Penting! Ini Syarat Membuat BPJS Kesehatan

syarat membuat bpjs kesehatan
syarat membuat bpjs kesehatan
Syarat Membuat BPJS Kesehatan – Baru mau daftar BPJS Kesehatan? Sudah tahukah apa saja syarat yang harus dibawa saat daftar BPJS Kesehatan?
Berikut ini adalah Syarat Membuat BPJS Kesehatan yang harus kita bawa saat akan daftar BPJS Kesehatan baik sebagai syarat cara daftar BPJS Kesehatan secara mandiri, BPJS Perorangan, maupun BPJS keluarga.
Syarat-syarat berikut ini tidak mengalami banyak perubahan sejak syarat membuat bpjs 2017, syarat membuat bpjs 2018, syarat membuat bpjs 2019, maupun nantinya pada 2020.

Syarat Membuat BPJS Kesehatan 2018-2019

Adapun syarat-syarat untuk daftar BPJS Kesehatan yang harus dibawa adalah:
1.    Fotokopi kartu keluarga (KK)
2.    Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam kartu keluarga untuk pendaftaran di kelas 1 dan 2, untuk pendaftaran kelas 3 tak perlu.
Pemerintah telah mengimbau dan memberikan saran kepada seluruh warga untuk segera mendaftar dan memenuhi persyaratan pendaftaran Program Jaminan Kesehatan Nasional paling lambat 1 Januari 2019.

Cara Membuat BPJS Kesehatan Online

Saat ini kita sudah sangat dimudahkan dan warga bisa mendaftar atau membuat BPJS secara online.
Cara Daftar BPJS Kesehatan online yang perlu dilakukan ada mendownload aplikasi JKN Mobile di Smartphone Android atau Smartphone lainnya yang bisa terhubung dengan google play store dan sejenisnya.
Nah, nantinya di sana kita bisa membuat BPJS kesejatan online lewat aplikasi JKN Mobile di Ponsel.

Cara Membuat BPJS Mandiri

Cara Membuat BPJS mandiri dan juga untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), cara yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:
A.   Calon peserta mendaftar secara perorangan di kantor BPJS Kesehatan
B.    Mendaftarkan diri dan anggota keluarga yang ada di kartu keluarga
C.   Mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan melampirkan:
a.    Fotokopi kartu keluarga (KK)
b.    Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam kartu keluarga untuk pendaftaran di kelas 1 dan 2
D.   Setelah mendaftar, calon peserta akan memperoleh SMS berisi nomor virtual account (VA) dan tanggal pembayaran pertama. Satu nomor VA untuk pembayaran satu keluarga.
E.    Melakukan pembayaran iuran ke ATM bank yang bekerja sama (BRI/Mandiri/BNI/BTN) dan melalui pihak yang bekerja sama (minimarket, Kantor Pos, dan sebagainya).
F.    Setelah pembayaran dilakukan, peserta akan mendapatkan kartu KIS BPJS Kesehatan yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan paling lambat 6 hari kerja. Pendaftaran selain di kantor BPJS Kesehatan dapat dilakukan di kanal-kanal berikut, antara lain website BPJS Kesehatan, care center BPJS Kesehatan 1500-400, mobile JKN, mal yang bekerja sama, dan sebagainya.

Itulah syarat membuat BPJS Kesehatan dan cara-cara membuat kartu BPJS Kesehatan, baik secara online maupun secara mandiri. Semoga bermanfaat. Ikuti terus informasi penting lainnya di Menulis Indonesia.

Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca