Mudah, Ini Dia Cara Cek Tarif Paket Pos Per Kg

Cara Cek Tarif Paket Pos Per Kg – Berapa sih tarif paket pos per kilogram (kg)? Mungkin hal tersebut ya yang sedang ada di dalam benak Sahabat Menulis Indonesia?
Cek Tarif Paket Pos Per Kg
Cek Tarif Paket Pos Per Kg
Apakah besaran biaya yang harus dikeluarkan dalam mengirim barang, jasa, atau paket lewat kantor pos itu sama saja di setiap daerah. Dan kalau sama, berapa sih kisaran besaran yang harus dikeluarkan per kg nya.
Atau setidaknya, di mana, bisa kita cek tarif paket pos per kg dan bagaimana cara cek tarif biaya pengiriman lewat kantor pos tersebut?
Karena seperti kita ketahui, penggunaan Kantor Pos masih sangat digemari. Meski sudah terus tumbuh jasa pengiriman barang dan lain halnya di negeri ini.
Dari mulai JNE, J&T, Tiki, Kereta Api, Rosalia Indah, Damri, Cargo, dan lain sebagainya. Tentu ini pilihan.
Dan tak sedikit juga yang menggunakan jasa penyedia jasa pengiriman barang tersebut. Begitu juga yang menggunakan PT Pos Indonesia.
Baca: Pengiriman Barang Lewat Pos Berapa Hari, Ini Jawabannya?
Nah, untuk memudahkan, sebenarnya bagaimana sih cara cek tarif paket pos per kg? Nih, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah:
1.    Untuk cek tarif paket pos per kg, kita bisa masuk ke situs resmi PT Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id.
2.    Lalu, yang harus dilakukan selanjutnya adalah pilih cek tarif di menu bar sebelah kiri. Atau bisa langsung masuk lewat link url http://www.posindonesia.co.id/tarif/
3.    Selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasukan nama kecamatan, kota, kabupaten atau kodepos asal daerah untuk kirim barang atau dokumen.
4.    Kemudian isi juga nama kecamatan, kota, kabupaten atau kodepos tujuan pengiriman.
5.    Selanjutnya anda akan diminta mengisi kolom berat barang atau dokumen yang akan dikirimkan. Terakhir, input kode keamanan.
6.    Lalu, klik tombol “Cek Tarif” untuk mengetahui daftar tarif layanan kirim barang maupun dokumen, lengkap dengan perkiraan waktu pengiriman.
Nah sebenarnya sangat mudahkan caranya. Bahkan, kita bisa langsung lihat tarif paket pos yang akan dikirim, juga dengan perkiraan waktu pengiriman.
Perkiraan waktu pengiriman di sini dimaksudkan adalah lama pengiriman dan berapa lama paket pos diterima si penerima.
Nah, sementara untuk Paket Pos sendiri, ada banyak kategori yang bisa kita pilih. Ini juga untuk memastikan kapasitas berat barang kiriman yang akan dikirim ke si penerima paket.
Lewat hal ini sebenarnya kita juga bisa menghitung sendiri secara manaul berapa tarif per kg paket pos yang akan dikirim. Simak cara menghitungnya berikut ini:
Cara menghitung manual biaya pengiriman paket pos per kg?
A.   Paket Pos Biasa
Pada paket pos biasa ini ada tingkat berat kiriman paket posnya diklasifikasikan, misal di atas 3 kg s.d 20 kg.
Selain itu, untuk ukuran dimensi maksimal kiriman juga dipertimbangkan, baik yang akan mengirim barang berbentuk kotak, gulungan, dan kiriman yang tidak beraturan.
Ini cek ukuran maksimal (berbentuk kotak/gulungan) sebelum paket pos dikirim: Panjang + 2 (Lebar + Tinggi) = 400 cm,dimensi terpanjang maksimal  150 cm.
Tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut:
·         Mempergunakan berat kiriman aktual (Actual Weight)
·         Mempergunakan perhitungan volumetrik untuk kotak/ gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan sebagai berikut: (Panjang x Lebar x Tinggi  x 1 kg) : 6.000.
B.   Paket Pos Expres
Berat maksimal pada pengiriman dengan menggunakan paket pos expres adalah kiriman sampai dengan 50 kg.
Sama seperti point di atas, untuk ukuran dimensi juga diperhatikan. Apakah paket yang dikirim berbentuk kotak, berbentuk gulungan, dan berbentuk tidak beraturan.
Namun, hal yang harus diketahui adalah untuk ukurannya, Panjang + 2 (Lebar + Tinggi) = 400 cm, dimensi terpanjang maksimal  150 cm.
Cara Menentukan Tarif Paket Pos Expres Per Kg:
·         Mempergunakan berat kiriman aktual (Actual Weight)
·     Mempergunakan perhitungan volumetrik untuk kotak/gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan; (Panjang x Lebar x Tinggi  x 1 kg) : 6.000.
·         Penyerahan kiriman diantar ke alamat penerima
·         Standar Waktu Penyerahan (SWP) H+1 hari
C.   Surat Pos Biasa
Jika yang ingin dikirim di kantor pos berbentuk surat pos biasa. Maka hal yang harus diketahui adalah batas berat maksimum pengiriman, yakni 2 kg.
Untuk cek tarif yang digunakan dalam mengirim surat pos adalah dengan cara pelunasan dengan menggunakan prangko sesuai dengan tarif yang berlaku. Standar Waktu Penyerahan (SWP) H+14 hari.
D.   Pos Kilat Khusus
Terakhir ada namanya pos kilat khusus. Untuk paket pos ini berat maksimal yang harus diperhatikan adalah 0 s.d 50 kg.
Cara mengukur bentuk kiriman juga harus diperhatikan seperti Point A dan B.  Ukuran maksimal (berbentuk kotak/gulungan); Panjang + 2 (Lebar + Tinggi) = 400 cm, dimensi terpanjang maksimal  150 cm.
Lalu bagaimana cara cek tarif paket pos per kg secara manual:
·         Mempergunakan berat kiriman aktual (Actual Weight)
·         Mempergunakan perhitungan volumetrik untuk kotak/ gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan: (Panjang x Lebar x Tinggi  x 1 kg) : 6.000.
Nah itu dia yang bisa kita lakukan untuk mengetahui berapa si biaya yang akan dikeluarkan dalam mengirim paket di kantor pos. Mudahkan cara cek tarif paket pos per kg. Jadi simak terus ulasan lainnya di www.menulisindonesia.com ya. Terimakasih. Semoga bermanfaat.