Cara Mudah Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Anak Berkebutuhan Khusus
Cara Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus – Anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk dididik dengan baik. Salah satu upaya mendidik dengan baik sama halnya dengan cara mengasuh anak berkebutuhan khusus, yakni dengan menanamkan nilai normatif sebagai bekal hidup bermasyarakat.
Mengapa, cara mengasuh anak berkebutuhan khusus harus normatif?
Misalkan seperti ini, dalam perjalanan hidup yang diusahakan masing-masing individu, ada satu hal yang perlu dipahami bahwa setiap individu saling berhubungan. Hubungan antara suami dan istri, antara orang tua dan anak, antara sesama saudara, antar tetangga, teman sekolah, dan sebagainya perlu dilakukan setiap manusia yang hidup di dunia.
Menjalin hubungan dengan sesama ini menjadi hal utama yang perlu dilakukan agar setiap individu bisa menjalani kehidupan secara wajar dan menyenangkan. Nah, berikut ini nilai-nilai normatif yang perlu ditanamkan dalam cara mengasuh anak berkebutuhan khusus :
1.    Cara untuk membawa diri sendiri
Seorang anak perlu dibiasakan dan ditanamkan untuk dapat membawa diri mereka sendiri. Terutama harus berhubungan dengan masyarakat sekitar. Kepandaian sang anak akan berdampak positif bagi kesuksesan mereka mengarungi hidup. nah, dengan adanya hubungan antar masyarakat akan ada pembiasaan diri dalam pembawaan diri di lingkungannya.
2.    Tatacara berhubungan dengan orang lain
Anak dibiasakan mampu menjaga kebersihan diri, pakaian, dan perlengkapan yang dibawa untuk menumbuhkan kesan nyaman pada orang lain yang berdekatan. Selain itu, menyapa dan membalas sapaan. Dan bersikap positif dengan menjaga perkataan dan perilaku agar tidak menyakiti orang lain.
3.    Menaati Peraturan Agama, Keluarga, dan Adat Istiadat.
Misalkan, dari cara berpakaian yang sopan, perkataan dan perilaku yang sesuai keadaan, menghpormati orang yang lebih tua dan menghargai sesama usia atau mereka yang lebih muda, beribadah sesuai dengan agamar dan kepercayaan masing-masing, bertakwa dan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi larangannya.

Maka, cara mudah menangani anak berkebutuhan khusus tentu saja peran orang tua dan pendidik di sekolah sangat diperlukan. Dalam hal ini juga memperhatikan beberapa hal di atas.

Dengan demikian, anak-anak berkebutuhan khusus bisa bertindak seperti yang seharusnya dilakukan. Selain itu, orang tua dan pendidik perlu memahami kemampuan life skills yang dimiliki anak berkebutuhan khusus. Hal ini agar si anak terus kreatif dalam hidupnya.

Baca juga : Cara Menulis Cerita Pendek (Cerpen) Bagi Pemula