Terbang Nyaman Dengan Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi

Menulisindonesia.com - Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi. Pernah naik pesawat kelas ekonomi atau bahkan pernah naik pesawat kelas Bisnis? Soal ekonomi maupun bisnis kita akan bahas satu per satu di www.menulisindonesia.com karena fasilitas pesawat kelas ekonomi akan berbeda dengan fasilitas pesawat kelas bisnis.
Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi
Bahkan, meski digolongkan sama, kelas ekonomi dari berbagai maskapai pun memiliki kebijakan yang berbeda. Ini juga disetarakan dengan tarifnya yang murah pun berbeda-beda antar pesawat, misal, pesawat Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air, Wings Air, ExpresAir, dengan Citilink maupun Garuda Indonesia pun berbeda dari tarif dan fasilitas yang didapatkan.
Namun, kita bisa sepakat yang namanya kelas ekonomi bisa menjadi perjalanan kita lebih hemat dan menurutku nyaman dalam perjalanan. Silakan dipilih menggunakan pesawat apa? Nah saat ini www.menulisindonesia.com akan bahas tentang fasilitas pesawat garuda kelas ekonomi. Apa saj sih yang ada di pesawat garuda kelas ekonomi? Beda jauhkan dengan fasilitas yang disajikan di pesawat garuda kelas bisnis? Yuk kita telaah bersama berdasarkan pengalaman yang pernah kita lewati saat menggunakan pesawat garuda.
Pada umumnya, Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia menyediakan berbagai pilihan baik hiburan, makanan, hingga bahan bacaan saat berada di dalam penerbangan.
Salah satunya, hiburan di dalam penerbangan. Selama penerbangan, kita dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio and Video on Demand dengan LCD TV layar sentuh. Pihak Garuda menyajikan film dan program TV pilihan dengan berbagai kategori, mulai dari laga, drama, hingga komedi, sesuai dengan keinginan Anda.
Kita juga dapat memilih album musik dengan berbagai genre, mulai dari pop, jazz, klasik, musik Indonesia. Termasuk di dalam pilihan ini adalah The Sounds of Indonesia, kompilasi lagu tradisional Indonesia gubahan Addie MS, dengan Garuda Indonesia sebagai produser.
Kita juga dapat memainkan berbagai permainan interaktif yang seru dan menghibur. Namun, untuk kelas ekonomi ada beberapa maskapai penerbangan tidak menyediakan hal tersebut. Kenapa? Padahal harga sama. Di satu sisi alasannya adalah karena alasan operasional, informasi hiburan di dalam pesawat yang ada di halaman ini mungkin tidak tersedia di setiap penerbangan.
Namun pada dasarnya, tiap-tiap maskapai punya kebijakan sendiri-sendiri mengenai fasilitas pesawat baik itu kelas ekonomi maupun kelas bisnis.

Apa Saja Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi?

Di Pesawat Garuda kelas ekonomi, sama halnya dengan pesawat ekonomi lainnya, di dalam pesawat jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan kelas bisnis. Bahkan, ada maskapai penerbangan seperti Wings Air Bandung ke Lampung dan sebaliknya yang hanya menyediakan kelas ekonomi secara menyeluruh, tanpa menyediakan kelas bisnis. Karena Wings Air yang digunakan tersebut adalah pesawat kecil. Hal ini pun bisa dilihat dari kapasitas site atau tempat duduk yang hanya 2-2.
Sementara di Garuda. Rata-rata ada kelas bisnis dan kelas ekonomi. Kelas bisnis berada di paling depan. Ada beberapa tempat duduk yang bisa digunakan dengan komposisi 2-2.

