Jam Buka dan Waktu Kerja Kantor Pos Indonesia, Lengkap

Menulis Indonesia – Jam berapa kantor pos buka dan tutup? Ini sudah barang tentu menjadi pertanyaan sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih awam dengan kantor pos. Oke saya jelaskan lebih dahulu. Kantor Pos saat ini masih menjadi pilihan sebagian besar masarakat Indonesia sebagai jasa pengiriman paket. Sudah barang tentu Pos Indonesia yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini pun terus meningkatkan pelayanannya.
Jam Buka Kantor Pos Indonesia
Perlu diketahui, seperti pertanyaan kebanyakan jangkauan Pos Indonesia sampai kemana saja? Sudah barang tentu jangkauan PT Pos Indonesia sangat luas. Sebab, hampir di seluruh wilayah hingga ke setiap kecamatan di Indonesia, perusahaan BUMN ini memiliki kantor. Tak hanya itu saja, saat ini dengan adanya Pospay semakin menjadikan Kantor Pos lebih multifungsi.
Bahkan, untuk kantor pos dapat juga melayani pengiriman-pengiriman surat, pengiriman paket pos biasa, maupun pengiriman pos kilat khusus, bahkan paket express, dan jasa pengiriman-pengiriman barang maupun surat-surat berharga lainnya.

Tak hanya itu saja, di Kantor Pos juga kita bisa beli token listrik. Jadi bayar dan beli token listrik tak perlu repot lagi antri di Kantor PLN. Kita juga bisa transfer uang lewat Kantor Pos, bahkan transfer antar bank, hmm, terkhusus, bisa juga nih bagi para Blogger dan Youtuber, menerima gajian Google Adsense yang menggunakan Western Union.

Oh iya, kita juga bisa bayar pajak juga loh di Kantor Pos, bahkan bayar PAM atau bayar PDAM, beli pulsa, bayar pesanan ketika belanja online, dan hal lain sebagainya, dengan biaya admin yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Bahkan kalau dulu ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang juga diambil di Kantor Pos.

Sekarang pun, kantor pos mulai ada persaingan dari sektor swasta, yakni seperti J&T, Tiki, JNE, SiCepat, Indah Cargo, dan Rosalia Indah ata Bus Damri. Untuk itu, jam buka semakin diperluas. Bahkan di sektor sektor kota kota besar bisa sampai sore dan di hari libur tetap buka. Meski jam buka ada sedikit perbedaan.

Ada juga yang bertanya lebih spesifik tentang keberadaan Kantor Pos. Terutama mengenai jam buka kantor pos maupun jam kerja kantor pos Indonesia. Ini penting kita ketahui untuk bisa tahu kapan mau kirim barang atau bahkan mengambil langsung kiriman ke kantor pos. Seperti saya saat mau ambil Pin Google Adsense. Maka itu, penting ya kita bisa tahu jam buka kantor pos, baik di hari kerja maupun di hari libur.

Baca Juga : Alamat Sekolah Luar Biasa (SLB) di Bandar Lampung

Berikut ini penjelasan tentang Jam Kerja Kantor Pos Indonesia
Kantor Pos Indonesia melayani warga buka sejak hari Senin s/d Sabtu. Jadi di hari sabtu kantor pos tetap melayani warga yang datang. Tapi jam buka dan jam tutupnya harus kita ketahui agar tidak salah paham. Berikut jam buka hingga jam tutup pelayanan kantor pos.

Jam Kerja Kantor Pos maupun waktu kerja pegawai kantor pos di Indonesia ini memang lebih unggul. Karena jangkauanya jingga ke tingkatan pelosok desa, atau daerah.

Jadi tak sekedar di kota kota besar, atau di Provinsi Besar, seperti Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tanggerang, Bandung, Bogor, Bekasi, Makassar, Palembang, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan wilayah lainnya. Tetapi juga sampai ke seluruh Indonesia, dari Lampung, Jombang, Pontianak, Purwokerto, Papua, Sulawesi, NTT, NTB, dan sampai ke pelosok daerah juga.

