ACT Lampung di dalam Catatan Relawan Kemanusiaan


Menulis Indonesia – Video pun diputar tentang mereka yang menjadi korban terkapar di antara air-air kering memerah darah, di antara kemunafikan negara-negara pemburu kuasa, menyerang membabi buta dan tak lagi menjadi dirinya sebagai manusia.
ACT Lampung
ACT Lampung, Tapis Blogger dan Dunia Indra Berbagi Informasi Dunia
Ghouta... Ghouta... Ghouta... Ghouta Memerah Darah...
“Stop Ghouta Memerah” Suara itu pecah terdengar. Seorang ibu yang tak kuasa setelah melihat tayangan di sebuah ruang berukuran kurang lebihnya 4x6 meter. Di antara dinding-dinding putih ia menangis, ia menyampaikan sesuatu kepahitan kepada banyak orang yang sedang berada dihadapannya.
Orang-orang yang juga iba, hatinya dibarit-barit, bahkan pikiranya mulai panas, ingin berteriak, atau bahkan ikut berperang. Tapi apa senjata yang bisa dipergunakan, orang-orang di ruang itu pun diam, seketika hening, tangisan sang ibu yang mengandaikan anak-anak di Ghouta adalah anaknya itu lagi-lagi menderah, tertusuk pada hati dan pikiranku yang juga hadir. Aku seperti disayat akal sehat kemanusiaan. Lalu, kemana aku selama ini?
Ghouta... Ghouta.. Ghouta.. ruang-ruang ketidak adilan, perperangan masih mendera, sementara orang-orang sibuk memikirkan dirinya sendiri, di sinilah saya menjadi orang yang merasa paling berdosa.
ACT Lampung
ACT Lampung Untuk Ghouta
Tak salah. Betul-betul tak ada yang salah. Nalarku mulai berbicara. ACT Lampung membuka dari bab ke bab selanjutnya tentang memanusiakan manusia. Bukan sekedar manusia berbicara manusia. Manusia yang menyombongkan manusia. Atau manusia yang membanggakan manusia.
Ruang itu yang tiba-tiba hening adalah ruang ACT Lampung. ACT Lampung tentunya dianungi oleh ACT Indonesia, yang dimiliki negara tercinta Indonesia. ACT ya, ialah Aksi Cepat Tanggap, berdiri 21 April 2005.
ACT Lampung yang belum lama ini hadir pun ikut terus bergerak, membentuk relawan-relawan, menghadirkan dan menciptakan manusia yang memanusiakan kemanusiaan, kepeduliaan di asah, rasa asih ikhlas pun berbaris selaras.
ACT sendiri merupakan lembaga kemanusiaan global yang memiliki visi membangun peradaban global yang lebih baik. ACT didukung donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan CSR.
Umi Dian, ya Umi Dian, seorang ibu yang juga bagian dari ACT Lampung yang tadi kusebut namanya menangis setelah mendengarkan video kekejaman rezim dunia di Ghouta, meski tak menjabarkan detil seperti apa yang telah saya jabarkan di atas, tapi setidaknya saya mencoba menalir garis-garis yang bisa saya tulis.
Ia masih menangis sambil berkata dan tetap suaranya lantang sepenggal terbata-bata air mata yang masih saja mengurai. Sementara saya sedang memaknai makna tentang apa yang telah saya degar :
Yang kaya harta bisa berbagi dengan mensisihkan hartanya.
Yang punya tahta bisa berbagi dengan kesempatan pemberian sarana dan program kerjasama melalui kebijakan.
Yang punya kata bisa sampaikan informasi dan ilmu pengetahuan, lalu ajaklah dan gugahlah si pemilik harta dan tahta mengeluarkan apa yang mereka bisa untuk turut serta menjadi seorang manusia yang turut serta mewujudkan peradaban dunia, mengasah kedermawanan dan kerelawanan sebagai orang yang bermasyarakat, bahkan menjadi bagian yang benar-benar membawa perubahan, dengan cara yang bisa dilakukan.
Inilah yang harus saya catat pertama kali. Betapa ngeri. Seandainya Ghouta itu Indonesia. Mati-matilah perlahan nyawa kami. Lalu anak-anakku kelak, masa depan yang tak lagi bisa diterka. Lahirpun menjadi pilu. Semoga Indonesia tak diserang orang-orang gila itu, orang-orang yang otaknya kosong menyerang dan memberangus manusia-manusia tak berdosa. Mari kita berdoa.