Perbedaan Fasilitas Kelas Bisnis dengan Kelas Ekonomi di Pesawat Garuda

Perbedaan Fasilitas Garuda Indonesia kelas bisnis dibandingkan dengan kelas ekonomi yang saya terka selama menggunakan pesawat garuda adalah :
-      Saat memasuki pesawat, yang dipersilakan lebih dulu untuk masuk ke dalam pesawat adalah penumpang kelas bisnis atau member sky team. Ada jalur khusus untuk para pemilik tiket kelas bisnis atau member gold.
-      Kursi penumpang kelas bisnis selain berada paling depan, mereka juga mendapatkan kursi lebih besar dengan komposisi kursi 2 2, berbeda dengan kursi kelas ekonomi, 3 3.
-      Bentuk kursi penumpang Garuda kelas bisnis lebih nyaman dibanding kelas ekonomi. Lebih lebar dan memiliki berbagai fasilitas di tempat duduknya untuk bisa beristirahat.
-      Kursi dengan jarak 43 inci dan lebar 21,2 yang dapat diatur menjadi tempat tidur membuat perjalanan Anda lebih nyaman.
-      Ottoman, tempat penyimpanan pribadi, USB & stopkontak.
-      eX2 Panasonic 15 inch LCD touchscreen untuk hiburan selama di dalam pesawat.
-      Bantal hypoallergenic dengan sarung berbahan katun, selimut furtex-plush yang nyaman.
-      Amenity kit (untuk Unisex Business Class Asia Oceania) dari L' occitane yang meraih penghargaan TravelPlus Award 2013.
-      Ragam menu yang lengkap, mulai dari makanan berat, ringan, dan sedang.
-      Saat keluar pesawat, kelas bisnis juga dipersilakan untuk keluar terbelih dahulu.
Sementara, fasilitas pesawat Garuda kelas ekonomi yang didapatkan di antaranya:
-      tempat duduk 3 3.
-      sabuk pengaman dan alat keselamatan.
-      koran gratis.
-      minuman dan snack gratis.
-      plastik untuk jaga-jaga, siapa tahu mabuk.
-      layar di bangku depannya untuk nonton film, musik, baca-baca, dll (ada beberapa pesawat yang tidak tersedia karena alasan operasional).
-      Beberapa rute penerbangan domestik ada yang diberi makan, contoh Jakata-Bali.

Apakah Naik pesawat Garuda dapat makan?

Untuk penerbangan dengan rute pendek dan waktu tempuh sebentar, misalkan dari Lampung ke Jakarta atau Jakarta - Yogyakarta dengan waktu tempuh cuma 45 menit – 60 menit, penumpang Garuda Indonesia tidak diberikan makanan, tapi mendapatkan minum dan snack gratis.
Kalau tujuan Lampung ke Jakarta yang diberikan sudah dalam kotak. Air mineral dan snack isinya roti dan makanan ringan lainnya. Kalau Jakarta ke Yogyakarta misalnya, makanan ringan plus minuman yang bisa dipilih karena dihidangkan. Misal seperti susu, kopi, teh, jus, atau air putih.
Sedangkan untuk jarak jauh, dengan waktu tempuh lebih lama, penumpang akan diberikan makanan dalam pesawat Garuda. Misal waktu tempuh 2 jam ke atas seperti Jakarta ke Bali, Balikpapan ke Jakarta dan beberapa wilayah lainnya. Meski kelas ekonomi akan diberikan makan.

Perbedaan Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi dengan Lion Air Kelas Ekonomi

Tadi sudah dijelaskan di atas, jika menggunakan pesawat garuda meski hanya dengan kelas ekonomi kita masih mendapatkan snack. Namun, kalau pesawat Lion Air, penumpang tidak dapat apa-apa. Meskipun penerbangan jauh, dari Jakarta ke Bali. Hal ini karena soal harga pun berbeda jauh.

Perbedaan Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi dengan Sriwijaya Kelas Ekonomi

Fasilitas pesawat Sriwijaya kelas ekonomi pun dapat makan juga saat terbang dengan waktu 2 jam atau lebih. Artinya fasilitas yang di dapatkan sama dengan fasilitas di Pesawat Garuda Indonesia kelas ekonomi. Seperti saya saat ke Pontianak dari Lampung dan Jakarta. Meski menggunakan Pesawat Sriwijaya kelas ekonomi saya masih dapat makan.
Jadi kesimpulannya adalah, perbedaan harga mempengaruhi ya guys. Dan masih ada beberapa fasilitas di kelas bisnis yang bisa didapatkan. Karena saya belum pernah mencoba secara langsung mungkin ada yang lebih atau kurang. Setidaknya itu yang bisa saya pahami. Begitupun fasilitas antar maskapai penerbangan. Ini berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan maskapai penerbangan dalam beraktifitas.
Oh iya, Anda sudah tahu belum, kita bisa cek pesawat delay lewat google loh. Coba deh baca artikel berikut ini Cara Cek Pesawat Delay Lewat Google.