Cara Membuat Kalimat pembuka Cerpen yang Menarik

Cara membuat kalimat pembuka cerpen
Menulis Indonesia – Berikut ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat pembukaan cerpen yang menarik. Seperti yang kita ketahui, cerita pendek atau biasa disebut cerpen merupakan sebuah cerita rekaan yang tertulis, yang mengandung alur/plot, dan pesan tertentu. Adapun jumlah karakternya tidak terlalu panjang.
Berikut Cara membuat paragraf pembuka pada penulisan Cerpen : Apa yang harus dilakukan pertama kali dalam menitihkan tulisan. Tidak ada kata lain, selain paragraf pembuka. Nah, membuat paragraf pembuka ini pun kita tidak usah terlalu berpikir rumit-rumit. Namun, kita harus menggarisbawahi bahwasannya paragraf pembuka adalah bagian yang penting, sebagaimana kita telah menentukan judul cerpen.
Lebih Lengkap, Baca Juga : Cara Menulis Cerita Pendek Bagi Pemula
Karena itu, paragraf pembuka ini harus dibuat menarik, seperti judul. Karena, ada tidaknya seseorang akan membaca dan begitu tertarik membaca apa yang telah kita tulis itu pertama kali dimulai di paragraf pembuka. Buat pembaca terus terpancing dengan tulisan kita.

Baca : Kirim Naskah : Cara Mengirim Naskah Novel Lewat Email

Berikut ini contoh membuaat kalimat atau paragraf pembuka cerpen yang menarik :

Judul Cerpen : Tangis Manis Taman Sudut Kota
        Hari Sabtu sudah mulai gelap, menandakan malam tiba. Suasana seperti ini yang disebut kebanyakan orang sebagai malam Minggu. Malamnya bagi bujang dan gadis yang jatuh cinta, malam-malam yang sangat dirindukan berbagi kasih sayang untuk jalan berdua.
        Tapi tidak dengan Gapra. Ia tidak sedang merasa jatuh cinta, tidak juga menjalin sebuah cinta, seperti yang ia lihat di sudut kota malam Minggu ini. Melainkan ia sedang berduka cinta. Jadi, ia tidak sedang jatuh cinta, tetapi cintanya benar-benar terjatuh dan menitihkan air mata, karena luka dalam hatinya.
        Gapra seperti dihadapkan badai yang menerpa hatinya. Sebagai remaja yang tinggal menghitung detik akan genap berusia 17 tahun, pastinya berharap perjalanan di usia termanisnya itu berjalan bahagia dengan didampingi seorang kekasih.
        Tetapi, Gapra malah ditinggalkan pergi Laura, kekasihnya. Ya, satu hari sebelum tanggal 14 Februari 2016 ini, Laura memutuskan jalinan kasih mereka berdua yang sudah berjalan empat tahun lamanya, saat keduanya masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Padahal di 14 Februari itu juga jalinan kasih keduanya genap berusia 4 tahun.
        Sabtu 13 Februari ini seharusnya mereka memanfaatkan waktu dengan baik menyusuri indahnya kota berdua. Itu sudah direncanakan Gapra dan Laura jauh-jauh hari. Karena melihat 14 Februari adalah hari Minggu, itu tanda keduanya tidak ada aktifitas di sekolahanya. Sehingga, bisa digunakan untuk menikmati detik-detik pergantian usia.
        Putusnya tali cinta Gapra dan Laura terjadi pada Sabtu siang, usai jam belajar mengajar di SMA-nya. Laura lah yang menghampiri Gapra di kelasnya, tepat saat bel berbunyi yang menandakan jam belajar mengajar berakhir.
        Entah kenapa, didepan teman-teman sekelas Gapra, Laura menjadi orang yang kalaf memaki Gapra. Laura marah-marah, disela marahnya ia pun menangis. Sesekali ia memukul tubuh Gapra yang dibuatnya bingung dan mencoba menenangkan Laura. Namun, marah dan tangis Laura semakin jadi.
        Teman-teman Gapra pun diam, tak ada yang bisa memisahkan drama yang terjadi diantara mereka didepan kelas IPS 3 tersebut. “Kamu jahat, kamu tahu besok 14 Februari itu merupakan hari genap dimana hubungan cinta kita berumur 4 tahun. Tapi, ternyata istirahat tadi, kamu bermesaraan dengan sahabatku sendiri Layla,” maki Laura sambil menangis meraung. (Bersambung....)
Nah itu dia contoh membuat kalimat pembuka cerpen yang menarik. Pastikan pembaca terhanyut dan terus ingin membaca cerpen yang kita tulis hingga habis. Selain itu, harus konsisten membuat rasa penasaran hingga di akhir ada titik temu kesimpulan.

Semoga berkenan, selamat belajar.