Tips Liburan Setelah Lebaran Yang Nggak Asal Piknik

tips liburan setelah lebaran
Tips liburan setelah lebaran
Menulisindonesia.com – Kali ini saya akan berbagi tentang tips liburan setelah lebaran? Bagaimana menjadikan libur lebaran tetap menyenangkan. Bersiaplah, setelah membaca artikel ini, mari kita piknik untuk menghindari panik.
Yak, kita akan jadikan liburan setelah lebaran sebagian dari refres kepanikan, karena hari-hari yang berat akan dihadapi kembali.
Kondisi keuangan yang compang-camping saat mudik lebaran, terus dihadapkan ribuan pekerjaan yang harus diperhatikan di kantor.
Tentu ini akan menyita pikiran. Makanya, disarankan untuk piknik terlebih dahulu saat libur lebaran masih tersisa.

Apa Saja Tips Liburan Setelah Lebaran

Pertama, sebelum memasuki masa libur lebaran dan sebelum memutuskan lokasi yang akan dikunjungi, pastikan saat hendak mudik dan mengatur keuangan anda telah menganggarkan untuk berangkat liburan.
Jadi yang pertama di atas adalah siapkan anggaran liburan terlebih dahulu. Ini penting. Jadi ada kalkulasi uang yang disiapkan dan bisa memilih tempat wisata mana yang akan dikunjungi.
Kedua, diskusikan tujuan liburan bersama anggota keluarga. Nah, yang kedua ini juga penting dilakukan.
Sebab, untuk mencari sumber refrensi dan kesepakatan tempat wisata mana yang paling enak dikunjungi berdasarkan mood dari diri anda dan keluarga.
Siapa tahu, anda dan keluarga sedang tak meminati laut dan pantai, bisa pindah dan alihkan ke air terjun dan taman hutan raya. Jika tidak juga, bisa nonton bioskop sekeluarga.
Ketiga, membawa makanan sendiri dari rumah. Ini jika tujuannya wisata alam, maka tak ada salahnya dengan membawa makanan sendiri dari rumah. Makan rame-rame di tempat wisata seperti pantai akan semakin menyenangkan liburan anda sekeluarga.
Keempat, persiapkan alat-alat piknik, agar sampai di lokasi nggak panik. Misalkan baju ganti, ban berenang, alat selam, tikar dan lain halnya.
Tips liburan setelah lebaran ini merupakan bagian dari hemat anggaran di atas. Jadi nantinya nggak terlalu panik memikirkan biaya pengeluaran yang membengkak.
Kelima, kamera. Biar ada bukti kalau anda sekeluarga melakukan liburan lebaran. Nah, buatlah moment foto terbaik keluarga saat liburan. Karena hal ini akan menjadi memori ingatan yang menyenangkan.
Keenam, cek kesiapan kendaraan, kesehatan dan obat-obatan. Yak, bagian ini menurut saya perlu dimasukan dalam tips liburan setelah lebaran. Why? Agar semua perjalanan tetap aman, jaya, sentosa tanpa hambatan.
Kendaraan harus selalu dipastikan, karena saat mudik lebaran agak sulitneh, jangan sampai kendaraanmu mogok dan buat macet jalanan.
Kesehatan pun begitu. Penting. Masa mau piknik malah sakit, yang ada berubah jadi panik. Obat-obatan penting dibawa, P3K juga misalnya. Kalau-kalau ada apa-apa saat piknik.
Ketujuh, tempat menginap jika dibutuhkan. Nah, dari sekarang kalau memang liburanya jauh dari rumah, dan harus menginap, cek dulu harga penginapan, jangan sampai penuh dan jangan sampai harga jadi mahal banget.
Nggak asik kan, kalau satu keluarga jarak kamarnya berjauhan, atau malah beda hotel, karena di mana-mana penuh.
Nah itu sih 7 tips liburan setelah lebaran yang bisa saya bagikan. Namun, di bawah ini masih ada beberapa saran lagi nih, usulan untuk tips yang kedua di atas, tentang tujuan liburan:
1.    Coba cari wahana yang jarang dikunjungi. Karena kalau sudah terkenal, saat liburan pasti ramai, dan jalanan pasti macet. Ah asli itu nggak enak. Mau refres malah stres yang ada.
2.    Selain pantai, anda sekeluarga bisa mencari wisata alam lainnya. Misal, air terjun, danau, pematang sawah (murah), spot selfie dan foto keluarga terbaik yang akhirnya jadi destinasi wisata instgramebel, ataupun musium.
3.    Hutan raya yang ada di setiap daerah juga bagus tuh. Apalagi di sana ada banyak unsur edukasi untuk anak. Jadi berlibur sambil belajar. Anda bisa memberikan arahan kepada anak dengan baik. Contoh, taman kupu-kupu, taman rusa, penangkaran gajah, dan lain-lain.
4.    Nonton bioskop atau karaoke juga bisa menjadi alternatif dalam tips liburan setelah lebaran. Meminimalisi budget perjalanan.
5.    Berkebun. Nah, cara ini antimainstrem. Meski setiap hari berkebun. Tapi beda kalau dilakukan sekeluarga. Jadi tinggal siapkan saja bibit dan perlengkapannya.

Nah, itu dia, tentang tips liburan setelah lebaran yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih, dan terus jejak di Menulisindonesia.com ya karena masih banyak artikel menarik lainnya yang bisa kamu nikmati.