Ini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online


Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online - BPJS Ketenagakerjaan merupakan penyelenggara program jaminan sosial. Kehadiran BPJS ini juga merupakan tanggungjawab dan kewajiban negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat.
Maka, ada namanya jaminan hari tua (JHT). JHT bagi pekerja biasanya sudah dibayarkan perusahaan. Kalau kita ingin cek berapa saldo JHT kita di BPJS Ketanagakerjaan, caranya gampang, karena kita bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online.
Cara ini tentunya dapat kita lakukan bila para peserta BPJS Ketenagakerjaan masih dalam jangkauan internet. Lalu, bagaimana cara kita cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online hanya mengandalkan internet. Nah, kita sebagai pekerja dan juga peserta dapat mengakses informasi saldo JHT yang kita miliki tersebut melalui website BPJS Ketenagakerjaan, caranya seperti berikut ini :

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Kita cukup menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ yang kita miliki. Lalu, kita harus kunjungi website resmi milik BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Atau kita bisa langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.
Cara selanjutnya, kita akan diminat untuk memasukkan user ID dan password yang kita miliki di Login. Ini bisa dilakukan jika kita sudah pernah mendaftar. Kalau belum silahkan daftar lebih dahulu. Karena jika baru (belum pernah mendaftar), memang diharuskan kita untuk mendaftar lebih dulu dengan cara klik tulisan Registrasi pada menu Tenaga Kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja).
Tahapan selanjutnya, ketika mendaftar, kita bisa pilih jenis keanggotaan sebagai Tenaga Kerja dan isilah form yang sudah tersedia, tentunya dengan data diri yang lengkap dan benar sesuai dengan KTP atau kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki.
Selanjutnya, pilih kolom setuju pada kolom ketentuan penggunaan layanan. Dan bila data sudah terisi lengkap dan benar, silakan klik Daftarkan atau SUBMIT DATA.
Nah, setelah kita merasa semuanya sudah selesai dan sudah terdaftar, kita tinggal menunggu email konfirmasi sebagai bentuk balasan pesan SMS dari nomor HP atau nomor telepon untuk aktivasi akun yang telah kita lampirkan.

Baca : Cara Perhitungan Bonus Driver Go-Car di Indonesia

Jika sudah menerima email atau SMS konfirmasi, maka yang harus kita lakukan adalah memasukkan kode aktivasi ke alamat yang telah tersedia. Lalu kita klik tombol kirim. Hal ini dimaksud agar User Id dan Password yang kita lampirkan sebelumnya dapat digunakan.
Setelah itu kita bisa cek email. Jika sudah aktif, maka sudah dapat langsung cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online, tentunya dengan cara Login terlebih dahulu menggunakan email yang sudah didaftarkan dan PIN yang sudah diterima.
Tahapan Selanjutnya Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online :
-      Setelah masuk menu member BPJS  Ketenagakerjaan, pastikan pilih menu lihat saldo JHT.
-      Kemudian pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan, silakan klik tombol SUBMIT, dan jumlah saldo akan muncul di layar.
-      Setelah puas mengetahui jumlah saldo, kita dapat kembali ke kolom home dan browsing dengan me-klik menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, misalkan seperti tautan informasi rincian Saldo JHT tahunan, atau informasi Profil Anda, atau simulasi Saldo JHT, dan bahkan formulir pengajuan klaim yang dilakukan secara online.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Bagi para pengguna HP smartphone, misal seperti Blackberry, Apple, dan Android kita bisa memasang aplikasi terlebih dahulu. Tentu dengan cara download aplikasi BPJSTK Mobile untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Berikut cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via smartphone :
-      Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Playstore atau Apps Store.
-      Setelah di-download, silakan install aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di smartphone.
-      Jika sudah ter-install, selanjutnya tinggal setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS Anda.
-      Atau dapat login ke alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile.
Tahapan selanjutnya baru masukkan email yang didaftarkan dan PIN akun BPJS. Dan bagi yang sudah memiliki akun lama Jamsostek, bisa langsung login menggunakan ID dan password akun lama yang dimiliki tersebut. Dan yang belum memiliki bisa mendaftarkan lebih dulu.
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS
Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS juga bisa kita lakukan. Bahkan sangat mudah. Terlebih para pekerja juga menyukai melakukan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui SMS.
Dan melalui cara tersebut, pekerja pun tidak dibuat repot untuk antre di Kantor BPJS Ketenagakerjaan dan tidak dipusingkan untuk beli perangkat komputer atau bahkan smartphone.
Nah, bagaimana cara cek saldo BPJS lewat SMS, caranya mudah kita hanya harus mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan, kemudian kita akan mendapatkan balasan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan.
Akan tetapi, sebelum itu, pekerja yang akan mendaftar sebagai peserta tentunya harus melakukan registrasi agar dapat melakukan cek saldo karena telah memiliki status kepesertaan sebagai pengguna BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS.
Berikut ini format SMS: Ketik: DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, kemudian kirim SMS  ke 2757  Contoh: DAFTAR SALDO#0321035798112017#SOFYA PUSPASARI#13-07-1979#123412345 kirim ke 2757.
Selanjutnya pendaftar akan mendapatkan balasan SMS yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123412345.
Jika Nomor Peserta sudah didapatkan, Anda dapat langsung cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut: Ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. Contoh: SALDO 123412345 kirim ke 2757. Kemudian akan dapatkan balasan SMS yang berisikan tentang saldo JHT Anda.
Layanan SMS 2757 hanya bisa digunakan untuk peserta dengan nomor operator Telkomsel, Indosat, dan XL.
Ganti Nomor Handphone Ketik: DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP, kirim ke 2757. Contoh: DAFTAR GANTI HP#087899726180#0321035798112017 kirim SMS ke 2757
Ganti Pin BPJS Ketik DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)#Pin lama#Pin baru. Contoh: DAFTAR GANTI PIN#111111#999999, Kirim SMS ke 2757
Nah, panjang singkatnya seperti itu cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online yang bisa kita lakukan. Mudahkan. Semoga bermanfaat.