Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Tips aman berpuasa bagi penderita diabetes
Aman nggak sih penderita diabetes berpuasa? Apakah penderita diabetes tidak dianjurkan untuk berpuasa? Karena dalam keadaan sakit diabetes akan susah untuk berpuasa? Dan lain-lain pertanyaan yang selama ini beredar. Lalu ada juga yang bertanya, bagaimana tips berpuasa bagi penderita diabetes? Apakah polanya sama atau bisa dibedakan atau bahkan ada trik khusus. Karena ada syarat bagi penderita diabetes untuk bisa berpuasa. Nah, berikut ini saya paparkan tips aman berpuasa bagi penderita diabetes

Tips #1 : Perhatikan Jadwal, Jumlah, dan Jenis Makanan
            Pada dasarnya, penderita diabetes bisa tetap berpuasa jika kadar gula darah terkendali, kurang dari 180mg/dl. Pada kondisi tersebut penderita diabetes sudah cukup aman dan sehat untuk berpuasa. Bila gula darah sudah berada pada posisi 60mg/dl atau bahkan kurang pada masa awal puasa, penderita harus segera membatalkannya. Agar kondisi gula gula darah tetap terkendali, perhatikan makanan berlemak dan perbanyak serat. Usahakan makan sesuai porsi biasa dan tidak berlebihan saat berbuka. Sangat disarankan untuk membagi waktu makanan saat berbuka, sepulang tarawih, dan saat sahur.

Tips #2 : Perhatikan Asupan Air
            Selain makanan, asupan air ke dalam tubuh juga dinilai perlu diperhatikan agar tidak timbul dehidrasi. Penderita diabetes dengan kadar gula darah kurang dari 180mg/dl disarankan untuk tidak berpuasa sebab pada kondisi ini urien penderita mengandung banyak gula sehingga ia sering buang air kecil. Minum air dalam jumlah yang cukup membantu penderita mencegah terjadinya dehidrasi.

Tips #3 : Kontrol Kadar Gula Darah Sebelum Berpuasa
            Penderita yang mengalami peningkatan kadar gula menjadi 300mg/dl pun harus segera membatalkan puasanya. Pada kondisi ini, penderita mungkin bisa terkena ketoasidosis atau darah menjadi asam. Jika penderita merasa sangat lapar, keluar keringat dingin, dan jantung mulai berdebar kencang, segera air gula atau makan makanan yang manis seperti permen dan kue.

Nah, itu tadi tips yang bisa digunakan bagi penderita diabetes yang tetap ingin berpuasa. Perhatikan baik-baik ya. Jika kadar gulanya tidak memungkinkan lebih baik tidak untuk berpuasa terlebih dahulu. Demi keamanan diri anda sendiri,

Bagi penderita diabetes, pengendalian diabetes yang baik sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya dan mencegah terjadinya komplikasi di kemudian hari yang dapat mengusik kenyamanan hidupnya.