnya.
Selanjutnya, pilihlah metode pembayaran yang ingin Anda gunakan. Karena, Tokopedia menyediakan banyak sekali pilihan metode pembayaran, antara lain:
- Saldo Tokopedia   - Transfer Bank
- Mandiri ClickPay    - Mandiri e-Cash
- BCA KlikPay                   - Klik BCA
- Kartu Kredit                   - Indomaret
Setelah membayar, coba periksa kembali data pemesanan. Dan terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan klik "Checkout".
Informasi tambahan tentang cara belanja di tokopedia, tentang saldo yang dimiliki, sebaiknya jika memang anda memiliki Saldo Tokopedia, Anda bisa menggunakan saldo sebagian dengan mencentang kolom penggunaan saldo dan memasukkan jumlah saldo yang ingin anda gunakan.
Lalu bayar sisanya lewat metode pembayaran lain yang sudah anda pilih sebelumnya. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang sudah kamu pilih dan yang perlu kamu ingat, bayar dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah di invoice kamu yah.
Jika menggunakan metode pembayaran instan seperti Saldo Tokopedia, Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, BCA Klikpay, Kartu Kredit, KlikBCA, dan Indomaret kamu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran karena pembayaran terverifikasi secara otomatis.
Namun jika melakukan pembayaran melalui transfer bank, lakukan konfirmasi pembayaran agar pembayaran yang kamu lakukan bisa segera diverifikasi.

Perbedaan masing-masing metode pembayaran, antara bayar dengan Saldo Tokopedia dengan Kartu Kredit ataupun Indomaret?

Perbedaan Metode Pembayaran di Tokopedia
Perbedaan Metode Pembayaran di Tokopedia
Informasi tambahan tentang cara belanja di Tokopedia,

Melacak Barang yang sudah dipesan di Tokopedia

Setelah penjual memproses dan mengirim pesanan, kamu bisa melacak status pesanan dengan cara klik "Pembelian" pada bagian "Profil Saya". Bisa juga dengan klik "Inbox" Menu Notifikasi di header menu, lalu pilih "Status Pemesanan".
Di halaman Status Pemesanan, klik "Lacak" pada pesanan yang ingin kamu ketahui status pengirimannya. Akan muncul update terakhir status pengiriman. Klik "YA" jika sudah selesai melacak pesanan.
Kamu akan mendapat notifikasi jika status pesananmu sudah sampai di alamat tujuan. Jangan lupa untuk konfirmasi terima barang yah, Toppers. Caranya, klik menu "Pembelian" di bagian "Profil Saya". Bisa juga dengan klik "Inbox" Menu Notifikasi di header menu, lalu pilih "Konfirmasi Penerimaan".
Jika pesanan memang sudah kamu terima, klik "Sudah Terima"

Nah semuda itu bro belanja di Tokopedia. Coba aja, siapa tahu ada barang yang anda cari. Simak juga artikel Menulis Indonesia lainnya ya.
Baca :