Tips Jalan-Jalan Seru di Kampung Halaman Saat Memasuki Masa Liburan

Tips liburan seru di kampung halaman
Liburan selalu menjadi menu utama bagi masyarakat Indonesia ketika memasuki libur panjang. Liburannya ada dua pilihan, kunjungi tempat wisata atau kembali pulang ke kampung halaman. Nah, liburan di kampung halaman bisa jadi momen terbaik untuk mencari objek wisata, meski gratis tapi tetap seru untuk dilakoni.

Kebanyakan dari kita, memandang mudik atau pulang ke kampung halaman bukanlah liburan yang menyenangkan. Sekedar pulang kampung, dan temu kangen dengan keluarga besar. Eits, kamu harus cari moment agar pulang kampung kamu berasa menjadi liburan yang paling seru.

Nah, Menulis Indonesia mau memberikan tips nih, untuk kalian yang hobi jalan-jalan saat liburan. Tips liburan seru di kampung halaman yang akan menjadikanmu tidak bosen dengan suasana yang itu-itu melulu. Berikut tips liburan di kampung halaman saat memasuki masa liburan:

1. Buat daftar destinasi menarik yang tak jauh dari kampung halaman
Sebelum memutuskan untuk pulang kampung, coba list dulu tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga besar. Buat daftar menu, dari wisata alam hingga wisata kuliner yang akan kalian datangi. Pastikan objek wisata tersebut dapat dijangkau dengan mudah dan ramah untuk dikunjungi. Misalkan, tak jauh dari rumah ada pantai, danau, air terjun, taman kota, museum, kolam renang, tempat-tempat foto di kantor pemerintahan, pusat kuliner dan targetan yang akan dikunjungi. Pastikan cari tempat yang juga bisa makan bersama dengan keluarga besar.

2. Cari destinasi wisata baru
Agar pulang kampungmu bermanfaat, maka coba deh, minta petunjuk kerabat yang sudah lama berada di kampung tempat yang indah menjadi spot foto. Bisa jadi tempat itu sebagai destinasi wisata baru yang akan dikunjungi banyak orang nantinya. Nah, kamu bisa tulis catatan perjalanan selama pulang kampung, termasuk memposting foto di sosial media tempat yang kece di kampung kamu.

3. Cari hal unik di sekitar kampung halaman
Main-main ke kampung, jangan di kota melulu. Nah, kalau di kota ada mall. Kalau di kampung kira-kira ada apa nih? Kerukunan dan keramah tamahan biasanya ada hal unik yang bisa membuat kita selalu riang dan tidak ditemui di kota. Misalkan, sawah dan aktifitas rutin para petani dengan padinya. Atau tempat pembuatan kerajinan tangan yang kerap dijual di kota-kota besar. Itu bisa menjadi objek alternatif kunjungan kamu di kampung halaman.

4. Bangun dan mandi pagi
Bangun dan mandi pagi kan kita tahu banyak manfaatnya. Badan lebih segar. Nah, coba deh, setelah bangun dan mandi pagi, lari-lari kecil di kampung halaman dengan udara yang masih sejuk saat embun masih mesra pada dedaunan.

5. Pastikan di dompet ada uang tunai
Jangan dipikir kampung halaman akan sama dengan kotamu. Sediakan uang tunai di dompet. Kalau tak mau repot cari ATM. Atau mau gunakan kartu debit maupun kredit. Jadi kalau mau jajan tiba-tiba ada hal yang menurutmu tidak bisa didapatkan di kota, bisa langsung beli. Karena setiap tempat itu memiliki beragam cita rasa.

6. Cari kuliner yang tidak ditemui di kota
Tentu saja. Ketika pulang kampung yang dicari adalah makanan khasnya. Cari yang beda. Sekalipun tidak ada yang beda, carilah yang unik dan yang paling enak. Bandingkan cita rasanya. Carilah yang akan buat kamu kangen untuk kembali datang.

Nah itu tadi tips jalan-jalan untuk kamu. Selamat liburan.