Acara Tahun Baru 2018 di Jakarta, Ini Pusat Keramaian dan Paradenya

Acara Tahun Baru 2018 di Jakarta, Ini Pusat Keramaian dan Paradenya
Menulis Indonesia – Seperti kita ketahui bersama, bahwa saat ini sudah memasuki libur panjang akhir semester anak sekolah. Selain itu juga, memasuki hari libur panjang, perayaan natal dan tahun baru 2018.
Di Kota-Kota besar beberapa tempat sedang dipersiapkan untuk menjadi pusat keramaian malam puncak tahun baru. Juga sebagai lokasi berkumpul liburan natal. Selain itu, beberapa tempat itu juga tak lepas dari parade pertunjukan sebagai wahana hiburan masyarakat. Kira-kira apa saja yang bisa kita temui saat peryaaan natal dan tahun baru 2018 di Jakarta?
Kalau di Bandung, silakan diklik tautan di bawah ini : Informasi lengkap tentang tempat perayaan malam tahun baru 2018 di Bandung.
Selain Bandung, sudah barang tentu, Kota Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan panggilan Kota Jogja juga memiliki beberapa titik keramaian di malam puncak tahun baru.
Nah, dari beberapa tempat tersebut kita memahami, bahwasanya di Jakarta juga akan mengalami hal yang sama. Terjadi pusat keramaian saat tahun baru 2018 di malam puncak, maupun malam-malam lainnya.
Berikut catatannya, apa saja kegiatan perayaan natal dan tahun baru 2018 di Jakarta : Perayaan Natal dan Tahun Baru akan digelar bersamaan di Monas pada Januari 2018. Rencananya acara itu dihadiri 12 ribu jemaat. Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan SKPD terkait terus merapatkan hingga mencapai kesepakatan.
Perayaan natal bersama yang merupakan kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan masyarakat dan organisasi-organisasi keagamaan Nasrani ini rencananya akan diikuti oleh 12.000 jemaat.
Informasinya akan ada organisasi atau masyarakat yang menggelar perayaan Natal di Monas diharapkan dapat bergabung dalam perayaan natal bersama.
Perayaan natal bersama yang diselenggarakan di Monas bertujuan untuk menyatukan umat-umat Nasrani di Jakarta. Perayaan natal bersama ini rencananya juga sekaligus untuk merayakan pergantian tahun 2017 ke 2018.
Selain Monas, di Jakarta juga tercatatat ada beberapa tempat lainnya yang akan tampak sebagai pusat keramaian tahun baru 2018. Yakni, Taman Impian Jaya Ancol yang akan menyelenggarakan sejumlah hiburan untuk merayakan Tahun Baru 2018.
Lima tempat untuk acara tahun baru 2018 di Ancol yaitu Putri Duyung, Pasar Seni, Taman Lumba-Lumba, Pantai Lagoon dan pantai Carnaval.
Di lima titik keramaian tersebut renacananya akan ada acara musik, tarian, kuliner dan bazar. Selain itu, ada juga sentuhan budaya daerah akan terbagi dalam zona wilayah dari berbagai belahan Indonesia yang dipadukan dengan kemeriahan pesta kembang api musikal.
Menjelang perayaan tahun baru di Taman Lumba-Lumba akan diselenggarakan festival wisata kuliner Nusantara pada 23 Desember 2017 hingga 1 Desember 2018. Festival tersebut akan dipadukan dengan penampilan budaya Aceh seperti tari saman, Reog Ponorogo dan budaya Kalimantan.
Pada 31 Desember hingga 1 Januari, di Pasar Seni akan ditampilkan budaya Betawi seperti pencak silat, lenong dan tari Betawi. Deretan seniman Pasar Seni juga akan menggelar hasil karyanya dengan tema “kicir-kicir”. Selain budaya betawi, pengunjung dapat menyaksikan penampilan Srimulat dan campursari pada 23 Desember 2017.
Tak hanya itu, ada juga atraksi kostum unik yang akan diselenggarakan di “lagoon seaside carnival” yang dimeriahkan dengan penampilan musik di floating stage. Nuansa Indonesia Timur, dan akan dihadirkan dengan penampilan tari kecak, barong dan sajojo. Bahkan, Edo Kondologit dan Sandhy Sandoro dijadwalkan menghibur pengunjung di penghujung dan awal tahun.
Tak lupa juga disediakannya acara musik di panggung utama Pantai Carnaval Ancol pada 31 Desember mulai pukul 19.00. Sejumlah artis seperti Wali, Five minutes, Armada, Kotak dan Setia band serta pedangdut Siti Badriah dan banyak lagi artis Ibu Kota lainnya. Tak hanya itu, Betharia Sonata dan Vidy Aldiano akan menghibur di pantai Putri Duyung Ancol.

Dan sebagai puncak acara perayaan Tahun Baru 2018, Ancol akan menyelenggarakan pesta kembang api di sepanjang pantai Ancol, mulai dari Pantai Festival sampai dengan Pantai Carnaval serta Putri Duyung Ancol.