Tempat-Tempat Wisata di Lampung Ini Bisa Membuatmu Gagal Move On

Tempat-Tempat Wisata Di Lampung
Cari tempat-tempat wisata di Lampung? Lampung punya banyak tempat wisata yang bakal membuatmu gagal move on, dan selalu pengen datang lagi ke sana. Karena Lampung terdapat banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan baik bersama keluarga maupun orang-orang tersayang lainnya.

Luas perairan laut Provinsi Lampung, kurang lebihnya 24,820 km persegi atau 41,2% dari wilayah Provinsi Lampung dan memiliki panjang garis pantai Provinsi Lampung, kurang lebihnya 1.105 km. Lampung juga memiliki 130 buah pulau kecil. Sementara luas Provinsi Lampung 35.376,50 km persergi. Pulau-pulauyang ada di Lampung sebagian besar terletak di Teluk Lampung, di antaranya, Pulau Legundi, Pulau Tegal, Pulau Kelagian, Pulau Darot, Pulau Sebesi, Pulau Sebuku, Pulau Krakatau, Pulau Tanjung Putus, Pulau Pahawang, dan Pulau Tabuan. Di Wilayah Barat, Lampung juga punya pulau yang cukup dikenal yakni Pulau Tampang dan Pulau Pisang. Tak hanya itu saja. Keanekaragaman Adat dan Budaya Provinsi Lampung juga menjadi destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi.

Bagi anda yang mencari tempat wisata di Lampung yang etnik dan apik, terlebih indah banget sampai membuat kalian gagal move on, nih dia panduan dalam memilih lokasi wisata terbaik di Lampung yang menyuguhkan nuansa alam yang asri dan keindahan yang membuat anda sulit untuk move on dan berpaling meninggalkan Lampung.

Berikut ini alamat lokasi wisata Lampung dan tempat-tempat wisata di Lampung:
1.     Tempat Wisata di Kalianda, Lampung Selatan:
Sebagai serambi sumatera atau kabupaten yang langsung berbatasan dengan Selat Sunda dan Pulau Jawa, Lampung Selatan memiliki garis pantai yang sangat panjang, yakni mencapai 200 km. Lampung selatan menjadi daerah yang juga banyak menyediakan tempat liburan bagi para wisatawan. Berikut ini tempat wisata di Lampung Selatan:
a.      Anak Gunung Krakatau
Lokasi terdekat terletak di kawasan Bakauheni, Lampung Selatan. Untuk mengakses ke anak gunung krakatau, anda harus menuju ke dermaga canti, Kalianda, Lampung. Waktu yang ditempuh sekitar 45 menit. Nah, disana bisa menyewa kapal. Anak gunung krakatau ini adalah gunung api yang muncul setelai gunung krakatau meletus pada tahun 1927. Anak gunung krakatau menjadi destinasi wisata cagar alam. Dan ini masih aktif loh guys. Hati-hati ya.
b.      Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi
Pulau sebuku ini ada pulau sebuku kecil dan pulau sebuku besar. Nah, lokasinya masih sama dengan anak gunung krakatau. Satu paket perjalanan. Begitupun dengan Pulau Sebesi. Rasakan kerukunan warga kepulauan dan nikmatnya memanjakan pandangan mata dengan birunya laut dan ikan yang indah ya guys.
c.       Lagoon Cabe, Pulau Gunung Krakatau atau dikenal dengan Pulau Gunung Rakata
Lokasinya terletak di kawasan gunung krakatau induk yang pernah meletus dengan dahsyat. Nah, lagoon cabe ini katanya menjadi spot terbaik yang berada di kawasan cagar alam krakatau. Karena perairannya jernih loh. Anda bisa melihat sampai dasar laut.

