Air Terjun Suhom di Aceh Besar, Air Terjun Eksotis di Aceh

Air Terjun Suhom di Aceh Besar
Air Terjun Suhom di Aceh Besar
Air Terjun Suhom di Aceh Besar – Wisata air terjun saat ini menjadi salah satu pilihan untuk pergi berlibur.
Jadi bukan lagi sekedar wisata alternatif untuk mengganti pantai, laut, dan taman serta yang lainnya.
Berwisata air terjun menjadi pilihan karena memang selain dapat menikmati keindahan alam tetapi juga bisa menikmati udara yang sejuk.
Seperti di Lampung misalnya, ada banyak tempat wisata air terjun yang bisa dikunjungi. Begitu juga, di daerah lainnya, Lampung, Bandung, Bogor, Aceh bahkan Papua.
Nah, berbicara air terjun di Papua yang pastinya indah, tak kalah indah juga air terjun di Aceh.
Tepatnya air terjun di Aceh Besar. Salah satu air terjun yang menjadi primadona di Aceh Besar adalah, air terjun Suhom.

Baca Juga: 100 Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal Keindahannya

Air terjun Suhom di Aceh Besar adalah salah satu tempat tujuan wisata air terjun di Aceh Besar yang ramah keluarga.
Karena seperti yang sudah disebut di atas, selain memiliki udara yang segar, tempat ini juga memiliki tempat yang bagus dan ramah untuk dikunjungi bersama keluarga.

Alamat Air Terjun Suhom di Aceh Besar

Alamat air terjun Suhom di Aceh Besar ini sendiri berada di Desa Kreung Kala, Kec. Lhoong, Kab. Aceh Besar, Provinsi Aceh.
Atau satu jam lebih untuk bisa sampai ke lokasi dari Banda Aceh. Kurang lebihnya 75 kilometer.

Lokasi Air Terjun Suhom di Aceh Besar

Untuk lokasi air terjun Suhom di Aceh Besar ini sendiri memang memiliki kondisi jalan raya yang sudah diaspal.
Tetapi, para wisatawan yang hendak berkunjung harus tetap berhati-hati. Kenapa?  Karena ada jalan yang memiliki tikungan curam, dan sisi tanjakan serta turunan yang cukup ekstrim.
Untuk sampai ke lokasi ada beberapa hal yang menakjubkan di perjalanan. Misal, pemandangan Aceh yang memang sangat luar biasa keindahannya.
Semua begitu jelas, di antara baris dua pegunungan hingga bisa sampai ke lokai air terjun.
Sepanjang pantai yang indah juga menjadi kiasan yang begitu indah. Lokasi air terjun Suhom sendiri seperti permata dibalik pergunungan.

Baca Juga: Nomor Telepon dan Alamat Kantor BPJS Kesehatan Aceh

Meski sulit dan terjal memang dicari para wisatawan. Maka, tak heran, jika yang pertama kali datang, dan penasaran diwajibkan untuk bertanya, dari pada sesat dijalan.
Atau setidaknya gunakan teknologi yakni GPS sebagai petunjuk arah. Oh iya, jika sudah akan dekat, lokasi untuk sampai ke air terjun juga cukup sempit dan sulit. Hanya bisa dilalui satu mobil saja.
Gemiricik air terjun akan merdu terdengar, di jarak 100 meter. Wisatawan akan mendengar sayup suara gemericik air terjun yang terjatuh di bebatuan.
Sampai akhirnya, air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih dari 50 meter itu bisa dinikmati di antara tebing-tebing perbukitan yang tumbuh pepohonan hijau nan subur.

Air Terjuh Suhom di Aceh Besar, Obyek Wisata Keluarga di Aceh

Air Terjun Suhom di Aceh Besar
Air Terjun Suhom di Aceh Besar
Merdu rasanya. Itulah yang bisa digambarkan saat berada di air terjun Suhom di Aceh Besar.
Pesona air terjun yang begitu canti di antara ketinggian alam yang masih terjaga, asri, dan alami. Apalagi di musi-musim tertentu, buah durian bisa dibopong untuk menjadi oleh-oleh.
Di air terjun ini, bisa dinikmati betul, semua kondisi udara yang belum tercemar oleh polusi apapun.
Maka pas dan pantas, jika air terjun Suhom di Aceh Besar disebut menjadi salah satu tempat yang menarik dan wajib dikunjungi untuk melepas penat dan lelah.
Kenapa? Alasannya sederhana, karena wisatawan yang hadir, selain tersuguhkan panorama alam air terjun yang mengagumkan dengan kesegaran gemericik air yang berasal dari mata air pegunungan, juga bisa refres padatnya aktifitas kerja dan perkotaan.

Wahana di Air Terjun Suhom

Air terjun Suhom di Aceh Besar ini ada tiga tingkatan. Setiap tingkatan memiliki keindahan yang berbeda-beda.
Dan disekeliling air terjun terdapat bebatuan besar. Biasanya bebatuan tersebut digunakan untuk wisatawan duduk santai sembari menikmati percikan air terjun yang segar dan gemericik merudnya.
Selain itu, ada juga kolam di bawah air terjun. Kedalaman kolam air terjun tersebut sekitar 2 meter dan lebarnya sekitar 5 meter.
Namun kolam ini tidak disarankan untuk anak anak, hanya untuk digunakan orang dewasa. Karena memang cukup dalam.
Untuk anak-anak, bisa menikmati aliran sungai yang menjadi terusan air terjun. Di sanalah anak-anak bisa mandi.
Memang dikenal dangkal. Hanya saja, setidaknya orang tua memantau, agar tetap waspada dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas Air Terjun Suhom di Aceh Besar

Air terjun ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Fasilitas yang dimiliki adalah lahan parkir yang cukup luas.
Selain itu ada kamar mandi untuk bilas dan bersih-bersih atau sekedar berganti pakaian.
Jika ingin shalat, tak jauh dari air terjun ada masjid dan mushola. Pengunjung juga bisa bersantai dengan menyewa tiker yang telah disewakan masyarakat.
Sementara untuk makan, ada tempat makan di sekitar air terjun Suhom di Aceh Besar. Kuliner khas Aceh maupun makanan instan seperti mie instant dan kopi bisa dinikmati di tempat ini.

Air Terjun Suhom Sumber Energi Listrik Warga Desa

Kagumnya lagi, ternyata air terjun Suhom di Aceh Besar bukan hanya dijadikan tempat wisata di Aceh Besar saja. Melainkan juga sebagai sumber energi listri warga desa sekitar.
Di tempat inilah ada bangunan yang telah didirikan pemerintah Pembangkit Listrik berbasis mikrohidro yang berada didekat lokasi air terjun.
Dan pada bulan-bulan tertentu, buah durian bisa dinikmati. Karena memang disekitar lokasi ada banyak pohon durian berdiri gagah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Suhom

Untuk menikmati segala macam keindahan yang telah disebutkan di atas, tak ada salahnya jika per orang hanya kena harga tiket masuk air terjun Suhom di Aceh Besar ini hanya Rp5 ribu saja.
Selain sudah dengan biaya parkir. Harga sebesar tersebut cukup terjangkau dan murah untuk wisata yang wah di Aceh Besar ini.

Baca Juga: Bengkel Perut Kota Metro Lampung, Tempat Makannya Anak Metro


Yuk ke Aceh Besar ke Air terjun Suhom. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih, salam, baca artikel lainnya ya.