BERBAHGAIALAH PUNYA CALON SUAMI/ISTRI/PACAR ANAK PETERNAKAN

BERBAHGAIALAH PUNYA CALON dan PACAR ANAK PETERNAKAN

MENULISINDONESIA.COM – Taukah kamu? Bahwa kuliah di peternakan merupakan salah satu aktifitas pendidikan yang mulia. Karena tahu mulia, hal ini juga yang membuat saya tak lagi minder, ketika saat reuni dengan kawan satu SMA diberi pertanyaan “kuliah di fakultas apa?”

Hal ini dikarenakan peternakan merupakan salah satu aktifitas yang dilakukan oleh para nabi. Contohnya, pekerjaan menggembala ternak, merupakan pekerjaan yang umum dilakukan oleh para nabi dan rasul. Seperti, Musa, Daud, dan Isa alaihimussalam.

Menurut catatan sejarah, di masa kecil Muhammad SAW juga pernah menggembala ternak penduduk Makkah. Kala itu, beliau mengatakan, “semua nabi pernah menggembala ternak.”

Para sahabat bertanya, “Bagaimana dengan Anda, ya Rasulullah?” dan Beliau menjawab, “Allah tidak mengutus seorang nabi melainkan dia itu pernah menggembala ternak.“

Sahabat kemudian kembali bertanya. “Anda sendiri bagaimana Rasulullah?” beliau kembali menjawab, “Aku dulu menggembala kambing penduduk Makkah dengan upah beberapa qirath.”


Dan aku temukan jawaban kenapa aku tak perlu malu masuk ke peternakan adalah, ketika aku duduk di bangku perkuliahan. Kenapa harus kuliah di peternakan? Jawaban yang kutemukan adalah hal itu karena pekerjaan menggembala ternak merupakan pekerjaan yang memerlukan keahlian leadership dan manajemen yang baik.

Bayangkan, jika kita adalah seorang penggembala. Seorang penggembala itu harus mampu mengarahkan ternaknya ke pada gembalaan yang subur dengan rumput-rumput menghijau. Saat ini, si penggembala atau pemilik harus mampu memanagemenkan kecanggihan abad dalam beternak. Yakni, mampu memformulasikan pakan ternak agar ternaknya tetap sehat, kuat, tumbuh dan berkembang dengan baik.


Penggembala atau orang peternakan juga harus mampu melindungi ternaknya dari gangguan seperti dari hewan pemangsa, pencuri, dan ini semua membutuhkan kepemimpinan dan manajemen.

Maka, tak salah jika banyak yang berkata: mungkin latar belakang seperti ini memang digariskan Allah SWT. Dan Allah SWT telah menggariskan kepada mereka calon rasul yang akan mengemban risalah kenabian dan memimpin umat.

Subahanallah, apakah kamu ragu memiliki calon suami seorang peternak, atau bahkan lulusan peternakan sekaligus. Seharusnya kamu berbahagia. Karena mereka pastinya akan melakukan hal yang sama kepadamu, agar kau tak kelaparan, selalu terlindungi, menjagamu, dan memiliki calon yang mampu memimpin dan melakukan manajemen dengan baik.

Semoga, berkenan.