Misalnya lagi, jangkauanya, sampai ke Way Kanan, Cibinong, Cibitung, Cilacap, Bumi Ayu, Balikpapan, Tanggamus, Pesisir Barat, Banten, Banyuwangi, Wonosobo, dan wilayah-wilayah lainnya. Kantor Pos juga hadir di setiap kecamatan di setiap wilayah. Contohnya saja di Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah, tempat saya mengirim lewat pos.

Dan semua itu memiliki jam buka dan waktu kerja yang berbeda-beda. Dan di masing-masing wilayah ada yang buka Sabtu dan Minggu maupun di hari hari besar saat liburan.
Jam Buka dan Jam Kerja Kantor Pos di Kabupaten, Kecamatan, hingga Kelurahan :
Ketika ditanya, jam berapa untuk jam buka kantor pos, diketahui, pada umumnya adalah Buka Setiap Hari Senin s/d Sabtu, kecuali hari libur (Minggu) dan tanggal merah.
Senin s/d Kamis buka dari 07.30 – 15.00Pada hari Jumat buka 07.30 – 11.30Pada hari Sabtu buka  07.30 – 13.00
Jadi di hari Jumat dan Sabtu, jam tutup kantor pos lebih cepat dari pada hari biasanya. Itu dari hari dan jam kerja untuk kantor pos cabang yang ada di daerah kabupaten atau kelurahan.
Sekedar untuk perhatian, bagi yang ingin datang ke kantor pos yang ada di kecamatannya, atau dipusat kota di Kabupaten, silakan datang jangan terlalu mepet dengan jam tutup, dan jangan terlalu pagi dari jam buka. Pengalaman biasanya jam buka juga lebih dari jam kerja yang sudah ditentukan. Begitu juga jam tutup. Biasanya lebih awal dari jam yang sudah ditentukan.
Sedangkan untuk kantor pos yang ada di daerah Kota jam kerjanya berbeda. Lalu, apakah kantor pos di hari minggu tetap buka? Menurut informasi yang saya peroleh lainnya, ada yang mengatakan, bahwasannya terkadang ada juga kantor pos yang tetap buka pada hari minggu, adapun rincian nya sebagai berikut :

  1. Hari: Senin sampai Sabtu.
  2. Terkadang ada juga kantor yang buka pada hari Minggu
  3. Pada hari Senin – Jumat buka dari 07.30 – 20.00
  4. Pada hari sabtu dari 08.00 – 20.00
  5. Pada hari Minggu buka 08.00 – 14.00.
Nah itu dia, sampai malam aktifitas kantor posnya. Bahkan di hari minggu tetap melayani hingga jam 02 siang. Jadi jangan salah waktu kedatangan ke Kantor Pos ya. Pastikan atau diupayakan hadir 2 jam sebelum waktu tutup. Khawatir di waktu waktu tertentu tutup lebih awal.
Lalu, apa saja yang dilayani oleh Kantor Pos? Oke, saya bantu jelaskan, jadi, Kantor Pos di PT Pos Indonesia ini selain bisa membantu jasa pengiriman paket juga masyarakat bisa lakukan kirim uang atau terima uang dengan menggunakan wesel pos. Pos Indonesia telah bekerjasama dengan western union untuk melayani masyarakat dalam hal terima kiriman uang dari luar negeri.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kantor pos juga melayani masyarakat untuk membayar segala jenis pembayaran mulai dari pembayaran listrik, pembayaran tagihan telkom, pembayaran iuran bpjs kesehatan, pembayaran angsuran sepeda motor yang dibeli secara kredit, pembayaran kredit adira dan lain lain. Tentunya sangat memudahkan kan?
Adapun waktu untuk pengantaran kurir pos indonesia, silakan di catat agar tak salah waktu penantian kiriman dari Pak Pos :
Hari: Senin sampai Sabtu.Jam: 08.00 – 16.00.
Baca Juga : Alasan dan Tips Memilih Rumah Minimalis

Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca