Alasan Kenapa Harus Melanjutkan Pendidikan di Jerman

Alasan Melanjutkan Pendidikan di Jerman – Ada banyak pilihan untuk meraih cita-cita. Salah satunya dengan melanjutkan pendidikan di luar negeri. Yup. Kuliah atau sekolah di luar negeri dirasa sangat elit bagi warga Indonesia. Lalu, di negara mana yang ramah bagi warga Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.
Alasan Kenapa Harus Melanjutkan Pendidikan di Jerman
Berikut ini ada beberapa alasan kenapa harus melanjutkan pendidikan di Jerman :

Pertama, Kuliah di Jerman lebih murah dari perkuliahan yang ada di Indonesia. Bahkan bisa gratis. Di Jerman uang semesteran paling mahal sekitar 280 euro atau sekitar 4 jutaan. Dan Rp4 juta itu sudah mendapatkan beberapa fasilitas, dari pengajar yang bergelar profesor dan tiket akomodasi gratis untuk naik Tram, bus, kereta, subway dan alat transportasi lainnya yang berada di daerah tempat kuliah.

Baca Juga : Cara Mudah Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Kedua, selain itu, alasan melanjutkan pendidikan di Jerman karena adanya potongan harga bagi pelajar untuk mengikuti kursus, gym, olahraga dan lain-lain.

Ketiga, di Jerman ke perpustakaan meminjam buku gratis, tentu sama dengan di Indonesia. Tapi di Jerman tidak berbatas jumlah akan meminjam buku. Bahkan, jika yang nggak mampu beli buku, dan di Perpustakaan tidak ada refrensi. Bisa pesan ke perpustakaan suruh belikan loh. Selain itu, tentunya akses internet gratis dan cepat di seluruh penjuru Eropa.

Keempat, jangan kalian berpikir gedung perkuliahan di eropa sama halnya di Indonesia. Di Jerman gedung perkuliahan mewah dan kalau lulus di bantu dicarikan pekerjaan di dalam negri dan di luar negri sama pemerintah melalui (Arbeitsagentur für Arbeit).

Kelima, bagi yang punya ide bisnis selama kuliah, bisa melampirkan bisnisplan dan anggaran atau modal usaha dibantu pihak kampus. Bahkan, jika lulus kemungkinan besar bisa dapat bantuan dana untuk melanjutkan ide usaha yang telah disampaikan. Di Jerman, juga banyak program yang menawarkan modal kalau punya ide bisnis bagus atau berencana pulang ke Indonesia dan membangun Indonesia tapi butuh modal.

Baca Juga : 6 Contoh Foto Prewedding Hijab Outdoor


Keenam, bebas keliling Eropa (Belanda, Perancis, Norwegia, Swedia, Spanyol, Italy, Austria, Luxemburg, Belgia, dan lain-lain) hanya dengan visa pelajar. Selain itu, tiket pesawat termurah rata-rata untuk pergi dari satu negara Eropa ke Eropa lain sekitar 10 Euro.

Tujuh, punya kesempatan kuliah di UK gratis. Dengan program Erasmus, mahasiswa eropa dapat dengan mudah mendapatkan bantuan finasial bahkan dapat uang saku juga, selain dari biaya gratis kuliah.

Delapan, alasan melanjutkan pendidikan di Jerman karena warga Eropa di Jerman tidak rasis.

Sembilan, biaya hidup yang murah. Di Jerman (Berlin), sewa rumah 250 euro sebulan. Di Bremen sekitar 190 euro sebulan. Harga beras sekilo atau susu dan minyak goreng ataupun telur sekitar 1 euro atau sekisar 15 ribuan.

Kesepuluh, nah ini dia, yang dicari, kuliahnya rata-rata sekitar 3-4 bulan persemester, sisanya libur. Selain itu banyak juga perhimpunan pelajar Indonesia disetiap negara bagian di Jerman. Di Jerman kuliah nggak perlu pinter. Yang dibutuhkan passion dan interest sebuah bidang.


Nah, gimana, kamu mau melanjutkan pendidikan di Jerman...