ASUS ZenFone Max M2 ZB633KL, Ngeri!! Ini Reviewnya

Menulisindonesia.com Asus ZenFone Max M2 ZB633KL? Apa yang pertama kali terbesit dalam alam berpikir kamu? Sebuah Merek Smartphone? Ya tentu benar.
Itulah yang pertama kali terlintas di pikiran saya. Salah satu generasi terbaru yang telah dikeluarkan oleh ASUS.
Mendengar Asus ZenFone Max M2 saja saya sudah teringat dengan beberapa hal yang menunjukan bahwa teknologi dibidang Smartphone semakin hari semakin canggih.
Bagaimana tidak? Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati dari satu smartphone untuk semua jangkauan dan harapan dari sebuah keinginan dari penggunanya.
Maka dari itu setiap regenerasi akan memperkuat fitur fitur yang diharapkan oleh konsumen. Begitu juga, barangkali yang dilakukan oleh ASUS.
Kenapa? Ini jawaban-jawaban dari sebuah pertanyaan yang terlahir?

Alasan-Alasan Membeli Smartphone

Sebelum lebih lanjut membahas tentang Asus ZenFone Max M2 dan spesifikasi kenapa saya nyebutnya ngeriii! Untuk semakin meningkatkan keterpikatan tak ada salahnya mengunkapkan beberapa opini, alasan alasan seseorang membeli smartphone?

1. Mencari Smartphone Android yang Sangat Terjangkau Untuk Gaming?

Nah ini nampaknya menjadi pertanyaan penting yang kerap ditanyakan oleh para gamers ketika hendak membeli smartphone.
Bukan hanya dari sisi harga, tetapi juga dari spesifikasi dan kualitas smartphone itu sendiri. Dan kini ada banyak smartphone fasilitasi para gamers.
Hal ini pun nampaknya selaras dengan statistik mobile gaming yang akhirnya memicu tren industri game di Indonesia. Popularitasnya diakui secara kasat mata saja meningkat pesat. Apalagi secara data.
Apalagi, di era saat ini, smartphone menjadi salah satu perangkat ponsel pintar yang paling banyak digunakan untuk bermain.
Bahkan mengungguli penggunaan komputer personal (baik desktop maupun laptop) dan perangkat konsol lainnya.
Berdasarkan data dari Sponsor Pay, ada 57% pengguna menggunakan smartphonenya setiap hari untuk bermain game.
Dari besaran data tersebut, ada 32% mengaku bermain game sekitar 2-3 kali dalam sepekan.
Sebagian kecil menyatakan, bermain satu kali, atau kurang dari satu kali dalam seminggu.
Namun sebagian besar, 54% pengguna smartphone bermain game lebih dari satu jam dalam sehari.
Masih, menurut data Sponsor Pay, pengguna rata-rata menghabiskan 117 menit per hari mengakses konten dengan perangkat mobile yang dimilikinya.
Angka ini lebih besar dari waktu rata-rata untuk televisi yang hanya sebesar 98 menit per hari.
Secara demografis, mayoritas pengguna yang memainkan mobile game berada di rentang usia 25-34 tahun dan 35-44 tahun.
Untuk gender, ternyata lebih banyak perempuan yang memainkan mobile game ketimbang laki-laki dengan perbandingan 53% berbanding 47%.
Maka wajar saja, jika industri Mobil Gaming tengah meningkat pesat dalam kurun 1-2 tahun terakhir.

2. Mencari Smartphone Android Tak Mudah Lowbet, Kapasitas Baterai Besar

Kedua, selain untuk mempertimbangkan para gamers dengan kemampuan smartphone untuk digunakan memanjakan dengan aneka jenis game di smartphone, tentu pertimbangannya adalah awet nggak sih bateranya?
Ini juga yang kerap menjadi pertimbangan para penikmat film drama korea (drakor) ataupun Youtuber dan Blogger untuk memanjakan aktifitas, baik dalam bentuk video maupun foto.
Salah satunya saya? Saya akan mempertimbangkan banyak hal ketika akan membeli smartphone, salah satunya adalah kemampuan baterai.
Pasti dong. Kenapa? Karena Smartphone itu seperti pacar kedua, kalau kata istri saya, smartphone sudah seperti istri kedua bagi saya yang hobinya melalang buana mengabadikan cerita untuk menjadi sesuap nasi dalam tulisan blog.
Istri saya lebih ngeri lagi, lagi setrika pakaian, lagi masak, pasti sambil nonton drama korea. Pasti itu nggak telat.
Makanya, dia bilang, smartphone yang dinantikan adalah smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang mumpuni, tak mudah loyo alias lowbetan.

