Pusat Oleh-Oleh Sekitar Stasiun Kereta Api Purwokerto


Pusat Oleh-Oleh di Sekitar Stasiun Kereta Api Purwokerto yang berhasil dirangkum Menulis Indonesia adalah sebagai berikut :

Pusat Oleh-Oleh Sekitar Stasiun Purwokerto

PUSAT OLEH – OLEH
ALAMAT
Toko Kripik Sawangan
Jalan Jend Sutoyo No 23
Toko Oleh-oleh Mirasa Sokaraja
Jalan Soepardjo Rustam Sokaraja Kulon Kabupaten Banyumas
Toko Eka Sari
Jalan Soepardjo Rustam 70 Sokaraja Kabupaten Banyumas
Toko Getuk Goreng Haji Tohirin
JL. Jendral Soedirman No 41-141
Pusat Oleh Pratista Hasta
Jl. Jenderal Soedirman Selatan, Alun-alun Purwokerto
Seperti yang kita ketahui, Stasiun Purwokerto (PWT) merupakan stasiun kereta api yang berada di pinggir Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, tepatnya di Kober, Purwokerto Barat, Banyumas.
Stasiun ini terletak pada ketinggian +75 m dan merupakan stasiun terbesar yang berada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi V Purwokerto. Sebagai stasiun besar, semua kereta api penumpang yang melewati jalur kereta api Prupuk-Kroya pasti berhenti di stasiun ini.
Stasiun ini memiliki tujuh jalur aktif dengan jalur 2 sebagai jalur utama/sepur lurus untuk jalur tunggal dari/ke Kroya-Yogyakarta-Surabaya dan juga untuk jalur ganda arah hulu (ke Cirebon-Jakarta) serta jalur 3 sebagai sepur lurus untuk jalur ganda arah hilir (dari Cirebon-Jakarta), keduanya berfungsi sebagai jalur kedatangan dan keberangkatan KA;
jalur 1 digunakan apabila di jalur 2 dan 3 ada KA; jalur 4-6 biasanya untuk parkir lokomotif dan rangkaian KA. Dari jalur 7 terdapat tiga jalur tambahan untuk langsiran KA dari dan ke dipo lokomotif maupun dipo kereta yang terletak di barat laut stasiun. Semua jalur selain jalur-jalur yang terhubung dengan dipo tersebut terhubung langsung dengan jalur utama.
Saat ini stasiun ini merupakan stasiun ujung timur jalur ganda lintas selatan Pulau Jawa yang akan menghubungkan Jakarta-Surabaya. Dengan adanya jalur ganda tersebut, rute Jakarta-Purwokerto maupun sebaliknya sudah dapat ditempuh selama rata-rata lima jam saja.
Dalam beberapa tahun ke depan jalur ganda tersebut akan disambungkan secara bertahap dengan jalur ganda Kutoarjo-Yogyakarta-Solo, kemudian dilanjutkan hingga Madiun, dan terakhir ke Surabaya.
Nah, selain memiliki beberapa tempat pusat oleh-oleh, Stasiun Purwokerto juga ada paket untuk wisata di tempat wisata yang berada di kisaran Purwokerto.