Ruang Jingga : Gerakan 1.000 Tumbler Untuk Lampung Sukses Direalisasikan

Gerakan 1.000 Tumbler Ruang Jingga di Telukbetung, Bandar Lampung. (Yoga)
Komunitas Ruang Jingga sukses realisasikan gerakan 1.000 tumbler untuk Lampung. Terakhir, sebanyak 60-an tumbler untuk anak-anak diserahkan pada Minggu (11/6) di Kampung Umbul Asem, Keteguhan, Telukbetung Timur, Bandar Lampung.
Ketua komunitas Ruang Jingga, Delta Rahwanda mengatakan, gerakan 1000 tumblers untuk lampung sudah dilaksankan 10 kali di beberapa lokasi. “3 kali di Kabupaten Pesawaran, 3 kali di Bandar Lampung, 2 kali di Kabupaten Pringsewu, 1 kali di Lampung Selatan, dan 3 sekolahan di Kabuupaten Tulangbawang Barat,” rincinya.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan, disampaikan Delta mencakup beberapa aspek, yakni, education, empowerment, information dan motivation. “Gerakan yang telah dan sedang kami jalankan adalah #1000tumblers4lpg. Inti dari gerakan ini adalah membagikan tumbler (botol minum) kepada adik-adik di sekolah dasar yang telah kami survey sebelumnya,” kata Delta.
Delta pun membeberkan beberapa fakta yang ditemukan pihak komunitasnya di lapangan bahwa masih banyak anak-anak yang membawa air minum ke sekolah, namun menggunakan tempat minum yang tidak layak digunakan.
Hal tersebut, menurutnya, bisa disebabkan karena dua faktor yaitu karena ketidaktahuan informasi tentang plastik dan ketidakmampuan membeli wadah minum yang layak. “Untuk itu, disamping memberikan tumbler kepada para siswa kami juga menyampaikan kampanye tentang fakta plastik, logo-logo pada plastik, bahaya plastik dan manfaatnya,” ujarnya.
Dalam pemaparannya, fakta yang terjadi di lapangan adalah penggunaan botol minum tidak layak (berlogo plastik no. 1) secara berulang-ulang oleh anak-anak Sekolah Dasar. Sekolah yang menjadi survey kami dan menjadi dasar dari langkah komunitas kami adalah Sekolah Dasar Negeri 1 Sinar Waya, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu. Di sekolah ini hampir mayoritas siswanya menggunakan plastik gula sebagai wadah minum mereka setiap hari ketika ke sekolah,” terangnya.
Dengan adanya fakta tersebut pihaknya mengasumsikan bahwa pemahaman akan penggunaan wadah minuman atau makanan yang layak di masyarakat sangat minim. Kami berharap dengan gerakan #1000tumblers4lpg ini, masyarakat memahami pentingnya menjaga kesehatan dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

CATATAN SUKSES RUANG JINGGA DENGAN GERAKAN 1.000 TUMBLERNYA

Diketahui, Ruang Jingga adalah sebuah komunitas pemuda yang bergerak di dunia sosial dan hadir untuk membantu anak-anak kurang mampu dengan membentuk beberapa gerakan yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan. (Rls/Yoga)