ACT Lampung, Tapis Blogger, dan Dunia Indra Berbagi Informasi Dunia

ACT Lampung
Tapis Blogger Gathering Bersama Dunia Indra di Kantor ACT Lampung
Ghouta adalah sebagian hal yang disampaikan. Membuka pintu hati. Membuka pikiran yang tengah membatu atau sedang dalam penjara tidak tahu. Acara tersebut ada dalam acara inti yang dikemas Tapis Blogger Gathering 4. Di mana acara ini selalu menghadirkan hal-hal yang informatif yang bisa saling belajar.
ACT Lampung dengan program pemaparan tentang kemanusiaan menjadi tuan rumah yang baik. Tapis Blogger berupaya selalu mendukung para blogger, baik pemula maupun mereka yang tengah berjalan menekuni karir blogger secara profesional. Sebuah komunitas yang terus berupaya menjadi besar di Lampung. Dunia Indra yang tak lagi diragukan kemampuanya dalam public speaking, menyampaikan apa yang ia sampaikan, dan berbekal travel blogger ia pun telah menjatuhkan rasa di beberapa negara.
Indra berbagi pengalamannya, sedikit lebihnya telah memberikan informasi kemampuanya sebagai seorang MC atau pembicara. Ia juga berbagi pengalamanya, banyak pengalaman, dari kampung hingga titihkan rasa di berbagai negara.
Semua dipertemukan. Semua berdoa. Bahwa yang baik akan terus menjadi baik. Yang buruk disadarkan dan turut serta menebar kebaikan.

Kontribusi ACT Terhadap Masyarakat Lampung

Pada akhirnya, di bagian penutup ini, saya harus kembali mengajak saudara-saudara pembaca, mengajak untuk menyelaraskan rasa dan berbagi kebaikan, kenapa tidak? Mohon sejenak direnungkan.
ACT yang hadir di Lampung kini terus tumbuh besar mengajak kita semua berpartisipasi, baik dalam progam internasional maupun nasional. Dalam bentuk solidaritas kemanusiaan maupun qurban, zakat, wakaw dan lain halnya.
Di Lampung sendiri, ACT Lampung telah berkontribusi sebagai berikut :
1.        Peduli Anak Bakung dengan membagikan susus dan roti
2.        Peduli warga binaan lapas wanita dengan program seminar dan pemeriksaan papsmear
3.        Peduli korban banjir di perumahan ragom gawi
4.        Peduli keluarga pasien rumah sakit kelas 3 di 3 RS di Bandar Lampung dengan membagikan paket pangan
5.        Peduli anak dan potensi legundi
6.        Bazar charity dari dan untuk masyarakat lampung
7.        Pelatihan cinta quran dan rasul di pondok pesantren darul huffaz
8.        Ikut bazar charity di sekolah alam lampung
9.        Penyakuran donasi buku untuk perpustakaan masjid jabal nahl Lampung Tengah
10.     Bersinergi dengan kemenag untuk momen maulid nabi bersama Bapak Erie Sudewo Tokoh Nasional
11.     Mengisi caracter building bersama penyuluh agama islam se Lampung
12.     Kegiatan Rumah Umat Berkah memabagikan 2500 obat cacing untuk anak-anak
13.     Kegiatan Rumah Umat Berkah cek kesehatan gratis untuk manula
14.     Kegiatan Rumah Umat Berkah membagikan 1000 susu HILO untuk anak-anak
15.     Bazar Charity bersama Nuri Maulida, Nada Rivany, New Wendy dan Fatih Andika
Dan masih ada banyak lainnya. Semoga kedepan ada limpahan rezeki dan bisa menyalurkan sebagian rezeki bersinergi bersama ACT Lampung, lalu rezeki itu akan kembali lagi sebagai rezeki yang lebih besar, setidaknya menjadi amal shaleh yang selalu mendekatkan kita kepada pintu surganya Allah. Aamiin.