Pencak Silat TTKKDH di Tepi Pantai

Melihat Latihan TTKKDH Desa Pagar Jaya, Pesawaran, Lampung Di Tepi Pantai

Khasanah persilatan di indonesia tidak asing lagi dengan istilah kata Tjimande. Atau lebih dikenal dengan pencak silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) yaitu sebuah aliran pencak silat yang tergolong besar, terkenal dan memiliki pengaruh pada aliran persilatan lainnya. Khususnya di jawa, indonesia hingga mancanegara. Tjimande sendiri memiliki 5 aspek dalam maenpo atau pencak silat sunda, yakni dalam aspek olahraga, seni budaya sebagai tradisi, bela diri, spiritual dan pengobatan.

Nah, sahabat saya akan ajak melihat pencak silat TTKKDH yang ada di Provinsi Lampung, salah satunya di Desa Pagar Jaya, Kabupaten Pesawaran.

Sahabat, pencak silat TTKKDH yang dilakukan oleh masyarakat Pagar Jaya, Pesawaran ini dilakukan dipinggir pantai loh. Ini rutin dilakukan masyarakat setempat, terlebih jika ada tamu yang mengunjungi wisata di Desa Pagar Jaya.

Saya pun dibuat terpesona oleh para pemainnya. Karena selain saya dihibur dengan udara yang sejuk di tepi pantai yang menggulung suara ombak, saya juga dapat menyaksikan para pemain-pemain silat cilik. Betapa menariknya gerakan per gerakan yang disajikan oleh pemain pencak silat TTKKDH tersebut.

Meskipun di antaranya masih anak-anak gerakannya pun lincah-lincah. Menarik sekali sahabat. Saya pun ingin mencoba belajar silat ttkkdh sekaligus berbincang nih dengan pemainnya.

Nah, sahabat menarik bukan. Provinsi lampung banyak sekali potensi wisata dan dengan beragam cara untuk menarik minat wisata ke suatu daerah. Yang kerennya lagi adalah, selain untuk menarik minat wisatawan untuk datang, pencak silat juga pastinya kerap dilakukan sebagai ajang melestarikan budaya. (Baca juga lokasi pantai yang masih perawan di Pesawaran)