Wisata Tebing Breksi Jogja, Harga Tiket dan Rute Perjalanan

Menulisindonesia.com – Ada yang seru nih di Tempat Wisata Tebing Breksi Jogja. Salah satu destinasi wisata di Yogyakarta ini kini menjadi tempta terfaforit bagi wisatawan untuk berkunjung, selain harga tiket masuk tebing breksi yang murah, di tempat ini juga banyak spot foto, apalagi di sore hari saat senja menuju pulang. Sehingga pengunjung bisa melihat sunset.
Tebing breksi Jogja merupakan tempat wisata yang menjadi kreatifitas dari masyarakat Indonesia. Yang awalnya sebagai tempat yang biasa dan tidak menarik, kini menjadi salah satu destinasi yang dikenal diseluruh Indonesia. Jadi kalau ke Jogja jangan hanya berburu oleh-oleh saja, mampir juga ke sini.
Tebing breksi juga merupakan tempat wisata alam di Jogja yang berasal dari perbukitan batuan breksi dan tebing batuan breksi yang sengaja dibuat corak indah untuk menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.
Tebing Breksi Jogja (Foto saya ambil saat hujan)
Sejarah Wisata Tebing Breksi Jogja
Sejarah tebing breksi di Yogyakarta sebelum menjadi taman wisata ini awalnya adalah tempat penambangan batuan alam yang dilakukan masyarakat sekitar. Di lokasi wisata tebing breksi inilah dulunya merupakan tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.
Dan sejak tahun 2014, Pemerintah Jogjakarta menutup kegiatan penambangan diwilayah tersebut. Alasan penutupan penambangan batu tersebut karena berdasarkan kajian, dinyatakan bahwa batuan yang ada di wilayah tersebut merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran.
Kemudian lokasi penambangan ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan. Lalu, kini masyarakat sekitar memanfaatkan bekas penambangan tersebut menjadi sebuah tempat wisata.
Masyarakat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Terlebih memang ada banyak keindahan di tempat ini. Tebing breksi jogja sunset yang selalu diburu wisatawan yang berkunjung ke Jogja.
Alamat Tebing Breksi Yogyakarta
Alamat tebing breksi Jogja ini berada di Sambirejo Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Rute Tebing Breksi Jogja
Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, tepatnya di Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer sebelum wisata Candi Ijo jika dari jalan Prambanan – Piyungan.
Tebing Breksi masuk pada cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo. Sehingga, jika anda semua berkunjung ke Candi Ijo lewat sebelah barat, maka tentunya akan melewati Tebing Breksi ini.
Lokasi Tebing Breksi Jogja
Pastikan anda mencari informasi tentang rute menuju Candi Ijo. Bisa cari di google map. Nah, sebelum Candi Ijo anda akan melihat lokasi Tebing Breksi. Namun bagi yang masih belum paham, Anda bisa lewat dari Tempat Wisata Candi Prambanan.
Selanjutnya menuju ke selatan tepatnya ke arah Candi Rato Boko, ikuti jalur hingga menjumpai petunjuk arah ke Candi Ijo. Anda hanya tinggal mengikuti rute itu. Jika masih bingung, ikuti cara saya di awal, yakni, pakai google map.
Tebing Breksi Jogja Sunset
Yak. Di tempat ini banyak masyarakat memburu sunset. Tebing breksi memiliki pesona keindahan yang tak kalah dengan wisata di Jogja lainnya. Meski dikenal sebagai bekas tambang, namun guratan-guratan pada tebing batu yang dilakukan masyarakat sungguh eksotis.
Kita bisa naik tebing dengan anak tangga yang sudah dibuat masyarakat. Anak tangga tersebut benar-benar terbuat dari tebing. Di tempat ini juga kita bisa melihat Gunung Merapi dengan sangat jelas.
Tebing Breksi Malam Hari
Datanglah malam hari. Keindahan menikmati wisata Tebing Breksi semakin jelas terlihat. Pada malam hari di Tebing Breksi ini anda bisa menyaksikan indahnya kelip – kelip lampu yang tersebar di Kota Jogja. Jadi tak khawatir kemalaman mendapatkan suasana yang tidak bagus. Justru malam hari itu ada sejuta keindahan.
Harga Tiket Masuk Tebing Breksi
Sebenarnya tidak ada pungutan harga tiket masuk. Tarif masuk Tebing Breksi gratis alias tidak dipungut biaya. Hanya saja, kita yang membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir, Tarif Parkir inilah yang menjadi harga tiket masuk tebing breksi.
Untuk motor tiket masuk tebing breksi Rp2.000, kalau mobil Rp5.000, tarif ini tentunya sangat murah untuk mengunjungi wisata bebatuan alam yang dimiliki Yogyakarta tersebut.
Tempat Makan di Tebing Breksi
Jangan takut kelaparan di tempat ini. Di sini banyak tempat makan. Justru memang di sini ada kantin seperti pusat jajanan serba ada alias Pujasera. Tentunya kalau datang ke sini, jangan lupa untuk cicipi kuliner Jogja yang membuat perut kenyang dan membuat isi kantong tetap aman.

Nah itulah informasi yang bisa saya bagikan. Oh iya, jangan datang waktu hujan, licin sekali naik ke atas. Mungkin saat saya berkunjung saya mengenakan sendal yang licin sehingga tidak cocok. Tapi memang datang di tempat ini paling indah dan menakjubkan ketika cuaca sedang cerah. Sehingga kunjungan tidak membuat hatimu resah. Terimakasih semoga bermanfaat.