Cari Tempat Makan Durian di Lampung, Mampir Aja ke Kampung Durian

Festifal Durian, di Kampung Durian Lampung, Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung
Siapa yang tak kenal dengan buah durian. Tak hanya Lampung, dan seluruh saentaro negri ini, durian juga dikenal hingga manca negara. Kerennya lagi untuk masyarakat Lampung patut berbangga. Karena durian asal Lampung memiliki keunggulan, kelezatan, yang tak kalah dengan durian lainnya yang ada di Indonesia. Bahkan Lampung memiliki kampung durian.

Ya, salah satunya di Bandar Lampung. Bandar Lampung sebagai salah satu wilayah yang dijadikan sebagai kampung durian di Lampung. Kampung durian di Bandar Lampung ini juga menjadikan Bandar Lampung sebagai salah satu tempat di Provinsi Lampung yang sangat mudah untuk mendapatkan durian, baik saat sedang musim durian maupun tidak.

Sebagai salah satu kampung durian di Lampung, tentunya kelezatan durian yang dihasilkan dari kebun durian di Bandar Lampung ini tidak kalah dengan hasil kebun durian di wilayah Lampung lainnya, seperti Tanggamus, Pesawaran, bahkan luar Lampung seperti Bengkulu, Medan, dan daerah lainnya.

Memangnya dimana kampung durian di Bandar Lampung? Lokasinya ada di Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling. Alamat kampung durian di Lampung ini sangat mudah dijangkau para wisatawan, karena tak jauh dari lokasi wisata, taman kupu-kupu dan penangkaran rusa yang ada di wilayah kaki gunung betung. Lokasi untuk ke Sumber Agung pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 kilometer dari Terminal Rajabasa.

Untuk kebutuhan saat musim durian, rasanya di Bandar Lampung sudah cukup untuk kebutuhan wilayahnya sebagai kampung durian. Karena di Sumber Agung sendiri ada 12 ribu batang durian. Bayangkan, jika semuanya berbuah, di Bandar Lampung tentunya akan banjr durian.

Selain memiliki Kampung Durian, Lampung juga bisa disebut sebagai distributor durian. Tak hanya distributor durian di wilayah Lampung (selengkapnya baca, klik tautan) saja. Tetapi juga untuk kebutuhan beberapa daerah lainnya di luar Lampung sebagai pemasok/distributor durian di Jakarta, Bandung, Jogja, Palembang, Jambi, Bengkulu, Medan, dan wilayah Jabodetabek lainnya.

Kapan musim durian di Lampung? Ini menjadi hal yang menarik, karena seolah di Lampung tidak memiliki musim untuk menikmati durian. Memangnya musim durian bulan apa sih? Saya saja sampai tidak hapal. Karena setiap hari di Bandar Lampung tidak kehabisan stok durian yang lezat.

Penjual durian di Lampung pun saban hari terlihat, bahkan di Bandar Lampung hampir banyak kios yang menjual durian, dari sepanjang jalan Sultan Agung dan Pkor Way Halim, Kemiling, Sukadanham, menjadi pemandangan tersendiri bagi penikmat durian. Bahkan, di sana juga menjadi tempat makan durian di Bandar Lampung yang terkenal dengan durian-durian lezatnya, bisa makan di tempat, jadi tidak takut dibohongi.

Maka, sangat pantas wilayah ini disebut sebagai sentra durian Lampung. Karena penjual durian, terlebih saat musim sudah menyerupai pasar durian di Bandar Lampung.

Tak hanya durian asal Lampung saja, di Bandar Lampung juga ada durian asal lubuk linggau, Sumatera Selatan, pedagang durian ini tersebar di beberapa titik wilayah Bandar Lampung. Salah satunya, di Jalan Pangeran Emir M Noer, Sumur Putri. Di sana terdapat beberapa kios durian yang selalu ramai pembeli. Musim durian di tempat ini biasanya di bulan Februari-Maret.


Selain durian, Lubuk Linggau, juga ada durian Bengkulu. Untuk harga durian di Lampung sendiri berkisar di Rp45 ribu per buahnya. Tapi ada juga yang empat buah dijual Rp100.000. Itu harga durian Lampung 2017, dan nampaknya takkan ada perubahan dengan harga durian Lampung 2018 mendatang.