2.     Tempat Wisata di Bandar Lampung
Ibu Kota Provinsi Lampung yang lagi kekinian banget sama fly over nya, juga ada tempat wisata loh. Sebagai ibu kota, aktifitas perekonomian sangat pesat. Makanya, tempat hiburan hingga hotel, restaurant, cafe, dan pusat perbelanjaan terus menjamur memadati pemandangan kota. Tempat-tempat tersebut juga menjadi tempat hunting yang unik bagi para komunitas dan anak-anak muda di Lampung. Berikut tempat wisata di Bandar Lampung:
a.      Taman Kupu-Kupu Gita Persada dan Taman Rusa Wan Abdurahman
Kecantikan kupu-kupu menjadi pilihan tempat ini selalu diburu para traveler. Khususnya, perempuan. Alamat taman kupu-kupu terletak di kaki gunung betung, kecamatan Kemiling. Dari pusat kota hanya butuh waktu 15 menit kalau tidak macet. Sebelum sampai di taman kupu-kupu, anda bisa mampir terlebih dahulu ke penangkaran rusa Wan Abdurahman.
b.      Pulau Pasaran
Kalau kalian bosan dengan segala hal, datanglah ke pulau pasaran (Selengkapnya Pulau Pasaran baca : Lokasi Terindah Menikmati Senja Berpulang di Bandar Lampung). Nikmati senja yang berpulang pada malam. Sunset dan sunrise yang indah bertemankan aktifitas masyarakat kepulauan. Kalau pagi hari kita bisa lihat sunrise di pulau pasaran bertemankan kapal-kapal bersandar begitu rapih. Siang harinya ada aktifitas nelayan yang menjemur ikan dan teri. Diolah menjadi ikan asin ataupun teri tawar. Sore harinya, jangan lupa saksikan kemesraan senja di pulau ini.


3.     Tempat Wisata di Pesawaran
Kabupaten Pesawaran terdiri atas 37 (tiga puluh tujuh) pulau. Tiga pulau yang terbesar adalah Pulau Legundi, Pulau Pahawang, dan Pulau Kelagian. Kabupaten Pesawaran juga mempunyai beberapa gunung yaitu Gunung Ratai di Kecamatan Padang Cermin dan yang tertinggi adalah Gunung Pesawaran di Kecamatan Kedondong dengan ketinggian 1.662 m. Sungai terpanjang di Kabupaten Pesawaran adalah Way Semah, dengan panjang 54 km dan daerah aliran seluas 135,0 km2. Sedangkan aliran sungai-sungai kecil diantaranya Way Penengahan, Way Kedondong, Way Kuripan, Way Tahala, Way Tabak, Way Awi, Way Padang Ratu, Way Ratai, dan lain-lain. Berikut tempat wisata di Pesawaran:
a.      Pulau Pahawang
Pulau Pahawang menjadi pulau yang memukau dengan obyek wisata taman lautnya yang indah. Pahawang menjadi surganya para penghobi snorkeling, diving, dan fotografi. Bayangkan saja, air yang jernih, terumbu karang yang penuh pesona, dan berbagai jenis koral dan ikan-ikan cantik yang berwarna-warni, dan ini menjadi daya tariknya Pulau Pahawang. Untuk menuju Pulau Pahawang, anda bisa masuk lewat dermaga ketapang. Dari pahawang anda bisa langsung menuju Pulau Legundi, Pulau Kelagian, Tanjung putus, maitem, dan Pulau-Pulau lainnya. Karena dermaga ketapang saat ini menjadi dermaga antar pulau yang ada di Pesawaran.
b.      Pantai Mutun dan Pulau Tangkil
Pantai mutun cukup dikenal. Karena pada awalnya, pantai mutun menyediakan jasa penyebrangan ke pulau, yakni pulau tangkil. Saat ini di pantai mutun dan pulau tangkil terus penuh wahana yang bisa dicoba pengunjung. Pantai ini sangat padat sekali saat libur lebaran dan tahun baru.
c.       Pantai Sari Ringgung
Tak kalah tenarnya. Pantai ini juga menyjikan spot foto yang menarik bagi pecinta fotografi, baik dari properti di laut maupun dari atas bukit. Melalui pantai sari ringgung kita bisa nyebrang ke pasir timbul dan pulau tegal.
d.      Karang menyinguk, teluk hantu, pantai batu payung, pulau wayang, dan beberapa pulau lainnya.
Tepatnya di labuan jaya, anda bisa menikmati banyak tempat, dari pantai sampai pulau, dan bahkan katanya di tempat ini kerap ditemukan lumba-lumba.
e.       Air Terjun
Di Pesawaran tidak hanya pantai, pulau, dan laut lepas saja yang bisa dinikmati. Bahkan, di kabupaten pesawaran ini juga banyak air terjun yang bisa kita nikmatin. Hampir rata-rata disetiap kecamatan memiliki air terjun. Dari air terjun sinar mulya sampai padang cermin, dan taman hutan raya yang dikelola oleh pemerintah provinsi pun bisa dinikmati para pengunjung. Jelas air terjun di pesawaran sudah dikelola kelompok sadar wisata, jadi kalau mau ke sana sudah ada pemandunya. Dan air terjun patut dicoba.

4.     Tempat Wisata di Pringsewu
Pringsewu memang bukan kawasan wisata. Tapi, pringsewu punya tempat wisata yang nggak kalah dari kabupaten/kota yang wilayahnya masuk kawasan tempat wisata. Kabupaten Pringsewu terus menata kabupatennya agar memiliki tempat wisata yang patut dikunjungi karena keindahannya. Inilah tempat wisata di Pringsewu yang oke punya:
a.      Talang Air Pringsewu
Talang air di pringsewu terletak di Desa Pajaresuk. Talang air ini adalah bangunan irigasi bersejarah yang dimiliki Pringsewu. Bangunan hasil penjajahan Hindia Belanda saat Belanda di Indonesia. Ke sini hanya ditarik biaya parkir, dan anda bisa foto sepuasnya. Tapi ingat harus hati-hati dan selalu gandeng pasangan yang anda bawa ya.
b.      Bukit PJR Pringsewu (Selengkapnya baca :  Bukit PJR Pringsewu : Destinasi Wisata Nge-Hits di Pringsewu)
Bukit PJR atau bernama lengkap Panjarejo Pringsewu. Bukit yang menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Pringsewu. Dari Bandar Lampung anda bisa ambil pengkolan ke kiri hingga sampai di bukit yang menyajikan pemandangan alam seperti sawah dan perkampungan. Di sini lagi hits foto di atas ketinggian dengan latar sawah-sawah dan kampung loh. Udara yang sejuk dan perjalanan yang sangat hijau semakin membuat mesra perjalanan anda.

c.       Bukit Pangonan
Di bukit pangonan ada banyak spot foto yang memanjakan intuisi fotografi anda. Drai rumah pohon, rumah payung, jembatan love dan lain halnya bisa anda temui ditempat ini.

5.     Tempat Wisata di Tanggamus
Tempat-tempat wisata di Tanggamus merupakan salah satu primadona yang ada di Provinsi Lampung. Dengan posisi Tanggamus yang berada di daerah garis pantai dan laut lepas, Tanggamus memiliki kawasan wisata andalan yakni spot bertemu dengan lumba-lumba. Berikut tempat wisata di Tanggamus yang patut dikunjungi:
a.      Teluk Kiluan
Teluk kiluan adalah tempat wisata yang siap memanjakan anda bertemu dengan lumba-lumba. Alamat teluk kiluan berada di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus. Di sini juga anda bisa menikmati sunrise dan sunset.
b.      Pantai Gigi Hiu
Terkenal dengan nama pantai gigi hiu, karena banyaknya karang tajam yang menyerupai gigi hiu. Dulunya terkenal sebagai pantai Kelumbayan. Alamat pantai gigi hiu terletak di Desa Pegadungan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Memang pantai ini tidak bisa dijadikan sebagai arena snorkeling ataupun berenang. Karena pantai ini menjadi lokasi fotogenik yang sangat apik. Bahkan, pantai ini sempat menjadi salah satu tempat syuting film traveler yang kece badai “The Nekad Traveler”
c.       Gunung Tanggamus
Siapa lagi yang tak kenal dengan Gunung Tanggamus. Kawasan bagi pecinta alam yang paling diminati di Provinsi Lampung. Para pendaki di Lampung kerap menghabiskan waktu akhir pekannya di tempat ini.

6.     Tempat Wisata di Lampung Tengah
Katanya Lampung Tengah tidak punya tempat wisata. Karena, tempatnya yang jauh dari wilayah bentangan pariwisata. Wah kata siapa? Nih tempat wisata di Lampung Tengah:
a.      Puncak Bukit Batu Bara Linggapura
Alamat puncak bukit batu bara Linggapura ini terletak di Desa Linggapura, Kecamatan Selagai Linggai.  Kini tempat yang dikenal bukit linggapura ini menjadi salah satu tempat wisata yang hits dan kerap dikunjungi para traveler. Wahana wisata ke puncak harus dilalui dengan trecking. Kalau ramai-ramai pastinya perjalanan akan berlangsung seru.


7.     Tempat Wisata di Lampung Timur
Kalau ke Lampung Timur apa yang diingat? Yup, pasti semua sepakat Lampung Timur itu Taman Nasional Way Kambas. Karena memang, Lampung Timur telah dipilih oleh pemerintah sebagai tempat perlindungan satwa gajah Sumtera. Karena banyaknya populasi gajah di kawasan yang ada di Lampung Timur. Inilah tempat wisata di Lampung Timur:
a.      Taman Nasional Way Kambas
Berdiri pada tahun 1985, taman nasional way kambas merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia yang dulunya bernama Pusat Latihan Gajah (PLG). Kalau sekrang kalau tak salah namanya telah ganti menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan menjadi tempat pelestarian gajah sumatera untuk tetap hidup, dan menjadi pusat penjinakan gajah liar, pelatihan, perkembangbiakan, dan tentunya konservasi. Selain gajah di sini juga melindungi beberapa hewan yang hampir punah, seperti badak dan harimau sumatera.
b.      Situs Purbakala Pugung Raharjo
Taman purbakala Pugung Raharjo ini merupakan situs purbakala yang ada di Provinsi Lampung. Aneka macam arkelog dan artefak ditemukan di tempat ini. Alamat taman purbakala ini terletak di Desa Pugung Raharjo, Lampung Timur. di taman ini juga pernah ada salah satu buku novel melakukan pemotretan, bukunya kalau nggak salah berjudul Begal Cinta. idih, seru ya. Selain sebagai wahana wisata, tempat ini juga kerap dijadikan ritual. Wah lengkap wisata edukasi dan wisata religi nih.
c.       Pantai Kuala Kambas
Lampung Timur punya pantai loh, namanya pantai kuala kambas. Alamat pantai kuala kambas terletak di batas timur taman nasional way kambas. Banyak pohon cemara loh. Kaya di lagu-lagu itu.

8.     Tempat Wisata di Pesisir Barat
“Kabupaten Pesisir Barat diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum,” sekiranya itulah anggapan di negeri Para Saibatin. Sungguh, ada banyak surga wisata di Pesisir Barat dengan segala keindahannya.  Sebagai salah satu kabupaten yang terletak di paling ujung wilayah Lampung, Pesisir Barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Maka, sangat pantas, Pesisir Barat memiliki berbagai potensi pariwisata dan keanekaragaman budaya yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di luar Provinsi Lampung. Pesisir Barat memiliki panorama pantai yang begitu memukau. Ombak dan birunya air laut yang memanjakan mata. Lembutnya pasir pantai yang membius suasana. Serta aroma dan udara dari pephonan yang rindang semakin menyamankan suasana. Nampak jelas, Pesisir Barat punya segudang pesona. Berikut tempat wisata di Pesisir Barat;
a.      Goa Matu
Goa Matu adalah sebuah goa yang terletak di Desa Way Sindi, Kec. Penggawa. Berjarak 15 km atau 25 menit perjalanan dari Kota Krui. Goa ini terletak di tepi pantai. Meski dikenal goa biasa, goa ini dianggap simblo tatanan masyarakat lain selain manusia. Alias makhluk yang tidak kasat mata. Berbagai cerita mistis sering dihubung-hubungkan dengan goa ini. Jadi goa ini memang terkenal karena cerita mistisnya dan bahkan kerap dilakukan ritual mistis. Bagaimana, berani mencoba datang ke Goa Matu.
b.      Pulau Pisang
Sebuah pulau kecil yang indah. Ya, namanya sudah terkenal di mana-mana. Pulau Pisang. Sebuah kecamatan yang berada di tengah laut yang dimiliki Pesisir Barat. Pulau yang biasa dicapai dengan perahu motor dalam waktu kurang lebih 45 menit dari pelabuhan Kuala Stabas. Sekitar 15 menit dari desa Tembakak, sebuah daerah terdekat untuk menuju Pulau Pisang. Dengan luas wilayah 231 hektare dan 2346 jiwa atau 497 kepala keluarga, Pulau Pisang punya sejuta pesona. Selain kehidupan masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan. Di Pulau Pisang, kita bisa menikmati banyak spot foto. Di sini, silakan cari spot foto terbaikmu. Di Pulau Pisang juga ada wisata kebudayaan dan sejarah. Dari menenun tapis hingga ziarah di makam keramat. Eh menuju Pulau Pisang juga kita bisa menikmati atraksi lumba-lumba. Biasanya lumba-lumba atraksi pada pukul 07.00-10.00. Di Pulau Pisang juga kita bisa memutari perkebunan warga dengan dimanjakan mata melihat deburan ombak dari ketinggian. Tebing-tebing dan karang yang terus didebur ombak tinggi, air laut yang biru semakin memanjakan kedatangan wisatawan. Sungguh, aku tak ingin pulang ketika berada di sana.
Selain beberapa tempat tersebut, masih banyak lokasi yang bisa kita kunjungi. Seperti Labuhan Jukung Krui, yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Di sini, saya melihat senja yang berpulang. Bagaimana matahari terbenam dan berganti malam. Bagaimana mesranya ombak lautan dengan warna keemasan dari cahaya matahari yang tengah turun. Larut angin, melarutkan ingin, dan lupa kalau saya masih sendiri hingga saat ini.
Di Pesisir Barat juga banyak wisata air terjun yang bisa kita kunjungi. Bahkan ada juga pulau yang menjadi tempat penangkaran penyu di Muara Tembulih, Pekon Muara Tembulih Ngambur. Satu-satunya penangkaran biota luat yang ada di Pesisir Barat.
Ada juga pantai negeri ratu, pantai harapan, pantai matu, pantai tebakak, dan Pantai Tanjung Setia yang kerap dijadikan arena surfing. Disini juga disebut banyak orang sebagai tempat surga mempesona yang tersembunyi di sisi laut. Sebuah pantai yang terletak di jalur arus besar Samudera Hindia. Menjadikan pantainya memiliki karaktersitik ombak yang tinggi dan panjang. Ya, alhasil, menjadi surga para peselancar.
Ada juga batu lawang, pantai pugung walur, pantai sawung, pantai pugung penengahan, pantai pugung tampak, pantai melasti, pantai biha, pantai walur, pantai mandiri, pantai bambang, pantai lemong, hingga repong damar. Wah, betapa banyaknya destinasi wisata yang bisa kita kunjungi. Sungguh, menarik hati. Belum lagi banyaknya makanan khas di Pesisir Barat. Salah satunya, sate ikan tuhuk atau blue marlin.

