Cara Mudah Membaca Pikiran Orang Lain

Bagaimana cara membaca pikiran seseorang? Banyak pertanyaan muncul tentang membaca pikiran seseorang, dan ternyata membaca pikiran bukanlah hal yang mustahil. Kita bahkan bisa menyimpulkan seketika melihat bahasa isyarat tubuh, hanya dengan mengamati gerakan mata.
Belajar membaca pikiran seseorang sangatlah bermanfaat. Karena tanpa kita sadari kita membutuhkan ilmu-ilmu dasar membaca pikiranseseorang untuk menggambarkan situasi hati seseorang. Misalkan, seorang anak terlihat alisnya miring, hal itu menunjukan bahwa anak sedang menunjukan wajah marah.
Contoh lainnya, membuat bentuk mata kecil dengan alis melengkung untuk menunjukan rasa sedih. Bagaimana kita mengetahui hal tersebut? Jawabannya, secara naluri. Karena mata memang memiliki banyak maksud menggambarkan situasi seseorang, apakah dalam keadaan senang, sedih, marah, kecewa, dan lainnya.

Berikut yang harus diperhatikan, bagaimana cara membaca pikiran seseorang:
1.     Mata Berbohong
Ketika mengajukan pertanyaan kepada seseorang secara langsung, coba amati gerakan bola matanya. Kita akan dapat mengetahui apakah seseorang mengarang atau mengingat informasi melalui arah bola matanya. Artinya, jika kamu meminta orang tersebut menggambarkan pengalaman dan kemudian orang tersebut melihat ke atas kiri (arah konstruksi visual), ada kemungkinan orang tersebut mengada-ada dan bukan mengingat. Jika setelah menjawab ia lalu menatap ke bawah, bisa jadi ia sedang menunjukan rasa bersalah atau malu karena ia tahu bahwa pertanyaanya tidak benar.

2.     Mata adalah gerbang menuju kesadaran
Tatapan mata seseorang juga dapat memberitahu apakah seseorang berada dalam modus visual, auditori, atau kinestetik berpikir.
-          Modus visual berarti orang tersebut mendukung pikiran dengan gambar. Mata akan melihat baik ke atas atau ke depan dan tidak fokus.
-          Modus auditory berarti pikiran digambarkan sebagai suara. Pada saat orang akan melihat ke samping, di arah telinganya.
-          Modus kinestetik, artinya orang tersebut menggambarkan perasaan kamu. Mata biasanya akan menatap ke bawah.

Keempat modus tersebut tidak berdiri sendiri dan tetap harus mengandalkan beberapa isyarat tambahan untuk memutuskan apa sebenarnya yang ada di dalam benak orang lain.

3.     Mata dan hubungan interpersonal
Jika seseorang menatap mata anda secara langsung, anda mungkin akan merasa bahwa mereka orang yang dominan. Bisa jadi, ini tidak selalu benar. Karena lawan bicara yang kurang dominan pun terkadang merasa harus selalu menatap langsung untuk mengukur reaksi orang yang mereka ajak bicara. Mengabungkan gerakan mata bersama dengan bahasa tubuh lainnya merupakan indikator yang jauh lebih baik.
Lain dengan gerakan mata ke bawah, kontak mata sesaat dan kemudian ke bawah lagi. Kebanyakan perempuan secara tidak sadar menggunakan gerakan tersebut ketika menggoda seorang pria. Namun sekali lagi, kontak mata semacam itu harus diperkuat dengan bahasa tubuh menggoda lainnya.

4.     Otak kanan atau otak kiri

Arah mata seseorang mengunkapkan banyak hal tentang apa yang terjadi di dalam isi kepalanya. Banyak gerakan mata ke kiri atau kanan menunjukan seseorang apakah berpikir secara simbolik atau visual. Beberapa penelitian 75% dari gerakan mata memberitahu apakah seseorang dominan melihat kiri atau kanan. ini merupakan indikasi yang baik untuk mengetahui apakah anda berhadapan dengan orang dominan otak kiri yang lebih analitis atau orang dominan otak kanan yang kreatif.