Ini Dia Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama – Penggunaan headset (earphone) di era saat ini semakin meningkat. Munculnya berbagai smartphone baru justru semakin membuat masyarakat Indonesia candu teknologi. Terutama kebutuhan bersantai sehari-hari dalam beraktifitas, seperti mendengarkan lagu.

Bahaya Menggunakan Headset

Penggunaan headset semakin marak dikalangan remaja. Ini menandakan bagian dari life style seseorang yang terus mengikuti perkembangan gadget yang semakin booming.

Padahal jika ditelaah lebih jauh, hal tersebut tidaklah baik. Karena menggunakan headset ditelinga terlalu lama akan berbahaya bagi kesehatan. Bahaya menggunakan headset terlalu lama ini juga akan berakibat kerusakan telinga dan pendengaran.


Menurut survei yang pernah dilakukan dinas kesehatan provinsi Lampung, penggunaan eaphone/headset saat ini bisa dilakukan berjam-jam selama sehari. Padahal penggunaan headset secara terus menerus bisa mengakibatkan tuli.

Berikut ini, catatan bahaya menggunakan headset terlalu lama :
1. Bisa mengakibatkan kerusakan permanen terhadap telinga karena suara keras yang mengakibatkan pecahnya gendang telinga yang menurunkan pendengaran.
2.    Telingga pendarahan.
3.    Menurunkan pendengaran.
4.  Dampaknya jangka panjang yang sangat berbahaya. Di Lampung sendiri sudah ada kenaikan angka tuli karena penggunaan headset ini.

Baca Juga : Cara Mudah Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Nah itulah beberapa catatan bahaya menggunakan headset terlalu lama. Selain itu, kita juga dilarang menggunakan headset saat tidur. Bahaya menggunakan headset saat tidur juga bisa merusaka telinga dan menurunkan pendengaran.

Maka, tak heran, teman-teman saya sering mengeluh ketika telinga sakit karena sering pakai headset. Terlebih menggunakan headset terlalu lama dan saat tidur. Jadi, kita harus benar-benar memahami ya guys, bagaimana memakai headset yang benar. Hal tersebut harus dipelajari agar kita tidak merasa bagian telinga rusak akibat headset. Karena itu akan berbahaya bagi diri kita.


Cara mengatasi sakit telinga karena headset, lebih baik kita langsung ke dokter baik umum, dokter spesialis, maupun ke rumah sakit untuk memeriksakan telinga yang sakit akibat dari penggunaan headset. Jangan sampai terlambat ya guys. Ini meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi akibat penggunaan headset.

Baca Juga : Tempat Paling Hits Hunting Foto di Jogja