 

9.      Lampung Barat
Kabupaten Lampung Barat 4 tahun lalu memiliki banyak tempat wisata. itu dikarenakan Pesisir Barat masih dalam bagian di Lampung Barat. Akan tetapi, saat ini juga Lampung Barat masih punya banyak tempat wisata yang memukai. Ini dia tempat wisata di Lampung Barat yang memukau:
a.      Gunung Seminung
1.881 mdpl ketinggian yang dimiliki Gunung Seminung. Gunung yang menawarkan sejuta keindahan dari ketinggian. Pemandangan yang luar biasa tersaji. Melihat danau ranau dan keindahan lainnya.
b.      Danau Suoh
Alamat danau suoh terletak di Desa Suka Marga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Eksotik danau dan lembahnya yang terhampar membuat perjalanan teramat menyenangkan. Para pengejar foto, di tempat ini bisa menjadi moment terbaik.
c.       Danau Ranau
Tak lagi disanksikan keindahan danau ranau. Tempat yang sejuk dan menyegarkan membuat danau ranau selalu menjadi pilihan untuk berwisata. Terletak di kaki gunung seminung, danau ranau menjadi tempat foto yang apik.
d.      Wisata Paralayang
Alamat wisata paralayang Lampung Barat tidak jauh dari Danau Ranau, di Kecamatan Lumbok Semuning, dari ketinggian 400 mdpl kita akan dimanjakan terbang menyaksikan pemandangan yang menarik.

10.             Way Kanan
Wisata Way Kanan terkenal dengan wisata alamnya. Inilah tempat wisata di Way Kanan:
a.      Air Terjun Putri Malu dan Sumber Air Panas
Alamat Air terjun putri malu berada di Kampung Jukuh Batu, Kecamatan Banjit. Selain air terjun putri malu di tempat ini ada juga pemandian air panas. Putri Malu dan Sumber Air Panas memiliki cerita legenda yang tidak bisa dipungkiri. Ketinggian air terjun putri malu sendiri mencapai 80 meter.
b.      Wisata Lestari Ekobudaya Gedung Batin
Di sini kita akan lebih mengenal tentang rumah adat yang telah berdiri selama 3 abad lamanya. Belum pernah direhab namun masih berdiri kokoh. Rumah panggung asli adat Lampung berukuran 12 x12 meter. Keisitmewaan rumah adat ini adalah sebagai saksi perdagangan antar negara pada zaman dahulu.


Biasakan Tulis Komentar Usai Membaca