Makanan dan Kue Tradisional Khas Pesisir Barat

Makanan Khas Pesisir Barat - Pesisir Barat punya makanan khas yang bisa menjadi pilihan sebagai makanan khas di Provinsi Lampung. Makanan Khas Pesisir Barat antara lain: Pandap, Kue tat atau tar piring, kue cucokh mandan, kacang tujin, sate ian tuhuk (Blue Marlin), hingga gulau taboh atau gulai santan.

Baca Juga : 3 Makanan yang Mampu Meredakan PMS

Makanan dan Kue Tradisional Khas Pesisir Barat

Berikut ini, makanan khas Pesisir Barat yang bisa kamu coba selama berada di Pesisir Barat:

1.      Pandap : pandap merupakan makanan tradisional khas Pesisir Barat yang terbuat dari parutan kelapa dan diberi racikan bumbu rempah juga potongan ikan yang dibungkus dengan gulungan daun talas muda. Kemudian dibungkus dengan beberapa lapis daun pisang, diikat dengan tali serat rami dan dikukus. Penganan ini biasanya disantap sebagai menu untuk lauk bagi sebagian masyarakat Pesisir Barat. Bagi masyarakat pecinta kuliner yang suka, menyantap makanan ini tanpa nasi, memberi sensasi rasa yang lebih tajam di lidah dan rasa khas.
2.      Kue tat atau tar piring : pie yang bagian tengahnya diisi dengan selain nanas. Biasanya permukaannya berbentuk motif ukiran. Bagi warga Lampung Pesisir, kue tat adalah kue istimewa. Pasalnya, kue ini biasa hadir saat acarra pernikahan adat, sunatan, atau lebaran.
3.      Kue Cucokh Mandan : kue khas Pesisir Barat berbahan baku gula merah dan tepung beras ini sangat nikmat terutama saat pagi atau malam hari ketika cuaca dingin. Kue cucokh mandan ini selain khas, konon cerita dulunya hanya tersaji saat ada acara-acara adat seperti nayuh/hajatan masyarakat Pesisir Barat, maka tak heran jika sebagian orang menamakan cucokh mandan sebagai buak/kue nya sai batin yaitu penamaan untuk masyarakat adat Lampung Pesisir (Lampung Sai Batin) dan karena moment-moment yang tidak sembarangan.
4.      Kacang Tujin : kacang tujin adalah kuliner khas Pesisir Barat berbahan baku kacang merah. Setelah dikukus, kacang merah digoreng dengan campuran bumbu spesial. Terdapat dua macam bumbu, asin dan pedas. Kacang tujin merupakan cemilan wajib untuk menemani minum kopi di sore hari.
5.      Sate ikan tuhuk (Blue Marlin) : merupakan kuliner unggulan Pesisir Barat, Ikan Blue Marlin atau yang dikenal dengan sebutan ikan tuhuk oleh masyarakat lokal merupakan ikan khas yang hanya ada di Kabupaten Pesisir Barat. Musim dan beratnya medan tempat menangkap ikan ini membuatnya semakin istimewa bagai kuliner pilihan wisatawan.
6.      Gulai taboh/ gulai santan : gulai taboh merupakan makanan khas Lampung. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kaacang-kacangan seperti kacang gelinyor, kacang merah, kacang panjang, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain-lain. Makanan ini terbuat dari santan yang dimasak dengan aneka isian yang beragam mulai dari udang, ikan, kacang-kacangan hingga tangkil. Aneka isian dalam gulai taboh biasa divariasikan dengan aneka sayuran lainnya seperti labu kuning, ubi jalar ataupun aneka sayuran yang bisa cocok untuk dimasak dengan santan.

Nah, gimana nih guys, sudah ke icip-icip makanan Khas Pesisir Barat. Kalau belum yuk icip sambil lihat pulau pisang.