Tips dan Tata Cara Naik Pesawat Transit

Menulisindonesia.com - Tips dan Tata Cara Naik Pesawat Transit. Ya itulah yang akan saya bagi di www.menulisindonesia.com. Bagi kamu yang memiliki pengalaman yang sama, bisa kok sharing informasi di kolom komentar tentang cara naik pesawat transit seperti apa?
Pesawat transit itu sama saja dengan pergi ke beberapa tujuan naik pesawat satu ke pesawat lain untuk melanjutkan perjalanan. Artiannya, naik pesawat lalu harus ganti pesawat ke penerbangan tujuan selanjutnya.
Ini nih pengalaman yang akan saya bagikan kepada para pembaca Menulis Indonesia. Saya beberapa kali melakukan perjalanan transit. Harus berganti pesawat. Di satu bandara ke bandara lainnya.
Tips dan Tata Cara Naik Pesawat Transit
Misal saat saya naik pesawat transit dari Lampung ke Yogyakarta, harus berganti pesawat dari Bandara Raden Inten dengan pesawat tipe 72 dan tujuan Soekarno Hatta. Lalu, di Soekarno Hatta harus ganti pesawat untuk menuju Yogyakarta Bandara AdiStujipto.
Begitupun saat penerbangan Jakarta – Bali, maupun sebaliknya Bali – Jakarta. Maluku – Lampung, Lampung – Maluku. Saya harus transit terlebih dahulu di Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Namun saat ini ada beberapa pesawat yang bisa diakses langsung, seperti Lampung ke Jogja, Lampung ke Surabaya, sudah ada pesawat yang menyediakan rute penerbangan secara langsung.
Nah, ini tips dan tata cara naik pesawat transit yang bisa kita sama-sama samakan persepsi. Bagaimana saat pesawat transit di Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Berapa Harga Tiker Pesawat Transit ?

Perlu kita ketahui, sebenarnya harga tiket pesawat transit itu tidaklah mahal. Artianya tidak berbeda jauh dengan harga tiket pesawat langsung. Bahkan beberapa teman ada yang menyatakan bahwa harga tiket pesawat transit lebih murah.

Kekurangan Saat Naik Pesawat Transit

Menggunakan pesawat transit dari satu bandara ke bandara lainnya untuk mencapai satu tujuan lokasi itu membutuhkan waktu yang lama. Mungkin ini yang menjadi kekurangan saat naik pesawat transit. Kita membutuhkan waktu penerbangan yang lebih lama. Karena apa? Karena kita harus turun terlebih dahulu dari pesawat yang kita naiki dari bandara pertama, dan kembali melaporkan penerbangan ke bagian transit, lalu baru naik pesawat lagi. Itupun perlu pakai menunggu dari beberapa menit hingga beberapa jam.

Sehingga, saat berpergian, waktu penerbangan yang biasanya cuma 1 jam bisa jadi 3 jam atau lebih hanya karena harus transit pindah pesawat. Itu kalau nggak pakai delay. Dan Anda bisa baca artikel berikut ini untuk mengetahui delay pesawat : Cara Cek Pesawat Delay Lewat Google.

Tips Naik Pesawat Transit

Berikut ini tips-tips saat naik pesawat transit yang harus kita pahami :
1.    Kenali Dulu Jenis-jenis Transit Pesawat : Ada beberapa jenis transit pesawat terbang yang harus kalian tahu sebelum kalian membeli tiket pesawat transit.
2.    Belilah tiket pesawat transit yang paling minim risiko.
3.    Transit pesawat beda maskapai beda pesawat. Saran saya beli tiket yang satu pesawat. Transitnya sudah di atur oleh maskapai atau penyedia jasa tiket penerbangan.
4.    Transit satu maskapai satu pesawat : Kalau ini kita cukup duduk tanpa harus keluar dari pesawat.
5.    Transit satu maskapai beda pesawat : Ada pilihan di sini. Ini seperti yang saya sarankan di nomor 3. Untuk transit pesawat satu maskapai beda pesawat, mau nggak mau kita harus turun dari pesawat, melapor ke bagian transit dan pindah pesawat, kemudian masuk lagi ke ruang tunggu naik pesawat (ruang tunggu boarding), lalu naik pesawat yang baru.
6.    Transit pesawat beda terminal : Untuk bandara yang besar, yang memiliki beberapa terminal yang terpisah, seperti Bandara Soekarno Hatta, terkadang saat transit pesawat harus pindah ke terminal  yang lain, terutama jika memilih transit pesawat beda maskapai.

Cara Naik Pesawat Transit Yang Harus Diketahui

Ini nih, cara naik pesawat transit yang harus kita ketahui, semoga saja bermanfaat, dan bisa menambah informasi berpergian anda. Apa saja sih langkah-langkah naik pesawat transit bahkan naik pesawat dari awal hingga akhir penerbangan dan sampai di bandara terakhir tujuan.
-      Saat naik pesawat transit, maka anda akan diberikan dua tiket atau dua boarding pass langsung yang berbeda.
-      Satu boarding pass untuk pesawat pertama dan boarding pass kedua untuk penerbangan selanjutnya. Kalau hanya satu boarding pass langsung konfirmasi ke customer service penerbangan.
-      Sebelum turun dari pesawat, dan mau pindah ke pesawat penerbangan selanjutnya, pramugari biasanya akan mengumumkan di dalam pesawat, bahwa penumpang yang transit dan akan melanjutkan ke penerbangan selanjutnya, silakan melapor ke bagian Transit dan Pindah pesawat dari maskapai yang bersangkutan.
-      Setelah turun dari pesawat, kita nggak perlu ambil bagasi. Karena bagasi pesawat transit sudah ada yang mengurus secara langsung sama maskapai untuk pindah pesawat berikutnya.
-      Yang harus kita lakukan adalah, pergi langsung menuju bagian Transit dan Pindah Pesawat. Jangan lupa baca layar informasi. Nantinya ada petunjuk arah kita ada di gate berapa dan pesawat apa yang akan menjadi penerbangan selanjutnya. Dan tidak perlu keluar bandara ya. Karena akan menghabiskan waktu untuk keberangkatan.
-      Nah ini dengarkan informasi sedetil mungkin. Bisa jadi penerbangan delay atau ada gate dipindah.
-      Setelah pesawat berikutnya sudah jamnya untuk boarding, kalian akan dipanggil untuk segera naik pesawat.
-      Di bandara tujuan terakhir kita akan turun. Silakan cek lokasi bagasi yang bisa kita ambil.
Oh iya, informasi terakhir nih, Cara naik pesawat transit Citilink, WingsAir, ExpresAir, Air Asia, Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda, dan maskapai lainnya, di berbagai penerbangan domestik di bandara yang ada di Indonesia hampir sama kok nggak jauh berbeda. Selamat menempuh perjalanan. Baca juga nih Terbang Nyaman Dengan Fasilitas Pesawat Garuda Kelas Ekonomi.