3. Mencari Smartphone Terbaik Untuk Foto dan Videografi

Tentunya ketika ingin mencari smartphone, selain beberapa hal utama di atas, ada banyak faktor pendukung lain yang bisa menjadi pertimbangan.
Salah satunya bagaimana smartphone yang akan dibeli menunjang untuk fotografi maupun video.
Biasanya, resolusi yang dicari, apakah hp yang akan dibeli memiliki resolusi tinggi? Berapa resolusinya? Lalu seperti apa hasilnya.
Hal ini memang terkesan remeh temeh. Tapi kerap menjadi pertimbangan yang menjelimet bagi konsumen yang berharap, smartphone yang dibelinya maksimal luar dan dalam.

4. Mencari Smartphone Yang Tidak Cepat Panas

Selanjutnya, ada beberapa hal lain yang juga menjadi pertimbangan. Mungkin tak terlalu besar, seperti di alasan alasan di atas.
Tapi ini juga menjadi pertimbangan penting yang selalu dipertanyakan?
Termasuk pertanyaan yang juga saya tanyakan saat acara ASUS Next Generation Gaming Roadwhow 2019, Kamis 21 Februari 2019 di Wiseman Coffee House, Lampung.
Dan dari pertemuan tersebutlah saya mendapatkan banyak jawaban dengan membuktikannya sendiri.
Berikut jawaban-jawaban yang bisa memecahkan pertanyaan dan alasan alasan mencari smartphone di atas.

Asus ZenFone Max M2 ZB633KL Menjawab?

Asus ZenFone Max M2
ASUS Next Generation Gaming Roadwhow 2019
Di atas sudah sangat jelas, alasan alasan mendasar yang kerap disasar masyarakat ketika mencari smartphone.
Atau mudahnya lagi seperti ini, kira kira dari spesifikasi di atas yang menjadi dasar alasan mencari smartphone, ada tidak sih smartphone yang murah meriah, tetapi bisa mendukung aktifitas sehari-hari? Termasuk bermain game!
Nah, berbekal dari mengikuti beberapa jam sosialisasi saat acara ASUS Next Generation Gaming Roadwhow 2019 bersama Blogger dan Penggiat Sosial Media di Lampung, tentunya saya sedikit ada gambaran.
Jawabannya ada di, ZenFone Max M2? Bahkan saya sempat menayakan beberapa hal yang sudah saya tulis di atas.
Jadi, HP Smartphone Android ZenFone Max M2 ini memiliki kapasitas baterai besar yakni 4.000mAh, dengan layar 19:9 resolusi HD+ dengan sistem operasi pure Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game.
ZenFone Max M2 juga terdapat prosesor terbaru yang kencang tetapi hemat energi, yakni Qualcomm Snapdragon 632.
Sebagai informasi, prosesor ini merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas.
Jadi, selain dapat dinikmati untuk game, smartphone milik Asus ini juga tidak cepat panas, dan awet baterai. Bahkan, untuk resolusi kamera pun tinggi.
Sebab, ZenFone Max M2 hadir dengan sistem kamera ganda yang ditenagai sensor beresolusi 13MP dan 8MP dan telah memiliki aperture f/1.8.

ASUS ZenFone Max M2 dan Perangkat Mobile Gamingnya

Asus Indonesia
Frandy Aprianto Smartphone Product Marketing ASUS Indonesia dan Tim
Dikutip dari pernyataan resmi yang disampaikan oleh Public Relations Erlyin Purnama dan Frandy Aprianto Smartphone Product Marketing ASUS Indonesia, dalam pernyataannya yang menyatakan bahwa, industri mobile gaming tengah meningkat sangat pesat dalam kurun satu-dua tahun terakhir.
Atas dasar itu, melihat tren industri game di Indonesia dan para penikmatnya tak lagi terbendung, ASUS Indonesia pun hadir dengan beberapa pilihan Smartphonenya.
Salah satunya adalah ZenFone Max M2. Varian smartphone gaming andalan yang ditujukan untuk entry gaming.

Spesifikasi & Fitur Terbaik Dari Asus ZenFone Max M2 ZB633KL

Spesifikasi Asus ZenFone Max M2 ZB633KL
Spesifikasi Asus ZenFone Max M2 ZB633KL
Adapun spesifikasi dan fitur terbaik dari Asus ZenFone Max M2 ZB633KL adalah selain memaksimalkan dari sisi ponsel cerdas, dari kamera, kapsitas, daya tahan baterai dan kemanan, juga untuk memaksimalkn pengguna dalam mendapatkan pengalaman gaming maksimal.
Dijelaskan Frandy, ASUS ingin seluruh pengguna dari berbagai lapisan bisa menikmati sesi bermain game di smartphone tanpa hambatan. Inilah yang saya maksud di judul ngeri. Ya ngeri-ngeri sedap juga untuk para kompetitor. Sebab apa? di satu HP, spesifikasinya hampir semuanya memanjakan penggunanya.
“Tidak hanya pengguna smartphone premium, pengguna entry level pun berhak bermain game tanpa hambatan. Apalagi di PlayStore juga saat ini ada banyak sekali varian game yang bisa dipilih,” jelasnya.
Untuk itu, spesifikasi yang dimiliki ZenFone Max M2 adalah sebagai berikut:

ZenFone Max M2, Pertama dengan Qualcomm Snapdragon 632 dan Baterai 4.000 mAh

Jadi, ZenFone Max M2 merupakan salah satu smartphone yang ditujukan ASUS sebagai entry level gaming, meski sebenarnya ia masuk di segmen kelas mid-range yang terjangkau.
Di dalam ZenFone Max M2 terdapat SoC Qualcomm Snapdragon 632 yang memiliki performa lebih baik dari pendahulunya (ZenFone Max M1) yang masih menggunakan Snapdragon 430.
Berdasarkan aplikasi benchmark AnTuTu, Snapdragon 632 memiliki skor pengujian di atas 100.000 poin yang artinya sangat mumpuni untuk menjalankan semua game terkini dengan sangat lancar.
Semua itu, dijelaskan Frandy, berkat peningkatan dari sisi SoC, di mana kini Zenfone Max M2 menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 yang lebih powerful, bahkan dibanding Snapdragon 625 yang terkenal punya performa bagus dan hemat baterai.
Sama seperti pendahulunya, ZenFone Max M2 mengandalkan triple slot yang terdiri dari dua slot kartu SIM dan satu slot kartu MicroSD.
Dengan demikian, lanjut Frandy, penggunanya masih bisa menggunakan dua nomor ponsel beserta kartu memori MicroSD yang mendukung hingga kapasitas 2TB.
Di sisi lain, kapasitas baterai juga masih dipertahankan yaitu sebesar 4.000 mAh yang bisa membuat smartphone ini bertahan seharian tanpa dukungan power bank.

Harga Asus ZenFone Max M2

Nah inilah di sela-sela banyaknya pertanyaan dan jawaban yang sudah saya jawab di atas.
Pada akhirnya, kita akan bertanya soal harga. Pertanyaan dari harga pada Smartphone Asus ZenFone Max 2 ini adalah murah atau mahal?
He... Klise ya. Tapi itulah pandangan umum kita semua.
Namun, saya berpikir seperti ini, tidak ada murah dan mahal dalam teknologi. Semua bisa menjadi murah dan semua bisa menjadi mahal.
Namun, untuk yang satu ini pada akhirnya, saya harus mengakui ini sangat terjangkau, alias masih dalam tergolong murah meriah dengan spesifikasi komplit seperti yang telah saya sebutkan di atas.
Karena dari segala urusan kamera yang spesifikasi tinggi dan jernih, lalu, daya tahan baterai untuk nonton film, untuk youtube, apalagi sekedar teleponan dan chating itu bisa menjangkau hingga 9-15 jaman.
Artinya, dengan Harga Asus ZenFone Max 2 ZB633KL yang dibandrol hanya Rp2,299 juta, sudah dapat mendukung banyak hal dalam aktivitas sehari-hari, termasuk untuk bermain game.
Tentu ini murah meriah yang barokah kan? Ngeri kali dan bukan kaleng-kaleng untuk sekelas Smartphone yang patut untuk dimiliki.
Salam Hormat Saya - Yoga Pratama di Lampung Tengah
Lagi main game di Asus ZenFone Max M2 ZB633KL dan Difoto Dengan Asus ZenFone Max Pro M2ID









Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca